Ketahui 5 Fungsi Microsoft Word Ini untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Intan Aulia Husnunnisa Nov 25, 2022 • 9 min read


Kegunaan Microsoft Word untuk Memudahkan Pekerjaan

Dalam dunia bisnis dan dunia kerja, software Microsoft Word dapat memudahkan para penggunanya untuk membuat sebuah dokumen. Dari sekian banyak fitur Microsoft Word, apa fungsi Microsoft Word yang dapat memudahkan pekerjaan seseorang? Temukan daftarnya di artikel ini!

--

Sebagai perangkat lunak, salah satu fitur Microsoft Office yang memiliki banyak fungsi adalah Microsoft Word. Software ini dapat Anda gunakan untuk mempermudah berbagai macam pembuatan dokumen.

Seperti yang Anda tahu, Microsoft Word adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar sampai profesional. Namun faktanya, banyak orang masih menggunakan Microsoft Word hanya sebagai alat ketik untuk membuat dokumen sederhana.

Padahal, saat ini banyak jenis dokumen kompleks yang bisa kamu buat secara mudah dengan Microsoft Word. Means, banyak kegunaan Microsoft Word yang belum dikenal oleh para penggunannya.

Melalui Kelas Umum Microsoft Word – 2018 Beginner Tutorial di aplikasi ruangkerja, mari cari tahu 5 fitur Microsoft Word yang jarang diketahui banyak orang, tetapi dapat membantu pekerjaan Anda.

 

Definisi dari Microsoft Word

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, microsoft word adalah perangkat lunak atau aplikasi untuk mengolah kata dari Microsoft Office.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Microsoft Word di berbagai tipe gawai dan sistem operasi. Mulai dari laptop, tablet, personal computer, dan juga smartphone. Selain itu, yang lebih menarik adalah, Microsoft Word dapat dipasang pada sistem operasi Windows maupun iOS.

 

Apa Keunggulan Microsoft Word?

Jika Anda bekerja dengan Microsoft Word, maka Anda harus mengenali berbagai keunggulan (advantage) dari perangkat lunak yang satu ini. Beberapa keunggulan Microsoft Word adalah sebagai berikut:

1. Ketersediaan yang Mudah

Microsot Word sudah hadir sejak tahun 1983. Dengan umurnya yang sudah cukup tua, sampai saat ini Microsoft Words terus berinovasi untuk memperbarui setiap versi.

Hebatnya, Microsoft Word dapat diunduh dari internet dengan sangat mudah plus tanpa biaya. Ini merupakan salah satu faktor yang membuat Microsot Word digemari banyak orang untuk menulis sebuah dokumen.

2. User Interface yang Nyaman

Selanjutnya, kelebihan yang dimiliki Ms. Word adalah user-friendly interface. Tampilan Microsoft Word sangat mudah untuk dipelajari meskipun bagi mereka yang masih pemula.

3. Sangat Mendukung Proses Kolaborasi

Saat Anda mengerjakan sebuah proyek dengan jumlah kelompok yang besar, biasanya hal ini rawan dengan human error. Melalui Ms. Word, Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, Ms. Word memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengerjakan sebuah proyek yang sama dalam satu file, plus dapat diedit secara bersamaan oleh banyak pengguna.

 

Untuk menjadi karyawan dan eksekutif yang kompetitif, Microsoft Word harusnya menjadi keterampilan yang cukup diutamakan. Segera revolusi Anda dan karyawan Anda dengan pelatihan Microsot Word melalui ruangkerja. Konsultasi gratis, sekarang!

Pelatihan berbasis LMS Ruangkerja

 

4. Kaya dengan Kosakata

Fitur yang ada di Microsoft Word dapat membantu Anda untuk mengeja atau bahkan menemukan padanan kata.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam Microsoft Word terdapat berbagai jenis kamus yang mungkin dibutuhkan untuk mendukung proses menulis penggunanya.

5. Proses Editing yang Sederhana

Bukan hal yang sulit untuk buat dokumen memukau dan standout melalui Microsoft Word. Software ini dapat memudahkan Anda untuk melihat kembali atau mengubah pekerjaan yang telah diselesaikan sebelumnya.

Maka dari itu, tak heran jika Ms. Word banyak berguna untuk bisnis seperti dalam pembuatan surat formal, penyusunan resume, CV, dan lain sebagainya.

 

Fungsi Microsoft Word yang Dapat Mempermudah Pekerjaan Seseorang

Mungkin Anda sudah belasan atau bahkan puluhan tahun bekerja menggunakan Microsoft Word. Tapi, apakah Anda pernah memanfaatkan beberapa fitur di bawah ini?

1. Manfaatkan fitur Pin untuk menyimpan dokumen penting

 

fitur pin untuk menyimpan dokumen penting

Fitur Pin mampu membantu Anda untuk mencari dokumen penting dengan mudah
(Sumber: Istimewa)

Fungsi Microsoft Word pertama yang dapat memudahkan Anda adalah fitur Pin. Fitur ini akan berguna bagi Anda yang seringkali kesulitan dalam mencari kembali dokumen karena jumlah file yang terlalu banyak.

Untuk mengaksesnya, Anda perlu klik tab File lalu pilih Open dan lihat daftar dokumen yang berada di sebelah kanan. Setelah itu, klik tanda Pin pada bagian ujung nama dokumen.

Kemudian, file yang telah diberi pin nantinya akan selalu berada di daftar teratas pencarian. Dengan begitu dokumen atau file laporan yang Anda Ingin buka dapat disunting lebih cepat. 

2. Gunakan basic template untuk menghemat waktu

 

menggunakan basic template untuk menghemat waktu

Pilih berbagai template dokumen sesuai kebutuhan dengan fitur basic template.
(Sumber: support.microsoft.com)

 

Sama seperti Microsoft Excel, dengan menggunakan Microsoft Word pun, Anda dapat memilih basic template untuk membuat dokumen sesuai kebutuhan. 

Microsoft Word telah menyediakan beragam lembar kerja yang Anda inginkan. Misal, jika Anda ingin membuat artikel untuk blog, maka pilihlah template "Blog post".

Selain itu, tersedia juga berbagai kategori seperti business, event, personal, letter, education, dan lain-lain. Di sana, Anda dapat membuat berbagai dokumen seperti Curriculum Vitae, Chronological Resume, Student Report, dan masih banyak lagi dengan lebih mudah.

3. Ribbon pada tabs untuk pengaturan dokumen

 

ribbon pada tabs untuk pengaturan dokumen

Ribbon pada setiap tab berisi berbagai fitur bantuan sesuai keinginan Anda.
(Sumber: Istimewa)

 

Tahukah Anda, berbagai tab yang ada pada Microsoft Word seperti Home, Insert, Layout dan sebagainya memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memberi perubahan pada dokumen sesuai kebutuhan.

Untuk menemukan fitur tersebutm, Anda dapat klik setiap menu terlebih dahulu, dan lihat detail Ribbon yang ada di bagian bawah setiap tab.

Sebagai contoh, jika ingin menambahkan diagram, Anda dapat menggunakan tab Insert lalu pada bagian Ribbon cari fitur Chart. Setelah itu Anda dapat memilih berbagai jenis diagram sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Tunjangan Kesehatan pada Karyawan

4. Cari bantuan dengan fitur Tell Me

 

fitur tell me untuk mencari bantuan

Gunakan fitur Tell Me untuk mencari bantuan.
(Sumber: nedgame.nl)

Ingin mengatur jarak margin namun lupa di mana posisinya? Atau, Anda harus menyisipkan catatan kaki, tapi tidak tahu bagaimana caranya?

Tenang, Ms. Word dapat membantu Anda dengan fitur Tell Me. Caranya, cukup klik bagian Tell Me, lalu ketikkan perintah untuk melakukan hal sesuai kebutuhan.

Fitur yang terletak sejajar dengan tabs dan memiliki simbol lampu ini akan membantu menemukan fitur yang Anda maksud.

Untuk melakukan hal ini, Microsoft Word Cara bekerja sama dengan mesin pencari. Maka dari itu, Anda harus memasukkan perintah untuk menampilkan fitur melalui keyword atau kata kunci.

5. Fitur Thesaurus untuk mencari padanan kata

 

fitur thesaurus

Cari sinonim kata pada dokumen dengan fitur Thesaurus.
(Sumber: youtube.com)

Saat membuat suatu dokumen, tanpa disadari terkadang Anda menggunakan kosakata yang kurang familiar atau bahkan digunakan secara berulang.

Solusinya, gunakanlah fitur menarik yang dapat membantu mencari padanan kata. Aplikasi ini bernama Thesaurus. Cukup klik menu Review, lalu tekan Thesaurus yang umumnya terletak di pojok sebelah kiri.

Untuk mengaktifkan atau menggunakan fitur ini, caranya klik kata yang ingin diganti lalu masukan dalam fitur Thesaurus. Secara otomatis, fitur akan menampilkan sinonim dari kata yang ingin Anda ubah.

Namun perlu diingat, fitur Thesaurus hanya dapat digunakan untuk Microsoft Word dengan pengaturan bahasa Inggris.

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Untuk Perkembangan Karier

Itulah pembahasan tentang fitur Microsoft Word. Dari lima fitur di atas, apa saja kegunaan Microsoft Word yang paling memudahkanmu saat bekerja? 

Agar selalu up to date terhadap berbagai fitur Microsoft Word yang sangat inovatif, Anda juga bisa menggunakan Microsoft Office dengan versi yang paling baru. 

Tak hanya menghemat kertas, dari aplikasi ini, pekerjaan Anda dapat selesai dengan lebih efektif dan efisien.

Maka dari itu, pastikan Anda mahir dalam skill Microsoft Word dengan mengikuti pelatihan dari ruangkerja.  Jangan khawatir, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

New call-to-action

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Oktaviani Satyaningtyas, kemudian diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 25 November 2022.

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.

Beri Komentar