Frequently Asked Questions

Apa itu ruangkerja?

ruangkerja adalah platform pelatihan online berbasis mobile untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di dunia kerja.

Mengapa saya tidak mendapatkan Kelas Perusahaan wajib yang sama dengan teman satu divisi saya?

Penugasan Kelas Perusahaan wajib merupakan kebijakan dari perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Admin perusahaan Anda.

Apa yang harus saya lakukan apabila Kelas Perusahaan wajib yang ditugaskan kepada saya sudah berstatus expired?

Status expired terjadi apabila Anda tidak dapat menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran dalam periode penugasan. Untuk membuka kembali kelas wajib yang telah expired, silakan hubungi admin perusahaan Anda.

Apa yang harus saya lakukan apabila muncul notifikasi error pada saat saya mengakses aplikasi ruangkerja?

Untuk masalah tersebut, Anda dapat melakukan hal ini terlebih dahulu, yaitu:

  • Log out akun dari aplikasi ruangkerja
  • Tutup atau force close aplikasi ruangkerja
  • Clear cache aplikasi ruangkerja pada menu "Pengaturan" di perangkat/device yang Anda gunakan

Apabila sudah Anda lakukan namun masih mengalami kendala yang sama, silakan menghubungi tim customer service.

Apakah ruangkerja mempunyai layanan customer service?

Ya. Anda dapat menghubungi tim customer service ruangkerja melalui channel:

  • Email: info@ruangkerja.id
  • Telepon: 021-28543000 (Ekstensi 5)
  • Instagram: @ruangkerja
  • Apps: Fitur Hubungi Kami pada menu Profil

Bagaimana jika saya lupa password?

Lakukan pengaturan ulang password dengan mengklik Lupa Password?,lalu masukkan alamat email Anda yang terdaftar di ruangkerja. Setelah itu, Anda akan menerima email berisi instruksi lanjutan untuk mengatur ulang password.

Bagaimana cara mengubah password?

Klik menu Profil di kanan bawah halaman, lalu ke menu Pengaturan. Selanjutnya, pilih opsi Ubah Password lalu masukkan password lama Anda dan password baru yang Anda inginkan dan klik tombol Ubah Password.

Bagaimana cara mengganti bahasa aplikasi?

Klik menu Profil di kanan bawah halaman, lalu ke menu Pengaturan. Selanjutnya, pilih Ubah Bahasa, dan pilih bahasa yang Anda inginkan. Saat ini, ruangkerja tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bagaimana cara mengganti nama akun?

Klik menu Profil di kanan bawah halaman, lalu ke menu Pengaturan. Selanjutnya, pilih Ubah Nama, kemudian masukkan nama yang Anda inginkan dan klik tombol Simpan.

Apakah saya bisa mengubah alamat email yang telah didaftarkan?

Untuk akun umum (pulic user), Anda tidak dapat mengubah email yang sudah didaftarkan. Apabila akun Anda adalah akun kelas perusahaan (private user), untuk mengubah alamat email, silakan menghubungi Admin perusahaan Anda atau customer service kami.

Apakah saya bisa login menggunakan satu akun di lebih dari satu perangkat?

Ya. Anda bisa mengakses aplikasi ruangkerja menggunakan satu akun di lebih dari satu perangkat.

Bagaimana mengganti divisi dan atau jabatan?

Anda belum dapat mengganti divisi dan jabatan yang terdaftar di ruangkerja. Saat ini hanya admin perusahaan Anda yang diizinkan melakukan perubahan data tersebut. Jika Anda baru saja berpindah divisi dan atau jabatan, silakan menghubungi admin perusahaan Anda untuk mengubah data Anda di ruangkerja.

Bagaimana keluar/sign out dari aplikasi ruangkerja?

Untuk keluar akun dari aplikasi ruangkerja, Anda dapat ke menu Profil, lalu klik tombol Keluar

Apa itu Kelas Umum?

Kelas Umum merupakan kelas yang terdiri dari kumpulan topik dan modul pelatihan tentang berbagai bidang kompetensi yang berguna bagi pengguna ruangkerja. Kelas ini bersifat opsional dan peserta dapat memilih kelas apapun sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing.

Apa itu Kelas Perusahaan?

Kelas Perusahaan adalah kelas yang terdiri dari kumpulan topik dan modul pelatihan yang disusun secara khusus bagi karyawan perusahaan. Kelas Perusahaan terdiri dari dua tipe yaitu kelas wajib dan kelas umum perusahaan (self-enrollment). Untuk kelas wajib, para karyawan akan diundang untuk menyelesaikan kelas pelatihan tertentu sesuai dengan bidang, divisi dan level jabatannya. Untuk kelas umum perusahaan (self-enrollment) bersifat opsional dan jika perusahaan menyediakan kelas ini. Para karyawan dapat memilih kelas perusahaan apapun sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing.

Apa saja yang ada dalam kelas pelatihan?

  • Pre-test, sebelum mengikuti pelatihan, peserta akan mengikuti pre-test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan/wawasan dasar peserta terkait materi pelatihan yang akan diikuti. Untuk kesempatan mengerjakan tes ini hanya satu kali.
  • Topik dan Modul, materi pelatihan yang diikuti oleh peserta dan pada umumnya terdiri dari video, infografis, kuis, link, dan rangkuman.
  • Post-test, setelah mengikuti materi pelatihan, maka peserta akan mengikuti post-test yang berfungsi sebagai alat evaluasi. Tes ini akan menunjukkan tingkat pemahaman peserta setelah mengikuti rangkaian pelatihan pada kelas yang diikuti. Peserta dinyatakan berhasil apabila nilai post-test sudah melewati passing grade yang ditentukan.
  • Feedback form, bagian ini bersifat opsional dan jika dibutuhkan untuk kelas pelatihan. Setelah berhasil mengerjakan post-test, maka peserta harus mengisi formulir pelatihan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta terhadap materi yang disajikan. Setelah mengisi feedback form, maka kemudian peserta berhak mendapatkan sertifikat.

Bagaimana cara mengikuti Kelas Umum?

  • Klik Kelas Saya di bagian bawah halaman
  • Pilih Kelas Umum
  • Klik Cari Kelas dan temukan kelas pelatihan yang ingin Anda ikuti dengan scrolling kelas atau dapat menggunakan kolom pencarian
  • Klik kelas yang diinginkan
  • Pelajari deskripsi kelas dan modul kelas dan klik tombol Gabung Kelas Ini
  • Pilih Ya pada pop-up konfirmasi yang muncul
  • Maka kelas yang Anda inginkan dapat diikuti setelah muncul pop up notifikasi

Apakah Kelas Umum berbayar?

Tidak. Kelas umum dapat diakses secara gratis.

Apakah jika ingin bergabung membuat Kelas Perusahaan itu berbayar?

Ya. Untuk pembuatan dan pengembangan kelas khusus perusahaan yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, maka akan dikenakan biaya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan kelas perusahaan dapat menghubungi kami melalui info@ruangkerja.id atau mengunjungi situs kami di ruangkerja.id.

Bagaimana cara mengikuti Kelas Perusahaan?

  • Klik Kelas Saya di bagian bawah halaman
  • Pilih Kelas (Nama Perusahaan Anda)
  • Klik kelas yang ditugaskan admin perusahaan Anda atau dapat menggunakan kolom Cari Kelas dan temukan kelas pelatihan dari perusahaan Anda
  • Ikuti rangkaian pembelajaran kelas pelatihan tersebut hingga selesai

Apakah saya dapat mengerjakan Pre-test lebih dari satu kali?

Tidak. Kesempatan pengerjaan pre-test hanya satu kali.

Apakah saya dapat mengerjakan Post-test lebih dari satu kali?

Untuk Kelas Umum, Anda dapat mengerjakan post-test lebih dari satu kali dan tidak ada batas kesempatan pengerjaan.

Untuk Kelas Perusahaan, maksimal kesempatan pengerjaan post-test tergantung kebijakan perusahaan Anda.

Apakah saya dapat berhenti atau keluar aplikasi saat mengerjakan tes?

Apabila Anda sudah memulai mengerjakan pre-test dan post-test, Anda harus menyelesaikannya sampai mendapatkan nilai tes. Jika Anda keluar dari tes atau aplikasi, nilai tes Anda akan otomatis dibuat dengan jumlah soal yang terjawab saja.

Bagaimana cara mengecek kelas yang saya ikuti?

Anda dapat mengecek kelas yang Anda ikuti di menu Beranda dan menu Kelas Saya.

Apakah semua kelas mendapatkan sertifikat?

Untuk Kelas Umum, ada beberapa kelas yang mendapatkan sertifikat. Namun, tidak semua mendapatkan sertifikat.

Untuk Kelas Perusahaan, ketersediaan sertifikat ditentukan oleh kebijakan perusahaan.

Apakah saya bisa memperpanjang masa penugasan pada Kelas Perusahaan yang bersifat wajib?

Perpanjangan masa akses Kelas Perusahaan yang wajib akan mengikuti kebijakan dari perusahaan yang telah menugaskan kelas tersebut kepada Anda.

Apakah nilai post-test dapat diubah?

Untuk nilai post-test tidak dapat diubah.

Apakah materi pelatiihan dapat di-download?

Materi pelatihan yang dapat di-download adalah infografis dan rangkuman. Untuk materi video tidak dapat di-download.

Mengapa saya tidak dapat mengakses Post-test?

Anda harus mengecek beberapa hal berikut terlebih dahulu:

  • Selesaikan seluruh journey yang ada di kelas tersebut
  • Pastikan Anda mengerjakan Post-Test pada periode waktu penyelesaian kelas
  • Muat ulang kelas tersebut
  • Tutup dan buka ulang aplikasi Anda
  • Hubungi kami apabila Anda masih tidak dapat mengakses Post-test

Apa itu Peringkat?

Menu Peringkat merupakan menu dalam kelas pelatihan yang menampilkan urutan nama peserta yang berhasil mengikuti kelas berdasarkan nilai dan waktu pengerjaan post-test. Menu ini hanya menampilkan 10 peringkat tertinggi. Bagi peserta yang tidak masuk dalam bagian 10 peringkat tertinggi tersebut, maka peringkat peserta akan muncul di bagian bawah halaman menu Peringkat.

Apakah passing grade setiap kelas sama?

Tidak. Passing grade setiap kelas dapat berbeda-beda dan ditetapkan oleh admin dan atau Subject Matter Expert (SME) masing-masing kelas pelatihan.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat?

Untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran pada kelas pelatihan, termasuk pre-test dan post-test.

Apakah sertifikat bisa saya download?

Setelah menerima sertifikat, Anda bisa mengunduh (download) sertifikat tersebut dan bahkan membagikannya ke berbagai platform seperti sosial media, aplikasi percakapan/chat, dan e-mail.

Apakah saya bisa mengubah nama di sertifikat yang sudah saya terima?

ruangkerja tidak memperkenankan penggantian nama secara keseluruhan pada sertifikat.

Apabila Anda hanya ingin koreksi nama pada sertifikat, silakan menghubungi customer service kami agar dapat ditindaklanjuti.

Sebelum mengerjakan post-test, pastikan nama Anda sudah sesuai. Sehingga, sertifikat yang akan Anda terima sudah sesuai dengan nama yang Anda inginkan.

Apa itu menu Pencapaian?

Menu Pencapaian adalah menu yang menampilkan progress pelatihan peserta pada kelas pelatihan yang diambil.