Mengenal People Analytics dan Perannya dalam Pengembangan SDM

Hani Ammariah Mar 26, 2021 • 4 min read


people analytics

Artikel ini membahas mengenai people analytics dan manfaatnya dalam pengembangan SDM di perusahaan Anda.

--

Bagi suatu perusahaan, sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting. Bagaimana tidak, mereka berperan dalam melakukan perencanaan, kebijakan, strategi, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. Di sisi lain, kemajuan teknologi menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis, mendorong perusahaan agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten juga meningkat. Oleh sebab itu, diperlukan sistem yang dapat mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan efisien.

People analytics merupakan metode yang dirasa tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Mengapa demikian? Alasannya karena people analytics mengandalkan data dan proses analisis. Kedua hal tersebut membantu perusahaan, khususnya tim Human Resources (HR) dalam mengambil keputusan terkait SDM secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Bukan hanya sekedar insting atau intuisi. 

Lalu, apa itu people analytics dan mengapa perusahaan Anda perlu menerapkannya? Mari simak informasi lengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu People Analytics?

Menurut Dr. Sullivan, seorang spesialis di bidang Strategic Talent Management Solution, people analytics merupakan metode pengelolaan sumber daya manusia berbasis data. Dalam hal ini, data yang digunakan harus valid dan aktual. Dilansir dari Harvard Business Review, people analytics sebagian besar akan berfokus pada data SDM yang terdiri dari dua jenis, yaitu:

1. Fakta individu yang tidak berubah, contohnya etnis, jenis kelamin, dan riwayat pekerjaan.

2. Fakta individu yang berubah, contohnya usia, tingkat pendidikan, masa kerja, bonus yang diterima, dan absensi.  

Nantinya, data-data tersebut akan diolah dan dianalisis untuk menangani masalah SDM agar lebih efisien. Mulai dari proses perekrutan, struktur organisasi, evaluasi kinerja, promosi, sampai kompensasi. 

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan People Analytics?

Setiap perusahaan pasti menyimpan banyak data, termasuk data SDM atau karyawan. Biasanya, data karyawan jarang sekali digunakan. Hanya disimpan di dalam bank data. Padahal, dengan metode yang tepat, kumpulan data tersebut juga dapat dianalisis dan menghasilkan suatu informasi. Contohnya, penerapan metode people analytics dalam mengolah data karyawan memberi beberapa keuntungan dalam penentuan strategi dan pengambilan keputusan perusahaan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Meminimalisir Terjadinya Turnover Karyawan

Turnover atau pergantian karyawan menjadi salah satu masalah yang tidak bisa dihindari, sekaligus sulit diprediksi oleh perusahaan. Jika dilihat dari segi ekonomi, hal ini tentu banyak merugikan perusahaan. Selain produktivitas jadi menurun akibat kurangnya tenaga kerja, perusahaan juga akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk proses perekrutan dan pelatihan karyawan baru.       

Melalui people analytics, HR dapat memprediksi seberapa besar tingkat turnover yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, dengan mengumpulkan data terkait kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Kemudian, menganalisisnya untuk mencari tahu penyebab karyawan ingin mengundurkan diri. Lalu, menemukan solusi paling efektif yang dapat mengatasi masalah tersebut.  

2. Memudahkan Proses Rekrutmen

Proses rekrutmen dan seleksi karyawan membutuhkan waktu yang cukup lama dan melelahkan, mengingat banyaknya jumlah pelamar yang mendaftar. Namun, hal ini dapat terbantu melalui people analytics. Salah satu caranya, dengan melakukan analisis perbandingan antara data pelamar dengan hasil kinerja karyawan yang sudah bekerja pada kurun waktu tertentu. Analisis tersebut bertujuan untuk memprediksi pelamar mana saja yang sesuai dengan standar kompetensi perusahaan, memiliki peluang perkembangan karir yang bagus, serta cepat beradaptasi dengan budaya perusahaan. Dari sini, proses penyeleksian data pelamar akan jauh lebih mudah dan proses rekrutmen berlangsung lebih cepat. 

Selain mempermudah proses rekrutmen, people analytics dapat membantu perusahaan untuk menemukan SDM dengan kinerja yang optimal. Perencanaan karyawan (manpower planning) juga dapat dilakukan dengan tepat, sehingga perusahaan bisa menempatkan SDM pada posisi yang sesuai minat dan kemampuannya. Hasilnya, dengan perencanaan dan pengelolaan SDM yang baik, performa perusahaan akan meningkat, serta memperkuat posisi perusahaan di tengah persaingan.         

Langkah-langkah Pengimplementasian People Analytics

Dalam menerapkan people analytics, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang ingin diselesaikan oleh perusahaan. Kemudian, dari masalah tersebut, perusahaan bisa mulai membuat hipotesis dan mencari data-data pendukung. Agar data yang terkumpul benar-benar bagus, perlu dilakukan pendekatan yang sistematis. Menetapkan standar saat proses pengumpulan data juga mampu menjaga kualitas data itu sendiri. Selain itu, jauh lebih baik jika data yang digunakan adalah data terkini (terupdate).

Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis. Pahami dengan baik hasil analisis data, kemudian tentukan tindakan yang tepat berdasarkan hasil analisis tersebut. Implementasikan tindakan dan lakukan review secara menyeluruh untuk melihat sejauh mana keefektifannya dalam mengatasi masalah perusahaan.   

Baca juga: Metode 70/20/10, Referensi untuk Pelatihan & Pengembangan Karyawan

People analytics memang dirasa mampu untuk mengubah sistem pengelolaan SDM agar lebih efektif dan efisien. Apalagi saat ini, fasilitas dan software pendukung lainnya telah banyak tersedia. Proses pengumpulan dan pengolahan data jadi semakin mudah untuk dilakukan.       

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Sullivan, J.(2013) ‘How Google Is Using People Analytics to Completely Reinvent HR’. Talent Management & HR [Daring]. Tautan: https://www.tlnt.com/how-google-is-using-people-analytics-to-completely-reinvent-hr/ (Diakses pada: 26 Maret 2021)

Leonardi P, Contractor N.(2018) ‘Better People Analytics’.Harvard Business Review [Daring]. Tautan: https://hbr.org/2018/11/better-people-analytics (Diakses pada: 26 Maret 2021)

‘HR Analytics: Pentingnya Data dan Analisis dalam Dunia Profesional HRD’ [Daring]. Tautan: https://www.linovhr.com/pentingnya-hr-analytics-untuk-hr/ (Diakses pada: 26 Maret 2021)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar