Model Pembelajaran Inquiry Learning, Kenali Langkah dan Manfaatnya

Vindiasari Yunizha Agu 17, 2022 • 5 min read


inquiry learning

Inquiry learning adalah pembelajaran bukan sekadar praktik, melainkan mengundang rasa ingin tahu peserta didik.

--

Ada beragam model pembelajaran yang bisa diterapkan pada peserta didik. Cara penyampaian bervariasi yang bisa menyesuaikan tujuan dan manfaat yang ingin dicapai. Adapun pembelajaran yang cukup diminati, yakni inquiry learning. Pembelajaran ini terbilang unik dan memiliki karakteristik dibandingkan model pembelajaran lainnya.

Apa itu Inquiry learning?

Inquiry learning adalah metode belajar yang pada prinsipnya mengajak peserta didik untuk aktif bertanya dan bereksperimen secara mandiri selama proses belajar. Dalam model pembelajaran inquiry, peserta didik mencari materi pembelajaran secara mandiri. Peserta didik mencari tahu materi dengan mengajukan pertanyaan dan melakukan riset atau penelitian secara mandiri.

Inquiry learning melingkupi dua kata, inquiry dan learning. Inquiry artinya meminta keterangan atau penyelidikan. Sementara learning artinya pembelajaran. Dengan begitu inquiry learning adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada rasa ingin tahu dari siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis apa yang akan ia pelajari. Model pembelajaran inquiry learning adalah kegiatan belajar yang menekankan pada pengembangan keterampilan penyelidikan dan kebiasaan berpikir yang memungkinkan peserta didik untuk melanjutkan pencarian pengetahuan.

Metode ini memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam penyelidikan sebuah masalah. Sementara bagi pengajar, inquiry based-learning adalah seraingkaian proses yang menggerakkan siswa dalam menemukan jawaban atas rasa keingintahuannya melalui pemikiran kritis. Dalam kata lain, siswa dituntut untuk berpikir kritis, logis, melakukan identifikasi masalah dan menemukan sendiri jawabannya dengan melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan. Hal ini dapat meningkatkan atau mengembangkan kemampuan yang mereka miliki sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry based-learning) bukanlah teknik atau praktik saja, tetapi sebuah proses yang memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan intelektual dan pemahaman mendalam para peserta didik.

Jenis-jenis inquiry learning

Model pembelajaran inquiry memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan peran pengajar atau tutor. Dalam pembelajaran ini pengajar mengambil peran dalam proses penyelidikan. Mulai dari menentukan tema hingga evaluasi. Adapun jenis-jenis inquiry learning adalah sebagai berikut:

  • Open Inquiry (inkuiri terbuka)

Jenis pembelajaran ini pengajar menempatkan diri sebagai fasilitator selama proses pembelajaran. Pengajar bisa memberikan masukan dan ikut terlibat membantu peserta didik jika diminta. Dalam proses pembelajaran, peserta didik mendapat kebebasan mengeksplor penyelidikannya. Terdapat inisiatifnya sendiri dari peserta didik dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi dan menemukan jawabannya sendiri.

  • Guided Inquiry (inkuiri terbimbing)

Berbeda dengan open inquiry, peran pengajar pada guided inquiry dimulai dari menentukan tema dan topik penyelidikan yang akan dibahas. Selain itu pengajar juga turut mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diselidiki peserta didik. Dalam hal ini pengajar ikut terlibat dalam membimbing dari awal proses hingga akhir.

Manfaat model pembelajaran inquiry learning

Inquiry based learning adalah pembelajaran yang mampu mendatangkan kemanfaatan bagi peserta didiknya. Adapun beberapa manfaat penerapan model pembelajaran inquiry learning yaitu sebagai berikut

  1. Mampu mengembangkan keterampilan bertanya, penelitian, dan komunikasi
  2. Meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antarpeserta didik atau kelompok untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal
  3. Mampu memecahkan masalah, membuat solusi, dan mengatasi pertanyaan dan masalah kehidupan nyata. Dapat mengembangkan bakat, mengembangkan keterampilan berpikir kritis atau critical thinking skills dan meningkatkan keberhasilan belajar.
  4. Meningkatkan partisipasi dalam penciptaan dan perbaikan ilmu pengetahuan dalam belajar

5 Langkah pembelajaran inquiry learning

Dalam implementasi, manfaat dari pembelajaran model inquiry learning bisa terwujud jika menerapkan langkah-langkah atau proses belajar mengajar yang tepat, dengan metode inquiry learning. Berikut adalah langkah inquiry learning:

inquiry learning

  1. Peserta didik atau siswa yang mengajukan atau merumuskan sendiri pertanyaan
  2. Menyelidiki suatu hal dalam berbagai situasi
  3. Siswa melakukan analisis dan memberikan deskripsi dalam menemukan hal-hal yang sudah diselediki
  4. Mempresentasikan hasil temuan baik secara lisan atau tertulis
  5. Proses evaluasi. Siswa merefleksikan tentang informasi dan pengetahuan yang diperoleh

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan inquiry learning di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Pappas, Christopher. 2014. Instructional Design Models and Theories: Inquiry-based Learning Model [online]. Link: https://elearningindustry.com/inquiry-based-learning-model (Accessed: 4 July 2022)

Pappas, Christopher. 2019. 6 Tips To Use Inquiry-Based Learning In Modern Online Training Experiences [online]. Link:https://elearningindustry.com/tips-use-inquiry-based-learning-modern-online-training-experiences (Accessed: 4 July 2022)

Shank, Patti. 2018. How Well Do We Learn From Experiential Or Inquiry Learning Approaches? [online]. Link: https://elearningindustry.com/experiential-inquiry-learning-how-well-learn (Accessed: 4 July 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar