Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Untuk Perkembangan Karier

Vindiasari Yunizha Jun 2, 2022 • 8 min read


RK -  Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Untuk Menunjang Perkembangan Karie-01 (1)

Tahukah Anda, bahasa Inggris menjadi kunci komunikasi yang universal untuk bisnis hingga pengembangan diri? Simak penjelasannya di artikel berikut ini! 

--

Teknik komunikasi, khususnya antarpersonal sangat penting dalam menunjang relasi dengan siapa pun untuk menunjang berbagai kebutuhan, tak terkecuali dalam dunia bisnis maupun karier. Salah satu teknik komunikasi yang sangat dibutuhkan yaitu menguasai Bahasa asing, apalagi Bahasa Inggris. Bahasa ini telah digunakan pada segala aktivitas dan komunikasi di seluruh dunia. Oleh sebab itu, sejak usia dini menjadi kewajiban untuk belajar bahasa asing yang satu ini. Banyak sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat doktoral yang intens dalam mengajarkan pelajaran Bahasa Inggris dengan beragam tujuan. Namun, kita pelajari dulu yuk apa aja sih pentingnya dari belajar ini.

 

Tujuan Menguasai Kemampuan Berbahasa Inggris 

Sebagaimana dilansir dari The English Language Center, setidaknya ada empat tujuan dari belajar bahasa asing:

 

kemampuan berbahasa Inggris

  1. Bahasa Inggris merupakan Bahasa Komunikasi yang digunakan hampir seluruh warga dunia

Bahasa Inggris ternyata digunakan sebagai bahasa resmi 53 negara dan dituturkan oleh sekitar 400 juta orang di seluruh dunia lho. Jika Anda mampu berbicara bahasa Inggris secara fasih, maka peluang untuk berbicara dengan seseorang dari negara lain berpeluang besar lebih mudah.

British Council memproyeksikan bahwa pada tahun 2020, dua miliar orang di dunia akan belajar bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris penting karena memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mudah dengan sesama warga dunia. 

  1. Bahasa Inggris adalah Bahasa Bisnis

Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi bisnis yang dominan digunakan dan hampir menjadi kebutuhan pokok jika Anda ingin memasuki persaingan kerja secara internasional. Penelitian dari seluruh dunia menunjukkan bahwa komunikasi bisnis antar perusahaan bahkan antarnegara paling sering dilakukan dalam bahasa Inggris dan banyak perusahaan nasional dan multinasional mengharapkan karyawannya fasih berbahasa Inggris.

Perusahaan global seperti Airbus, Daimler-Chrysler, Apple, Fast Retailing, Nokia, Renault, Samsung, SAP, Technicolor, dan Microsoft di Beijing, telah mengamanatkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi perusahaan mereka. Selain itu, pada tahun 2010, perusahaan Rakuten, persilangan Jepang antara Amazon dan eBay, mewajibkan 7.100 karyawan Jepang mereka untuk dapat berbahasa Inggris.

Inilah sebabnya di dunia kerja, bahasa Inggris sangat dibutuhkan di pasar internasional dan tidak dapat diabaikan karena akan meningkatkan potensi karier dan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Membangun Self-management Skill untuk Mengembangkan Karakter

  1. Banyak Akses Dunia Hiburan/Entertainment Memanfaatkan Bahasa Inggris

Banyak film, buku, dan musik top dunia diterbitkan dan diproduksi dalam bahasa Inggris sebagai Bahasa utamanya. Oleh karena itu, dengan belajar bahasa Inggris Anda akan memiliki akses ke banyak hiburan dan akan dapat memiliki wawasan sosial, politik, dan budaya yang lebih besar.

Jika Anda berbicara bahasa Inggris, Anda tidak perlu lagi bergantung pada terjemahan dan subtitle untuk menikmati buku, lagu, film, dan acara TV favorit Anda. Mulai membiasakan menonton film dan program televisi dalam bahasa Inggris (bahkan tanpa subtitle) juga merupakan cara yang bagus dan menyenangkan lho untuk lebih mudah belajar.

Selain itu beragam peluang berupa konferensi untuk berlatih bahasa Inggris, olahraga, menikmati galeri seni, mendatangi museum, mengikuti perjalanan dan tamasya ke daerah bersejarah yang memanfaatkan Bahasa Inggris sebagai Bahasa ibu/pengantar, juga dapat mendorong minat belajar bahasa.

Untuk menunjang perkembangan karier, karyawan harus memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tersebut adalah dengan mengembangkan kemampuan yang dimiliki seorang karyawan. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti pelatihan berbasis LMS dengan meng-klik gambar di bawah ini. Mari gabung sekarang juga!

Pelatihan berbasis LMS Ruangkerja

 

4 Komponen Mempelajari Bahasa Inggris

Ada empat komponen pokok saat belajar Bahasa Inggris, yaitu Listening (mendengarkan), Speaking (berbicara), Writing (menulis), dan Reading (membaca). Hanya unggul pada salah satu dari komponen tersebut tidak banyak membantu Anda berkomunikasi. Misalnya Anda harus bisa membaca (reading) dengan baik sebelum bisa menulis (writing) dengan lancar. Anda juga harus fasih dengan metode listening sebelum kompeten Speaking. Ini membantu untuk memikirkan keterampilan komunikatif ini dalam dua kelompok, yaitu:

  1. Input (listening dan reading) 
  2. Output (speaking dan writing)

Mempelajari keempat hal tersebut tentu membutuhkan proses, namun ada tips agar dapat mempelajarinya secara bertahap. Dikutip dari English Club, berikut tahapan untuk belajar:

 

Listening

Beberapa cara agar mudah dalam belajar listening dapat mencakup

  1. Mendengarkan radio. Tidak perlu selalu sedia pena untuk mencatat. Belajar alami hanya mendengarkan saja juga cukup membantu.
  2. Menikmati hiburan berbahasa Inggris. Ada banyak kanal untuk mengakses ini, bisa dimulai dari podcast di Youtube, lagu-lagu yang Anda sukai, atau deretan film box office yang seru untuk ditonton. 

 

Speaking

Beberapa cara agar mudah dalam belajar listening dapat mencakup

  1. Bicaralah pada diri sendiri. Anda dapat bicara tentang apapun. Lakukan saat Anda sendiri agar mudah fokus. Awalnya akan terasa canggung melakukannya, namun cobalah membaca dengan suara keras sampai Anda merasa nyaman mendengar suara Anda sendiri dalam bahasa Inggris.
  2. Rekam suara Anda sendiri. Ini mungkin terasa sangat tidak nyaman, tetapi ini efektif membantu Anda menemukan poin kata atau kalimat yang lemah untuk diucapkan. Dengarkan rekaman tersebut beberapa hari kemudian, lalu ulangi kalimat apa yang paling sulit didengar

 

Reading

Beberapa cara agar mudah dalam belajar reading dan memperluas kosakata dapat mencakup

  1. Baca sesuatu setiap hari yang mengandung Bahasa Inggris. Misalnya Buku anak-anak, portal berita, novel, dan media lainnya
  2. Baca apa yang menarik minat Anda. Ingatlah bahwa Anda belajar lebih baik ketika Anda memulai dari apa yang disenangi.
  3. Tinjau Siapa, Apa, Di mana, Kapan, Mengapa (5W+1H) untuk setiap cerita yang Anda baca. Anda dapat melakukan ini untuk hampir semua jenis bacaan. Tentang siapa? Apa yang terjadi? Kenapa ini terjadi? Di mana itu terjadi? Kapan itu terjadi? Ini sangat berguna ketika Anda tidak memiliki pertanyaan pemahaman untuk dijawab. Anda dapat menulis atau mengucapkan jawaban Anda.
  4. Selalu sediakan kamus bahasa Inggris-bahasa Inggris di saku atau ponsel

 

Writing

Beberapa cara agar semakin terbiasa dalam menulis, bisa lakukan kebiasaan berikut:

  1. Menulis buku harian/jurnal. Tidak perlu harus memperhatikan tata bahasa. Menulis bebas bisa sangat berguna. Itu bisa menunjukkan bahwa menulis itu menyenangkan.
  2. Tulis email dalam bahasa Inggris. Anda dapat berlatih dengan guru atau kolega Anda untuk membiasakan menulis email berbahasa Inggris.
  3. Tulis ulang berita lokal dalam bahasa Inggris. Ini adalah latihan lain yang bisa dilakukan setiap hari. Ingatlah bahwa kegiatan rutin adalah yang terbaik.
  4. Pelajari aturan ejaan penting. Nah, Anda tidak selalu memiliki kamus atau pemeriksa ejaan di setiap waktu, terutama saat mengikuti untuk menulis ujian. Tidak jarang lho penutur asli (native speaker) bahasa Inggris perlu meninjau aturan ejaan dari waktu ke waktu.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan penguasaan Bahasa Inggris di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Why is Learning English is so Important?. 2013. The English Languange Center. Diakses melalui https://www.elc-schools.com/blog/4-reasons-why-learning-english-is-so-important/

Peacock, Jacksyn. 2020. How to Learn English. Diakses melalui https://www.englishclub.com/learn-english/how.htm 

Rumsey, Cheryl. 2020. Why it’s important to learn English. Diakses melalui https://www.studiocambridge.co.uk/why-it-is-important-to-learn-english/

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar