Cara Efektif Mengembangkan Interpersonal Skill Karyawan melalui eLearning

Fauziannisa Pradana Putri Jan 19, 2021 • 3 min read


Memiliki rekan kerja yang kurang cakap dalam berkolaborasi dan bekerja sama, dapat menjadi hambatan dalam pekerjaan. Maka dari itu, interpersonal skill adalah kunci terpenting dan perlu dimiliki oleh setiap karyawan Anda. Secara lebih jelas, interpersonal skill adalah suatu kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain

Lalu, bagaimana cara membangun dan meningkatkan interpersonal skill karyawan melalui pelatihan, khususnya menggunakan eLearning? Berikut adalah 5 cara efektif mengembangkan interpersonal skill karyawan melalui eLearning.

Baca juga: Pentingnya Reward bagi Motivasi Kerja Karyawan

  • Gunakan Simulasi Konflik
    Materi Interpersonal skill

Materi interpersonal skill yang berisi situasi konflik dapat digunakan dalam eLearning (Sumber foto: Unsplash.com)

Perusahaan turut menjadi kunci dalam perkembangan interpersonal karyawan. Karena melalui pekerjaan, karyawan dapat melatih dan meningkatkan kemampuan interpersonal. Salah satu cara meningkatkan interpersonal skill karyawan ialah dengan menggunakan simulasi konflik dalam fasilitas pelatihan online learning.

Saat pelatihan, berikanlah situasi yang menantang dan membuat karyawan berpikir bagaimana untuk menyelesaikan konflik secara online. Seperti misalnya dengan menggunakan cerita melalui gambar ataupun video.

  • Tambah Kemampuan dengan Diskusi Online

Diskusi online membantu karyawan Anda untuk dapat melihat perspektif baru dari para koleganya. Contoh dari platform diskusi yang ideal adalah  forum online, grup media sosial, blog eLearning, atau Learning Management System (LMS) yang dilengkapi dengan fitur diskusi.

  • Fokus Pada Manajemen Proyek dan Membangun Tim 
    Manfaat Interpersonal skill

      Proyek bersama dapat menjadi materi interpersonal skill (Sumber foto: Unsplash.com)  

Ada kalanya beberapa karyawan lebih menyukai bekerja seorang diri. Untuk mengurangi kebiasaan tersebut, buatlah proyek yang melibatkan para karyawan untuk bergabung dengan sesama kolega lainnya.

Anda dapat membagi karyawan menjadi beberapa kelompok kecil dan tetapkan proyek online, seperti mengembangkan blog atau presentasi online. Mereka harus bekerja sama dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan produk.

  • Kembangkan Komunitas Pembelajaran Online

Komunitas bisa menjadi cara untuk mengembangkan interpersonal skill karyawan. Dengan mengikuti komunitas pembelajaran online, karyawan dapat bertanya dan saling memberikan masukan bersama peserta komunitas lainnya.

Tak jarang juga, komunitas online dapat membantu dalam        mengembangkan keterampilan lainnya melalui adanya informasi-informasi seputar webinar, podcast, ataupun video. 

  • Praktikan di Dunia Nyata
    tujuan interpersonal skill

Praktikan teori interpersonal skill di kehidupan karyawan sehari-hari (Sumber foto: Unsplash.com)

Sebagaimana sudah dipaparkan di atas, tujuan interpersonal skill adalah untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Namun, yang masih menjadi kendala adalah bagaimana mengembangkan keterampilan interpersonal dari teori ke praktik.

Setelah mendapatkan pelatihan secara teori dalam eLearning, segeralah ajak peserta untuk terjun langsung ke lapangan atau dunia nyata. Latih peserta untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan kerja tim secara langsung. 

Baca juga: Inilah 5 Trend eLearning di 2021 untuk Pelatihan Karyawan yang Efektif

Meningkatkan interpersonal skill tidak cukup dari teori, maka dari itu perlu sering dilatih dan dikembangkan secara langsung. Melalui artikel ini diharapkan dapat menjadi cara agar interpersonal skill karyawan dapat berkembang, khususnya melalui eLearning.

Nikmati pelatihan online di platform unggulan terbaik di Indonesia yaitu ruangkerja. Anda pun bisa meningkatkan technical skill atau soft skill karyawan di Skill Academy for Enterprise. 

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT

Beri Komentar