Mengenal Kompetensi Abad 21 dan Pembelajaran Abad 21 yang Efektif

Vindiasari Yunizha Agu 3, 2022 • 8 min read


kompetensi pembelajaran abad 21

Pembelajaran abad 21 adalah proses untuk mewujudkan 12 kompetensi abad 21. Apa saja yang termasuk dalam kompetensi abad 21?

- -

Kompetensi abad 21 menjadi fokus utama bagi peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di Indonesia memasuki abad 21. Kompetensi ini menjadi pedoman untuk membentuk manusia yang memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia kerja. Pembelajaran abad 21 menjadi cara untuk mewujudkan terpenuhinya kompetensi tersebut untuk menyelesaikan masalah.

Apa itu kompetensi abad 21?

Pada umumnya, kompetensi abad 21 disebut 4C. Kompetensi abad 21 adalah kumpulan keterampilan yang diperlukan pada perkembangan zaman. Adapun kompetensi abad 21 yang dimaksud meliputi keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Kompetensi 4C tersebut mulai ditanamkan baik dalam proses pembelajaran. 

Lebih jauh, kompetensi abad 21 mencakup banyak hal. Keterampilan (skills) yang tergolong dalam kompetensi abad 21 meliputi: 

kompetensi pembelajaran abad 21

  1. Critical thinking (pemikiran kritis)
  2. Creativity (kreativitas)
  3. Collaboration (kolaborasi)
  4. Communication (komunikasi)
  5. Information literacy (informasi literasi)
  6. Media literacy (media literasi)
  7. Technology literacy (literasi teknologi)
  8. Flexibility (fleksibilitas)
  9. Leadership (kepemimpinan)
  10. Initiative (inisiatif)
  11. Productivity (produktivitas)
  12. Social skills (keterampilan sosial)

Keterampilan di atas dimaksudkan untuk membantu Anda agar bisa memiliki daya saing dan mampu mengikuti perkembangan pesat di dunia kerja. 

3 Kategori kompetensi abad 21

Kompetensi abad 21 terbagai menjadi tiga kategori meliputi:

1. Keterampilan belajar (learning skills)

Learning skills adalah keterampilan yang melatih keterampilan belajar. Dalam hal ini learning skills menekankan pada kompetensi abad 21 yang mencakup 4C (creative thinking, critical thinking,communication, dan collaboration).

Keterampilan belajar (4C) mengajarkan Anda tentang proses mental yang diperlukan untuk beradaptasi dan memperbaiki lingkungan kerja modern. Pasalnya kemampuan berpikir kritis bisa membantu untuk menyelesaikan sebuah masalah dan menemukan solusi. Sementara kreativitas digunakan untuk menemukan inovasi-inovasi. Adapun kolaborasi dan komunikasi digunakan untuk kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.

2. Keterampilan literasi (literacy skills)

Keterampilan literasi (literacy skills) berfokus pada bagaimana Anda dapat membedakan fakta, menentukan sumber informasi, mampu menangkal informasi bohong (hoaks), dan mengetahui teknologi di baliknya. Keterampilan ini sangat diperlukan di tengah era informasi yang berkembang pesat. Ada banyak informasi yang membanjiri internet, oleh sebab itu perlu keterampilan untuk memilah dan mengecek apakah informasi tersebut benar atau tidak. 

Adapun tiga keterampilan literasi abad 21 (literacy skills) adalah:

  • Literasi informasi: memahami fakta, angka, statistik, dan data
  • Literasi media: memahami metode dan saluran di mana informasi diterbitkan
  • Literasi teknologi: memahami mesin yang membuat informasi 

Baca juga:  Mengenal Tahapan Kompetensi dan Menggunakannya Untuk Mengoptimalkan Hasil Pembelajaran

3. Keterampilan hidup (life skills)

Keterampilan hidup berfokus untuk mewujudkan kecakapan Anda dalam bertahan hidup dan kualitas kehidupan pribadi maupun profesional. Keterampilan ini bisa membantu dan memengaruhi karier Anda. 

Keterampilan yang masuk dalam life skills antara lain: 

  1. Fleksibilitas (flexibility): kemampuan untuk mudah beradaptasi dan keterampilan untuk adaptif ketika rencana tak berjalan sesuai rencana.
  2. Kepemimpinan (leadership): kemampuan memimpin menjadi hal penting dalam memotivasi tim untuk mencapai tujuan.
  3. Inisiatif (initiative): Memulai proyek, strategi, dan rencana sendiri
  4. Produktivitas (productivity): kemampuan untuk mempertahankan efisiensi di tengah lingkungan kerja yang banyak distraksi
  5. Keterampilan sosial (social skills): kemampuan untuk bersosialisasi dan berjejaring dengan orang lain untuk saling menguntungkan

Pengertian pembelajaran abad 21

Setelah mengetahui kompetensi abad 21, perlu strategi untuk mewujudkan kompetensi tersebut. Pembelajaran abad 21 pun hadir sebagai jalan menuju tercapainya kompetensi abad 21. Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang menggabungkan tiga kompetensi abad 21, yakni kemampuan belajar (learning skills), kemampuan literasi (literacy skills), keterampilan hidup (life skills), keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. 

Pembelajaran abad 21 menekankan pada pembelajaran adaptif menggunakan siklus berulang. Mulai dari mengajukan pertanyaan (pengujian), pembelajaran atau materi penguat (belajar), dan menilai kepercayaan peserta didik dalam apa yang dia ketahui. 

Dengan menggunakan pendekatan “pertanyaan-pertama”, pembelajaran adaptif menyelidiki apa yang pelajar ketahui dan kuasai dan di mana mereka memiliki kesenjangan dan membutuhkan dukungan instruksional. Menggunakan kurikulum yang disesuaikan, pembelajaran adaptif dapat memperkuat kompetensi abad ke-21 dan memberikan pengetahuan baru tentang produk, layanan, dan proses khusus perusahaan.

Adaptive learning adalah pendekatan cara pengajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan dapat bergerak maju melalui unit-unit pelajaran dengan kecepatan mereka sendiri.

Baca juga:  Adaptive Learning: Proses Pelatihan dan Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan dan Data Besar

Dalam rangka mencapai kompetensi abad 21, pembelajaran abad 21 menekankan pada Higher Order Thinking (HOTS) atau proses pembelajaran dengan melibatkan unsur berpikir tingkat tinggi. Biasanya pembelajaran abad 21 menggunakan metode berbasis proyek (Project Based Learning) atau Inquiry Based Learning. 

Ketidakmampuan peserta didik bisa terus diperbaiki dengan adaptive learning. Pembelajaran adaptif mengacu pada personalisasi pengalaman belajar bagi peserta pelatihan dengan menggunakan teknologi berbasis komputer. Menggunakan teknologi pembelajaran adaptif, komputer memodifikasi konten pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan. 

Perkembangan teknologi pembelajaran adaptif didorong oleh kebutuhan untuk menyesuaikan konten pembelajaran sehingga peserta pelatihan dengan berbagai tingkat keterampilan dapat lebih efisien mengakses informasi berdasarkan kebutuhan spesifik mereka. Kompetensi abad 21 pun mudah tercapai dengan pembelajaran abad 21 berbasis pembelajaran adaptif.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pembelajaran abad 21 dan kompetensi abad 21 di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi: 

Vaden, Amanda. 2020. What are 21st Century Skills? [online]. Link: https://sphero.com/blogs/news/21st-century-skills (Accessed: 2 June 2022)

Stauffer, Bri. 20. What Are 21st Century Skills? [online]. Link: https://www.aeseducation.com/blog/what-are-21st-century-skills (Accessed: 2 June 2022) 

Kemdikbud. 2017. Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21  [online]. Link: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21 (Accessed: 2 June 2022)

Hendayana, Yayat. 2020. Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi Indonesia [online]. Link:https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/keterampilan-pembelajaran-pada-abad-21-disiapkan-untuk-sambut-bonus-demografi-indonesia/ (Accessed: 2 June 2022)

Howe, Nick J. 2019. Why Onboarding Must Be More Than Orientation: Focusing on 21st-Century Skills Boosts Employee Productivity [online]. Link:

https://trainingindustry.com/articles/onboarding/why-onboarding-must-be-more-than-orientation-focusing-on-21st-century-skills-boosts-employee-productivity/ (Accessed: 2 June 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar