Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Online

digital marketing

Teknologi yang canggih mendorong banyak masyarakat untuk mulai melakukan bisnis online. Namun, belum semua pelaku bisnis menerapkan strategi digital marketing yang efektif. Bagaimana caranya? Mari belajar melalui artikel ini.

Di zaman modern ini, para pelaku bisnis mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar dan professional sepertinya sudah tidak asing dengan istilah digital marketing. Bahkan saat ini banyak sekali internet platform, startup, dan jasa pelatihan yang fokus pada pengenalan secara teori dan praktik, bahkan sertifikasi untuk bisa menjadi seorang digital marketer.

Artinya, sudah banyak pebisnis atau pengusaha yang aware dan menjadikan pemasaran digital sebagai sebuah kebutuhan dalam bisnis online. Dalam hal ini, bisnis online memiliki cakupan yang sangat luas dan berlaku untuk berbagai sektor. Jika Anda baru memasuki dunia pemasaran digital, pelajari artikel ini untuk menemukan strategi digital yang efektif.

 

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah serangkaian strategi pemasaran yang dilakukan melalui berbagai platform online untuk meningkatkan eksposur dan dampak bisnis. Perlu diketahui bahwa digital marketing tidak hanya sebatas memperluas area bisnis, melainkan juga tentang memahami perilaku konsumen di dunia maya dan merancang strategi yang tepat untuk menjangkau mereka secara efektif.

Saat ini, digital marketing sebetulnya tak hanya dilakukan oleh pebisnis yang menjual sebuah produk, tapi lembaga pemerintah, instansi swasta, hingga content creator pun sudah banyak menggeluti pemasaran yang satu ini.

 

Strategi Pemasaran / Strategi Digital Marketing 

Melansir dari Hubspot, strategi digital marketing adalah rencana penggunaan online channel  untuk membangun kehadiran internet dan mencapai tujuan pemasaran tertentu, baik melalui pencarian organik, iklan berbayar, media sosial, atau halaman website.

Dalam konteks ini, pahami bahwa digital marketing bukanlah sekadar mengikuti tren, melainkan sebuah perencanaan yang matang untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi pelanggan. Langkah awalnya adalah mengidentifikasi target pasar dengan cermat, memahami preferensi mereka, dan merancang strategi yang sejalan dengan kebutuhan dan keinginan market.

Kemudian, melalui strategi digital marketing, kita akan belajar bahwa setiap bisnis memiliki karakteristik unik, sehingga penting untuk menyesuaikan plan pemasaran digital sesuai dengan sifat dan tujuan bisnis.

Baca Juga: Cara Mudah Kembangkan Strategi Bisnis Secara Digital

 

Strategi Pemasaran 4P

Apa itu marketing 4P? Sebelum digital marketing hadir, tentunya ada marketing yang bersifat konvensional. Sedikit penjelasan, marketing 4P merupakan singkatan dari product, price, place, and promotion.

Artinya adalah, sebuah bisnis harus memikirkan produk yang berkualitas, penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang efisien, dan promosi yang tepat.dapat menjadi pondasi untuk keberhasilan bisnis online. Namun, dalam era digital, aspek-aspek ini perlu diadaptasi lebih lanjut.

Pertama, pastikan produk atau layanan Anda memiliki keunggulan yang dapat dibedakan secara online. Kedua, tentukan strategi harga yang menggambarkan nilai tambah produk Anda. Ketiga, Anda perlu memastikan ketersediaan produk secara online dan menyediakan metode pembayaran yang nyaman. Keempat, promosikan secara efektif melalui saluran digital yang relevan untuk mencapai target audiens.

 

Contoh Strategi Pemasaran / Contoh Digital Marketing 

Berikut ini contoh digital marketing dan penjelasannya:

SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan strategi pemasaran digital dengan mengoptimalkan konten online agar muncul lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. SEO dapat meningkatkan visibilitas dan jumlah kunjungan ke situs web secara organik, tetapi butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Google Ads

Jika memiliki budget marketing yang tinggi, maka Google Ads bisa jadi prioritas strategi pemasaran Anda. Melalui Google Ads, Anda dapat menampilkan iklan berbayar di hasil pencarian Google atau di berbagai situs web mitra Google, dan membantu mendapatkan ketertarikan dari calon pelanggan.

Content Marketing

Digital marketing sangat erat kaitannya dengan content marketing. Pada strategi ini, Anda bisa membuat dan mendistribusikan konten yang berkualitas, seperti artikel, blog, atau video, untuk menarik dan engage dengan audiens atau target market bisnis.

Email Marketing

Jika Anda berbisnis, maka Anda wajib memiliki database pelanggan atau calon pelanggan. Hal ini akan berguna untuk banyak hal, salah satunya email marketing. Anda dapat mengirimkan pesan-pesan pemasaran melalui email  berupa newsletter, penawaran khusus, atau pengumuman produk baru.

Media Sosial Marketing

Dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua saat ini hampir semuanya aktif di media sosial. Maka dari itu, menerapkan strategi marketing di media sosial menjadi hal yang sangat penting.

Media sosial yang bisa dioptimalkan saat ini adalah Facebook, Instagram, LinkedIn, WhatsApp, TikTok, dan juga X. Melalui media sosial, bisnis Anda akan dikenal lebih banyak calon pelanggan, dengan catatan konsisten mengeksekusi konten.

Influencer Marketing

Tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak masyarakat Indonesia khususnya yang tertarik dengan sebuah produk karena adanya pengaruh dari para influencer. Maka dari itu, cobalah untuk sesekali bekerja sama dengan influencer. Namun, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai talent, kesesuaian budget dengan rate card, dan value dari para influencer itu sendiri.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggandeng pihak ketiga untuk memasarkan produk atau layanan Anda dengan memberikan imbalan berupa komisi atas penjualan yang dihasilkan melalui afiliasi tersebut.

Tips! Untuk memperluas eksposur bisnis, cobalah untuk setidaknya melakukan pemasaran digital pada 5 channel marketing yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, pelajari habit audiens Anda untuk menetapkan channel yang sesuai.

 

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah  model bisnis yang menjalankan operasinya secara eksklusif melalui platform digital. Pengertian bisnis online mencakup berbagai bentuk, mulai dari e-commerce hingga layanan online.

Dalam konteks ini, bisnis online dapat memanfaatkan kekuatan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas oleh batasan geografis. Kesempatan ini memberikan potensi pertumbuhan yang besar, namun juga menuntut strategi digital marketing yang tepat agar dapat bersaing secara efektif di pasar yang semakin terhubung ini.

 

Cara Bisnis Online Beroperasi

Cara bisnis online sebetulnya beragam, pasalnya banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan, dan tentunya setiap platform memiliki mekanisme dan regulasi yang berbeda-beda. Namun, secara umum berikut bagaimana bisnis online bekerja:

Ide dan Perencanaan

Ingin membangun bisnis yang serius dan berkelanjutan? Buatlah ide dan perencanaan yang matang. Di tahap ini, cobalah untuk identifikasi siapa target pasar Anda, bagaimana rencana anggaran, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat business model canvas agar lebih mudah. Pelajari caranya melalui artikel Mengenal Bisnis Model Canvas dan Manfaatnya bagi Perusahaan.

Domain dan Situs Web

Sebetulnya tidak semua bisnis wajib menggunakan website, tetapi sebuah bisnis yang memiliki website akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan. Maka dari itu, pilih nama domain yang mudah diingat untuk bisnis online Anda. Jika masih pemula, Anda bisa memanfaatkan CMS WordPress, atau lebih simple dengan hire web developer.

Produk atau Layanan

Jika Anda menjual produk, carilah inventaris atau supplier yang mendukung pembuatan produk tersebut. Apabila Anda menawarkan layanan, siapkan sistemnya, apakah service-nya dilakukan melalui platform seperti Zoom, Google Meet, Email, atau yang lainnya.

Pemasaran dan Promosi

Gunakan strategi pemasaran digital untuk menarik audiens target Anda. Ini mungkin termasuk pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran email, optimasi mesin pencari (SEO), dan iklan berbayar. Kembangkan strategi konten untuk membuat konten yang menarik, seperti postingan blog, video, atau podcast, yang sesuai dengan audiens Anda .

Pemrosesan Pembayaran dan Transaksi

Terapkan opsi pemrosesan pembayaran yang aman untuk memungkinkan pelanggan melakukan pembelian di situs web Anda. Contohnya mengintegrasikan gateway pembayaran seperti MidTrans.

Customer Service

Siapkan saluran dukungan pelanggan, seperti email, obrolan langsung, atau dukungan telepon, untuk menjawab pertanyaan, masalah, dan feedback dari pelanggan. Hal ini penting guna menjaga kualitas produk Anda, serta untuk mendorong Anda agar selalu melakukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan market.

Pemenuhan dan Pengiriman Pesanan

Jika Anda menjual produk fisik, atur bagaimana cara untuk pengiriman, entah itu melalui ekspedisi atau menyediakan layanan antar pribadi. Jangan lupa untuk melakukan riset, lihat track record setiap ekspedisi agar terhindar dari kekecewaan pelanggan.

Baca Juga: Penting! 8 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

 

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online

Strategi pemasaran produk dapat Anda lakukan dengan memperhatikan poin-poin di bawah ini:

Bangun Profil Pembeli (Buyer Personas)

Pada tahap awal, identifikasi karakteristik utama calon pelanggan Anda, termasuk demografi, preferensi, dan masalah yang ingin mereka selesaikan. Dengan membuat gambaran yang jelas tentang siapa target audiens Anda, Anda dapat membuat kampanye pemasaran yang lebih terarah dan relevan.

Tetapkan Tujuan dan Sasaran (Set Goals and Objectives)

Selanjutnya, tentukan hasil yang ingin dicapai dengan strategi pemasaran digital, seperti peningkatan penjualan, brand awareness, atau pengembangan basis pelanggan. Pasalnya, menetapkan tujuan membantu mengarahkan upaya pemasaran dan memberikan landasan untuk mengukur keberhasilan kampanye.

Audit Saluran Digital yang Ada

Tinjau dan evaluasi performa saluran digital yang sedang digunakan, seperti situs web, media sosial, atau campaign yang dijalankan. Melalui audit, Anda dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan peluang untuk meningkatkan efektivitas campaign selanjutnya.

Tetapkan Anggaran Pemasaran (Marketing Budget)

Ketika berani memasuki ranah digital, artinya Anda harus siap dengan budget yang dikeluarkan. Maka dari itu, alokasikan dana untuk marketing secara rasional dan realistis. Anggaran yang jelas membantu menghindari pemborosan dan memastikan alokasi sumber daya yang optimal untuk mencapai tujuan.

Pilih Strategi Digital Marketing yang Akan Diinvestasikan

Pilih metode pemasaran digital yang paling sesuai dengan tujuan dan audiens Anda, seperti SEO, iklan berbayar, pemasaran konten, atau email marketing. Ingat, untuk menentukan ini, Anda harus memahami siapa market Anda.

Misal, jika Anda adalah pelaku bisnis fashion perempuan remaja, maka platform yang cocok adalah TikTok atau Instagram, dengan jenis konten video. Hal ini sesuai dengan habit mereka yang lebih senang berinteraksi di kedua media sosial tersebut.

Rencanakan Strategi Anda

Buat rencana taktis yang rinci untuk menerapkan strategi digital yang telah Anda pilih, termasuk jadwal, konten, dan perencanaan pelaksanaan. Perencanaan yang baik membantu memastikan konsistensi dan efisiensi dalam melaksanakan strategi pemasaran.

Monitor dan Report

Setelah merencanakan dan mengeksekusi, Anda harus mengevaluasi. Maka dari itu, jangan lupa gunakan alat analisis untuk memantau kinerja kampanye Anda dan buat laporannya secara berkala. Misal, jika Anda melakukan optimasi SEO, maka pantau produktivitasnya melalui Google Analytics, dan buat laporannya secara mingguan ataupun bulanan.

Baca Juga : Mengenali Marketing Person yang Ideal

Itulah pembahasan mengenai strategi digital marketing untuk bisnis online. Bagaimana? Apakah sudah menemukan ‘celah’ untuk strategi digital marketing yang efektif bagi bisnis Anda? Ingat, dunia bisnis semakin dinamis, artinya kita akan selalu berhadapan dengan perubahan teknologi dalam waktu yang cepat.

Maka dari itu, ilmu dan pengalaman Anda di bidang bisnis online pun harus selalu diperbarui, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan digital marketing. Jadi, mari bergabung dengan pelatihan dari Ruangkerja untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda. Klik banner di bawah sekarang!

[IDN] CTA Tengah 1 Blog Ruangkerja Pelatihan Efektif RGFB

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!