Pentingnya Etos Kerja bagi Karyawan, Kunci Sukses Berkarier

Vindiasari Yunizha Agu 24, 2022 • 9 min read


etos kerja adalah

Pengertian etos kerja dapat diartikan sebagai sikap yang harus dimiliki setiap karyawan. Pahami penjelasan mengenai etos kerja di bawah ini!

--

Etos kerja adalah komponen penting yang sangat dihargai bagi pemimpin di setiap industri. Pengertian etos kerja sendiri menunjukkan pada nilai-nilai yang berkaitan dengan adanya peningkatan kemampuan kerja dan membantu Anda memposisikan diri untuk peluang kerja yang lebih baik.

Apa itu etos kerja?

Etos kerja adalah sikap, tekad, dan dedikasi terhadap pekerjaan. Mereka yang memiliki etos kerja yang kuat akan menempatkan nilai tinggi pada kesuksesan profesional. Mereka menunjukkan prinsip-prinsip moral yang menjadikan dirinya sebagai karyawan yang luar biasa dalam posisi apa pun. Selain itu, seseorang yang memiliki etos kerja baik dapat memiliki gaya hidup yang ideal, dapat meningkatkan kemampuan diri dan dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar.

Pengertian etos kerja lainnya adalah keyakinan yang dimiliki seseorang dalam melakukan sesuatu hal dengan tekad untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Merujuk dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), etos kerja merupakan semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Oleh karenanya, dengan memiliki sikap ini dalam dunia kerja sangat penting karena mencerminkan kualitas diri dari seseorang, mendorong seseorang untuk memiliki motivasi kerja juga bisa menjadi pribadi yang mempengaruhi lingkungan sekitar.

Dengan demikian, apa yang dimaksud dengan etos kerja adalah seseorang yang menyadari bahwa pekerjaan adalah bagian penting sehingga membutuhkan kerja keras dan karakter yang kuat. Dalam dunia kerja, karyawan dengan etos kerja yang sangat baik sering dianggap sebagai orang yang dapat diandalkan, berdedikasi, disiplin dan dapat meningkatkan kualitas diri.

 

Karakteristik orang dengan etos kerja tinggi

Karakteristik orang dengan etos kerja tinggi pada umumnya sangat menonjol. Mereka kerap mendapat apresiasi karena kinerjanya yang baik. Ada beberapa karakteristik seseorang dengan etos kerja tinggi, antara lain sebagai berikut:

- Handal dan dapat dipercaya

Karyawan dengan etos kerja yang kuat sangat dapat diandalkan. Mereka akan bertanggung jawab dengan proyek atau tugas yang diberikan dari rekan atau pimpinan.

- Berdedikasi

Orang dengan etos kerja tinggi menempatkan dirinya sepenuh hati pada pekerjaannya. Hal tersebut kerap disebut pula dengan dedikasi. Mereka akan total dalam berkontribusi untuk kebaikan perusahaan.

- Disiplin

Disiplin adalah bagian penting untuk menunjukkan etos kerja yang baik. Karyawan yang sangat disiplin menunjukkan tekad dan komitmen terhadap pekerjaan.

- Produktif dan efisien

Etos kerja kuat menghasilkan produktivitas yang luar biasa. Karyawan yang produktif seringkali memiliki output yang lebih tinggi daripada rekan-rekannya. Mereka menyelesaikan proyek lebih awal dan melakukan lebih dari persyaratan minimum.

- Integritas

Orang berintegras sama halnya dengan orang yang memiliki etos kerja kuat. Mereka akan sama-sama memegang teguh prinsip moral yang tinggi. Mereka terbiasa jujur, sopan, dan berlaku adil dalam bekerja.

- Kerja sama

Orang beretos kerja kuat akan mudah menjalin relasi Hal ini terlihat dari adanya kerja sama yang terjalin di perusahaan. Mereka menunjukkan kerja tim yang baik dan siap membantu orang lain saat dibutuhkan.

- Tanggung jawab

Rasa tanggung jawab yang tinggi menjadi salah satu indikator dari orang yang memiliki etos kerja tinggi. Seseorang yang memiliki etos kerja yang tinggi dapat memegang amanah dari pemimpin atau orang-orang yang sudah mempercayainya.

- Profesional

Karyawan dengan etos kerja yang baik hampir selalu menjaga profesionalisme. Mereka menunjukkan sikap profesional yang terukur, mulai dari cara berpakaian, berbicara, dan membawa diri.

 

Pentingnya etos kerja bagi karyawan

Etos kerja dapat membantu seseorang dalam mencapai kesuksesan. Menurut corporate trainer, Dana Brownlee mengungkapkan bahwa tekad dan ketabahan menjadi lebih penting dari kecerdasan, bakat, hingga tingkat keterampilan dalam menentukan keberhasilan seseorang.

Brownlee menyebut etos kerja adalah sesuatu yang dapat dikendalikan oleh seseorang. Pasalnya seseorang dapat menentukan dirinya sendiri akan berusaha maksimal dalam pekerjaan atau sekadar mengikuti arus tanpa tahu yang dimaksud.

Karyawan dengan etos kerja yang baik ternyata dapat menciptakan lingkungan kerja positif. Sikap tanggung jawab dalam bekerja dapat memengaruhi kinerja rekan kerja, bahkan atasan.

 

Cara meningkatkan etos kerja pada karyawan

etos kerja adalah

 

1. Karyawan menempatkan diri sebagai duta atau orang yang membawa citra perusahaan

Jika Anda menempatkan diri sebagai bagian dari perusahaan, tentunya Anda akan mampu menempatkan diri sesuai porsinya. Anda akan berperilaku sesuai dengan citra profesionalitas perusahaan.

2. Utamakan tanggung jawab dan profesional dalam bekerja

Skala prioritas jadi hal utama. Anda bisa memulai pekerjaan yang menjadi kewajiban dan tugas pokok. Menjalankan sikap profesional menjadi bibit untuk menumbuhkan etos kerja dalam diri.

3. Memiliki kemauan untuk berkembang

Jika ingin meningkatkan etos kerja, tentu rasa penasaran dan haus akan pengembangan kapasitas sangat besar dalam diri. Anda bisa mencari mentor atau orang yang bisa melatih diri untuk meningkatkan kapasitas.

4. Evaluasi kinerja

Evaluasi diri terhadap pekerjaan yang dilakukan dapat menjadi pembelajaran untuk perbaikan diri. Kekurangan yang ada pada diri pun diperbaiki dan dijadikan tantangan untuk menjadi lebih baik lagi.

5. Respek terhadap orang lainnya

Melatih respek dengan orang lain dapat memunculkan hubungan baik. Bisa dimulai dengan bekerja sama dan menghargai satu sama lain.

6. Disiplin dalam menggunakan waktu

Orang dengan etos kerja tinggi akan selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Mereka akan disiplin dalam berperilaku termasuk dengan waktu. Orang tersebut akan tidak menunda suatu pekerjaan yang menjadi tugasnya.

7. Mengurangi suatu hambatan yang akan menjadi penghalang dalam bekerja

Ingin menumbuhkan etos kerja dalam diri, tentunya Anda mengetahui hal-hal yang mampu menghambat kinerja. Oleh sebab itu, Anda bisa mengurangi risiko pekerjaan terganggu dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Penting untuk perusahaan meningkatkan kualitas karyawan. Selain dengan meningkatkan etos kerja, Anda juga dapat memberi pelatihan berbasis LMS ruangkerja. Klik gambar di bawah ini.

Pelatihan berbasis LMS Ruangkerja

Contoh etos kerja dalam perusahaan

Ada banyak contoh sikap seseorang yang memiliki etos kerja dalam perusahaan. Berikut beberapa contoh etos kerja dalam perusahaan:

  1. Berpakaian rapi atau menyesuaikan aturan masing-masing perusahaan
  2. Berbicara dengan bijak dengan atasan maupun rekan kerja
  3. Tanggung jawab terhadap tugas atau pekerjaannya
  4. Menghargai perbedaan pendapat
  5. Berintegritas terhadap pekerjaan

Memiliki karyawan dengan etos kerja tinggi begitu menguntungkan bagi dirinya maupun perusahaan. Karier karyawan akan mendapat peluang besar untuk menjadi sukses karena kemampuannya. Pemimpin pun merasa tertarik dengan semangat juang dan tanggung jawab karyawan dengan etos kerja tinggi. Kinerja karyawan yang baik tentunya akan berpengaruh pula pada kemajuan perusahaan.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan etos kerja bagi karyawan di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Indeed Editorial Team. 2022. Top Work Ethic Skills (And 4 Tips To Improve Yours) [obline]. Link: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/work-ethic-skills (Accessed: 5 July 2022)

Brownlee, Dana. (2020). The Dirty Little Secret Of Career Success: Work Ethic May Trump Raw Talent [online]. Link:https://www.forbes.com/sites/danabrownlee/2020/03/19/the-dirty-little-secret-of-career-success-work-ethic-may-trump-raw-talent/?sh=3cb9a46b30f8 (Accessed: 5 July 2022)

Glassdor team. 2021. What Is Work Ethic? Skills and Tips. Link:https://www.glassdoor.com/blog/guide/work-ethic-skills/ (Accessed: 5 July 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar