10 Cara Membuat LinkedIn Post Perusahaan yang Menarik

cara-membuat-postingan-linkedin-perusahaan

Bagi perusahaan, profil LinkedIn merupakan media yang mencerminkan kredibilitas mereka. Jadi, perusahaan perlu membuat postingan LinkedIn mereka terlihat menarik. Bagaimana caranya?

Ketika memasuki dunia kerja, membangun network menjadi sangat penting. Membangun network dilakukan untuk menambah relasi, membuka peluang baru, meningkatkan skil set, hingga menambah general knowledge.

Umumnya, para profesional memanfaatkan LinkedIn untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa membangun profil LinkedIn semenarik mungkin untuk membangun citra yang positif. Dengan branding yang baik, maka Anda akan dianggap sebagai sosok yang profesional. 

Tidak hanya bagi individu, membangun profil LinkedIn yang baik juga dibutuhkan oleh perusahaan. Mengapa demikian? Sama halnya seperti individu, perusahaan juga membutuhkan branding yang baik. Hal ini berguna untuk menampilkan citra baik perusahaan kepada khalayak. 

Profesionalitas ini tidak hanya dinilai dari profil perusahaan, tapi juga melalui setiap postingan mereka di LinkedIn. Maka dari itu, dibutuhkan strategi yang matang agar bisa membuat postingan yang menarik di LinkedIn perusahaan. Bagaimana caranya?

Simak tips membuat LinkedIn posts yang menarik berikut ini!

 

1. Tentukan Tujuan Postingan

Sebelum membuat postingan, pastikan Anda telah menetapkan tujuan postingan tersebut. Apakah ingin meningkatkan brand awareness perusahaan, menginformasikan produk atau layanan baru, atau mempromosikan acara perusahaan?

2. Fokus pada Konten yang Berkualitas

Mengapa konten yang berkualitas itu penting? Konten yang berkualitas akan menarik perhatian audiens dan meningkatkan engagement. Pastikan konten yang dibagikan memiliki nilai tambah dan relevan dengan audiens perusahaan.

Misalnya, jika perusahaan bergerak di bidang pendidikan, maka buatlah konten yang masih berhubungan dengan topik pendidikan. Anda dapat membagikan artikel, infografis, atau video yang menarik.

3. Buatlah Visual yang Menarik

Ketika melakukan scrolling, hal pertama yang akan menjadi perhatian adalah visual. Tampilan visual dapat membantu menarik perhatian audiens. Tampilan visual yang terkesan menarik akan membuat audiens malas untuk melanjutkan membaca postingan Anda.

Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan visual postingan. Anda bisa membuat cover post atau infografis yang akan Anda bagikan sekreatif mungkin. Pastikan juga gambar yang digunakan berkualitas tinggi dan relevan dengan konten yang dibagikan.

Baca Juga: Cara Membuat LinkedIn Perusahaan, Saatnya Branding Company Anda!

 

4. Perhatikan Ukuran Visual

Membuat visual yang menarik harus diimbangi dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai Anda sudah membuat visual yang menarik namun ukurannya tidak sesuai.

Hal ini bisa menyebabkan audiens atau pembaca tidak nyaman. Akibatnya, mereka bisa saja tidak tertarik dengan postingan tersebut. Adapun beberapa standar ukuran postingan LinkedIn, yaitu:

  • LinkedIn post size: 1080 x 1080 piksel (persegi) 1920 x 1080 piksel (portrait)
  • LinkedIn cover size atau LinkedIn header size: 1128 x 191 piksel
  • LinkedIn banner size: 600 x 322 piksel



Agar postingan LinkedIn perusahaan bisa menumbuhkan citra perusahaan yang positif, tentu perlu kinerja tim yang maksimal untuk mengelolanya. Bekali tim Anda dengan skill yang mumpuni melalui pelatihan efektif dari Ruangguru for Business!

[IDN] CTA Tengah 2 Blog Ruangkerja Pelatihan Efektif RGFB

 

5. Buatlah Headline yang Menarik

Headline adalah elemen pertama pada visual yang dilihat oleh audiens ketika membuka postingan Anda. Pastikan headline Anda menarik perhatian dan memberikan gambaran jelas tentang konten yang akan dibahas.

Manfaatkan teknik copywriting yang baik agar bisa menarik perhatian audiens. Buatlah headline yang singkat dan tidak bertele-tele. Jangan sampai headline yang Anda buat membingungkan audiens. Jika hal tersebut terjadi, audiens akan malas untuk melihat konten Anda secara lengkap.

6. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Tulis postingan dengan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami atau terlalu formal. Posisikan diri Anda sebagai audiens. Dengan begitu, Anda akan lebih bisa memahami audiens.

Baca Juga: Cara Menggunakan LinkedIn untuk Memperluas Jangkauan Profesional Anda

7. Cantumkan Tautan yang Tepat

Postingan LinkedIn bertujuan untuk meningkatkan awareness audiens pada perusahaan. Selain itu juga memperkenalkan perusahaan bagi audiens yang belum mengenal perusahaan Anda.

Maka dari itu, mencantumkan tautan ke website perusahaan pada konten akan menjadi cara yang efektif. Jika Anda membagikan tautan ke website atau blog perusahaan, pastikan tautan tersebut benar-benar relevan dengan postingan Anda.

8. Manfaatkan Hashtag

Hashtag dapat membantu postingan Anda ditemukan oleh audiens yang tepat. Pasalnya, hashtag dapat menjangkau audiens yang belum terhubung dengan perusahaan. Tapi perlu diingat, gunakan hashtag yang relevan dengan postingan Anda.

9. Jadilah Konsisten

Jadilah konsisten dalam membuat postingan. Inilah pentingnya membuat content planning. Posting secara konsisten akan membantu meningkatkan engagement dan memperkuat brand awareness perusahaan Anda.

10. Gunakan Media Sosial untuk Mempromosikan Postingan

Setelah membuat konten yang menarik di LinkedIn, tidak ada salahnya untuk mempromosikan postingan tersebut di berbagai media sosial lain perusahaan. Misalnya memanfaatkan Twitter, Facebook, atau Instagram untuk mempromosikan postingan LinkedIn Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan jangkauan postingan dan engagement.

 

Selain membaca berbagai macam tips, untuk membuat postingan LinkedIn yang menarik juga dibutuhkan skill yang mumpuni bagi copywriter perusahaan.

Untuk meningkatkan skill set ini, perusahaan dapat membekali karyawan dengan pelatihan yang berkualitas, salah satunya melalui Ruangguru for Business dari Ruang Kerja.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan Ruangguru for Business, kini giliran Anda! Tunggu apalagi? Daftar untuk tahu informasi lebih lanjut!

[IDN] CTA Tengah 2 Blog Ruangkerja Pelatihan Efektif RGFB

 

Referensi:

Clay, Sarah. 2021. A fully comprehensive LinkedIn size guide for images and video. diakses dari https://www.linkedin.com/pulse/fully-comprehensive-linkedin-size-guide-images-video-sarah-clay/ pada 12 April 2023

BMedia. 2022. Why Is Brand Awareness Important?. diakses dari https://www.bmediagroup.com/news/why-is-brand-awareness-important/ pada 12 April 2023.

 

 

Adya Rosyada Yonas