Inilah 5 Trend eLearning di 2021 untuk Pelatihan Karyawan yang Efektif

Fauziannisa Pradana Putri Jan 4, 2021 • 3 min read


Maraknya penggunaan eLearning membuat 82% perusahaan di seluruh dunia memilih eLearning untuk pelatihan karyawan. Apalagi pada tahun 2020, semakin banyak perusahaan yang beralih ke eLearning agar pelatihan karyawan tetap berjalan karena pandemi. Seperti dilansir dari trainingindustry.com, 43% anggaran perusahaan digunakan untuk online learning bagi para karyawannya selama pandemi.

Berdasarkan data-data tersebut, dapat dikatakan bahwa eLearning merupakan investasi terbaik untuk pelatihan karyawan yang lebih efektif dan merupakan masa depan pembelajaran. Untuk mempersiapkan masa depan pembelajaran tersebut, tentunya Anda pun perlu mengetahui prediksi tren eLearning di 2021 agar pelatihan karyawan menjadi lebih praktis dan efektif. Berikut adalah lima tren eLearning di 2021.

  • Learning Experience Platform (LXP)
    Top eLearning paltforms

LXP membuat pengguna nyaman dalam pelatihan online (Sumber foto: Unsplash.com)

Jika sebelumnya di tahun 2020 Learning Management System (LMS) menjadi primadona di dunia eLearning, maka di tahun 2021, Learning Experience Platform (LXP) akan menjadi tonggak baru. 

LXP tidak hanya berfokus pada pengelolaan program pembelajaran perusahaan dari perspektif bisnis tetapi juga pada peningkatan pengalaman peserta atau pengguna. Dapat dikatakan, tujuan pelatihan karyawan dengan menggunakan LXP dapat lebih terealisasikan karena mengutamakan kenyamanan peserta pelatihan. Maka dari itu, tak perluheran apabila LXP dapat menjadi standar baru eLearning serta masa depan program pelatihan karyawan.

  • Artificial Intelligence 

Teknologi tak henti-hentinya menawarkan kemudahan baru. Begitu pula dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang semakin banyak diminati oleh berbagai industri, tak terkecuali dalam industri eLearning. 

Artificial Intelligence (AI) membuat peserta dapat memiliki tutor yang dipersonalisasi untuk membantu mereka dalam pelatihan online mereka. Tutor online ini akan tersedia 24/7 dan mudah diakses di perangkat apa pun. Dengan integrasi Artificial Intelligence (AI), akan ada interaksi yang lebih lancar antara siswa dan guru AI untuk pengalaman pelatihan online yang ditingkatkan secara keseluruhan. 

  • Analysis Big Data yang Lebih Besar

Program pelatihan karyawanAnalysis Big Data menjadi poin penting dalam platform eLearning (Sumber foto: Unsplash.com)

Karena kebutuhan eLearning yang semakin meningkat setiap tahunnya, kebutuhan akan analisis big data pun semakin kuat. Diperlukan data informasi yang lebih besar ke dalam platform eLearning agar pengalaman pembelajaran online bisa dipersonalisasi. Beberapa informasi yang harus ada dalam eLearning  dengan analisis big data yang lebih besar adalah topik atau konten, pendaftaran peserta, kinerja peserta, dan umpan balik peserta.

  • Penggunaan AR, VR, dan MR

Pernah membayangkan mengikuti pelatihan yang terasa nyata karena berada dalam lingkungan tersebut? Teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR) dapat membuat Anda merasakan pelatihan yang lebih menyenangkan.

Metode pelatihan karyawan yang menggunakan teknologi tersebut ialah berfungsi sebagai berikut:  VR menyediakan realitas yang dibangun, AR memberikan tampilan gambar nyata yang disempurnakan. Karenanya, mereka membantu menjelaskan konsep kompleks yang tidak dapat ditunjukkan oleh gambar biasa atau bahkan eksperimen langsung. Sedangkan MR, adalah kombinasi komplit karena gabungan dari VR dan AR.

  • Microlearning

Jenis Pelatihan KaryawanMicrolearning menjadi jenis pelatihan karyawan yang digemari (Sumber foto: Unsplash.com)

Seperti di tahun sebelumnya, microlearning masih memiliki banyak peminat di tahun 2021. Karena proses konten dalam segmen terkecil akan lebih memudahkan karyawan dalam pelatihan, selain itu juga karyawan  tetap bisa produktif bekerja. Seperti dilansir dari Brandon Hall Report, microlearning membuat pelatihan 40%-60% lebih cepat dibandingkan jenis pelatihan karyawan lainnya.

Bukan hanya itu saja, metode pelatihan karyawan dengan microlearning akan  meminimalisir biaya pelatihan karyawan serta manfaat pelatihan karyawan pun akan mudah untuk diimplementasikan.

Demikian lah 5 prediksi tren eLearning di 2021 yang dapat  menjadi referensi pelatihan Anda dalam memilih program pelatihan karyawan yang efektif. Di dunia yang cepat berubah dan berada dalam era disrupsi, tren teknologi dalam eLearning pun akan semakin berkembang. Gunakan ruangkerja untuk mendapatkan pengalaman pelatihan di program pelatihan karyawan No.1 di Indonesia. Anda juga dapat memperkaya kemampuan karyawan dengan berbagai materi pilihan dari program Skill Academy for Enterprise.

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT



Beri Komentar