Pentingnya Reward bagi Motivasi Kerja Karyawan

pentingnya reward bagi motivasi karyawan

Pernahkah Anda melihat seorang karyawan yang berprestasi merasa kurang bersemangat dalam bekerja? Jika iya, jangan langsung menegur atau memarahi mereka. Bukan karena malas atau lelah, bisa jadi performa yang turun itu diakibatkan karena kurangnya reward atau apresiasi dari Anda.

Disadari atau tidak, saat ini masih banyak perusahaan kecil maupun besar yang belum menyadari pentingnya reward bagi karyawan. Padahal ada beberapa poin krusial yang jadi alasan mengapa reward begitu penting bagi karyawan. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Membuat karyawan lebih gembira dan produktif

presentase motivasi kerja untuk karyawan

Karyawan yang bahagia akan lebih produktif (Sumber: instagram.com/ruangkerja)

Reward atau apresiasi yang diberikan pada karyawan tidak melulu harus berupa uang atau barang. Pujian seperti “Good job!” atau “Wah ide kamu menarik juga ya,” nyatanya sudah mampu membuat karyawan merasa senang.

Tanpa disadari kalimat positif seperti tadi mampu membuat karyawan Anda merasa senang dan dihargai lho. Dengan begitu, selain membuat suasana kantor menyenangkan, pujian yang tadi Anda berikan bisa mendorong karyawan semakin aktif dan produktif di kantor.

2. Mendekatkan hubungan atasan dan karyawan

 motivasi kerja karyawan

Pimpinan yang sering memberi reward akan lebih dekat dengan karyawannya (Sumber: money.usnews.com)

Manfaat lain reward bagi karyawan adalah mampu mendekatkan hubungan dengan atasan. Seorang atasan yang sering memberikan reward pada karyawannya dijamin akan memiliki relasi lebih dekat dibanding bos yang hanya senang memerintah.

Bahkan seperti yang dilansir dari Forbes (2017), 90 persen karyawan yang sering mendapat penghargaan dari atasannya menunjukan punya rasa kepercayaan tinggi pada atasannya tersebut.

Hal tersebut tentu penting karena rasa nyaman dan percaya antara atasan dan karyawan mampu membuat situasi organisasi lebih kondusif.

Baca Juga: Mengenal Tunjangan Kesehatan pada Karyawan

3. Mengurangi tingkat turnout

Kurangnya reward dapat meningkatkan turnover

Kurangnya reward dapat meningkatkan turnover (Sumber: bmmagazine.co.uk)

Banyaknya karyawan yang keluar tentu membuat perusahaan rugi. Tidak hanya rugi karena kehilangan karyawan potensial, perusahaan juga bisa merugi akibat harus kembali mengeluarkan biaya pelatihan bagi karyawan baru.

Berdasarkan estimasi yang dilansir Forbes, perekrutan karyawan baru dapat menghabiskan sekitar US$ 3.500 (Rp 52,5 juta) untuk rekrutmen awal, dan US$ 1.200 (Rp 18 juta) untuk pelatihan berkala.

Ketimbang dikeluarkan untuk pelatihan karyawan baru, nilai tersebut dapat dihemat dengan mempertahankan karyawan lama di kantor. Bagaimana caranya? Berikan reward Anda!

4. Meningkatkan reputasi perusahaan

motivasi karyawan meningkatkan reputasi perusahaan

Reward pada karyawan dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan (Sumber: manufacturingglobal.com)

Saat seorang karyawan keluar dari perusahaan, itu berarti gambaran perusahaan Anda juga akan ikut bersamanya. Jika ia membagikan hal yang baik dari perusahaan, Anda tentu tidak akan rugi. Namun, bagaimana jika yang dibagikan adalah sifat buruk perusahaan, seperti atasan yang tidak pernah memberi reward pada karyawan? Duh, bisa jadi citra perusahaan Anda jadi kurang baik.

Karena itu mulai sekarang jangan pelit untuk memberikan apresiasi pada karyawan Anda ya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Generasi Milenial dalam Karier

5. Memicu karyawan mewujudkan goals perusahaan 

motivasi karyawan untuk mewujudkan goals perusahaan

Karyawan yang produktif dan bahagia akan memicu wujudkan goals perusahaan (Sumber: inc.com)

Seperti yang dikatakan pada poin pertama, seorang karyawan yang sering mendapatkan reward akan cenderung lebih bahagia dan produktif. Dengan perasaan senang, karyawan akan memiliki semangat tinggi untuk berkompetisi dan mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini tentu sangat positif bagi perusahaan Anda sebab goals atau tujuan dari perusahaan akan lebih cepat tercapai.

Baca Juga: Cara Membangun Self-management Skill untuk Mengembangkan Karakter

Itu tadi 5 alasan pentingnya rewards bagi karyawan. Tidak harus memberikan bonus berupa uang atau barang, Anda sebagai pimpinan juga bisa memberikan pujian sebagai bentuk apresiasi. Dengan sering memberikan reward, dijamin karyawan akan meningkatkan motivasi kerja,  produktivitas meningkat, dan membuat perusahaan semakin maju.

Selamat mencoba Rekan Kerja! Untuk melihat artikel lain yang bermanfaat bagi karier atau perusahaan Anda, silakan mengunduh aplikasi ruangkerja di Play Store atau App Store.

 ruangkerja Gitasav

 

Oktaviani Satyaningtyas