Penggunaan AI untuk Masa Depan Corporate Training

Fauziannisa Pradana Putri Des 17, 2020 • 3 min read


Penggunaan dan Manfaat Penggunaan AI dalam Pelatihan Perusahaan

Pernah kah Anda melihat iklan jam di laman media sosial setelah Anda membicarakan bahwa Anda membutuhkan jam? Atau ketika Anda menghadapkan wajah ke handphone untuk membuka pin? Peristiwa-peristiwa tersebut  merupakan contoh dari penggunaan Artificial Intelligence (AI). 

Secara istilah, Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang meniru kecerdasan manusia. Biasanya, teknologi AI berfokus kepada pengenalan suara dan gambar, pemecahan masalah, pembelajaran, dan juga perencanaan. 

Menurut riset yang dilakukan McKinsey pada tahun 2018 mengenai penggunaan Artificial Intelligence pada perusahaan, 48% perusahaan telah menggunakan setidaknya satu sistem artificial intelligence dalam bisnis mereka. Lalu, bagaimana dengan AI yang digunakan dalam pelatihan karyawan?

Baca juga: Mengenal Era Disrupsi (Disruption Era) dan Cara Menghadapinya

AI untuk Corporate Training

binary-1536651_640

   Sistem AI akan memudahkan pelatihan karyawan hanya dengan menggunakan PC atau mobile (Sumber: Pixabay.com)

International Data Corporation (IDC) memprediksi pertumbuhan pesat dalam investasi sistem AI mencapai 77.6 miliar di tahun 2022. Dengan begitu AI akan mengubah pasar kerja dengan data keterampilan sains dan akan menjadi sangat diminati oleh berbagai industri. Tak terkecuali dalam Learning and Development perusahaan. 

Proses pembelajaran yang dilakukan karyawan harus dilakukan secara berkelanjutan. Sejalan dengan hal tersebut, para karyawan dengan berbagai kesibukan pun perlu mendapatkan pelatihan yang efektif dan memudahkan. Salah satu cara adalah dengan menggunakan AI dalam sistem platform eLearning.

Melalui sistem AI, maka platform eLearning dapat merencanakan, mengatur, dan mengoordinasikan pelatihan karyawan secara otomatis. Tentunya, sangat berbeda dari metode pelatihan konvensional yang memerlukan proses konten dan pengordinasian secara manual. 

Kelebihan Artificial Intelligence (AI) bukan hanya itu saja, masih ada kelebihan lainnya yang bisa Anda rasakan. Berikut ini tiga manfaat Artificial Intelligence (AI) bagi pelatihan karyawan yang efektif.

Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Corporate Training

  • Dapat Melakukan Pelatihan secara Virtual

Pelatihan menggunakan AI dapat memandu pengguna secara personal dalam kegiatan belajar, misal merekomendasikan konten, memantau kemajuan karyawan, menjawab pertanyaan terkait konten (Chatbot), dan mengirim pemberitahuan push terkait konten atau tenggat waktu.

  • Dapat Melakukan Pencarian Konten secara Otomatis

Artificial Intelligence dapat menganalisis aset pembelajaran serta meningkatkan kemampuan untuk dapat ditemukan dengan fitur pencarian platform.

Ketika pengguna memberikan materi pelatihan baru, AI akan mengidentifikasi kata kunci, dan membuat tag secara otomatis sehingga konten menjadi lebih mudah ditemukan.

  • Pembelajaran yang dapat Dipersonalisasi

Manfaat Artificial Intelligence selanjutnya adalah dibandingkan pelatihan konvensional, eLearning yang menggunakan AI dapat dipersonalisasi. Maksudnya adalah pengguna akan mendapatkan materi sesuai dengan konten dan gaya belajar yang mereka sukai. AI memiliki kemampuan untuk memberikan saran konten yang relevan yang dikontribusikan.

Baca juga: Ampuhnya Metode Micro-Learning untuk Pembelajaran Online

Sejalan dengan mulai digunakannya Artificial Intelligence di Indonesia, ruangkerja sebagai platform pelatihan perusahaan memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Technology platform

Learning Management System (LMS) berbasis web dan mobile sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja

  • Content development

Pembuatan konten pelatihan kustom dengan metode micro-learning berbasis video yang engaging

  • Program management

End-to-end project management dan operasional untuk implementasi digital training

Hanya dalam satu genggaman, ruangkerja mampu menjawab kebutuhan perusahaan Anda untuk melakukan pelatihan karyawan secara efektif dan efisien. 

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT

Beri Komentar