Manfaatkan Tes MBTI untuk Meningkatkan Performa Tim Anda

Tes MBTI

Pernahkah Anda mendengar salah satu metode tes kepribadian yang bernama MBTI? Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini! 

 

Pengertian Tes MBTI

Tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator merupakan sebuah tes psikologi yang dapat menggambarkan kepribadian Anda melalui kecenderungan maupun preferensi berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Saat mengerjakan MBTI, seorang pengguna akan dihadapkan dengan seratus pertanyaan. Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan sulit untuk dijawab. Pengguna hanya harus menggambarkan seberapa sesuai mereka dengan pernyataan-pernyataan tersebut.

tes mbti

Contoh pernyataan yang harus diisi di MBTI (Sumber: istimewa)

Dari situ, MBTI akan mampu mendeskripsikan bagaimana karakter orang tersebut ke dalam empat kategori karakter : Extrovert (E) atau Introvert (I), Sensing (S) atau Intuition (N), Thinking (T) atau Feeling (F), dan Judging (J) atau Perceiving (P). Semua karakter tersebut akan digabungkan sehingga kepribadian Anda akan tergambarkan dalam 4 huruf. Jadi, dalam MBTI akan ada 16 jenis karakter yang berbeda-beda.

tes mbti

16 kepribadian hasil tes MBTI (sumber : static1.squarespace.com)

Lalu, bagaimana memanfaatkan hasil MBTI untuk meningkatkan performa kelompok Anda?

Baca Juga: Memahami Konsep Blended Learning dan Manfaatnya

 

Manfaat Tes MBTI

Berikut adalah 5 manfaat yang dapat Anda aplikasikan setelah menggunakan Tes MBTI :

1. Mengetahui pendekatan individu yang sesuai

tes mbti

Kenyamanan individu saat bekerja akan meningkatkan produktivitas tim (Sumber : salesforcesearch.com)

Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda yang tidak dapat diperlakukan sama. Bisa jadi, salah satu penyebab degradasi performa individu adalah karena ketidaksesuaian perlakuan yang dia dapatkan dari pimpinan dengan karakternya sendiri. Ingat, semua orang memiliki pendekatan yang berbeda-beda dan tidak dapat disamakan.

2. Memetakan “The Right People at the Right Place”

tes mbti

Setiap individu memiliki keunggulan masing-masing yang saling melengkapi  (Sumber : lightwebgroup.com)

Dengan mengetahui karakter individu secara mendalam, Anda secara tidak langsung juga dapat memetakan keunggulan pribadi yang orang lain miliki dengan deskripsi pekerjaan yang sesuai. Sehingga, berbagai pekerjaan akan dapat terlaksana secara efisien.

3. Menumbuhkan rasa saling menghargai

tes mbtiRespect menjadi salah satu faktor penguat kerja sama tim (Sumber : drchristianconte.com)

Setiap individu terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, seringkali orang lain lebih fokus pada kekurangan rekan-rekannya daripada mengapresiasi maupun menghargai kelebihan yang orang lain miliki. Padahal, kelebihan orang tersebut tentunya dapat memiliki andil saat bekerja sama meningkatkan performa kelompok. Setelah menggunakan MBTI, Anda akan lebih menghargai keberadaan orang lain dalam kelompok.

4. Menghindari konflik kelompok

tes mbtiKenali karakter rekan kerja Anda dengan tes MBTI untuk meminimalisir konflik (Sumber : straight.com)

Bekerja di lingkungan multikultural dengan karakteristik yang beragam menjadi suatu tantangan tersendiri pada era sekarang ini. Tidak jarang perbedaan-perbedaan tersebut menjadi penyebab berbagai konflik yang terjadi dalam kehidupan perusahaan. Akan tetapi, sudah tidak seharusnya perbedaan karakter anggota kelompok menjadi alasan terciptanya suatu konflik dalam perusahaan. Karena hal itu kini dapat diantisipasi menggunakan tes kepribadian MBTI.

5. Meningkatkan hubungan dengan stakeholders

tes mbtiKinerja internal turut menjadi faktor yang menentukan kepercayaan stakeholders (Sumber : blog.ipleaders.in)

 

Baca Juga: Macam-Macam Kepribadian Karyawan; Introvert dan Ekstrovert 

Rekan Kerja, setelah kelompok Anda memperoleh lima manfaat internal seperti yang telah disebutkan pada lima poin sebelumnya, kelompok Anda juga akan terlihat dengan image yang positif di hadapan stakeholders. Dengan kinerja kelompok yang baik, stakeholders akan semakin percaya dengan kinerja kelompok Anda.

Bila Anda belum pernah mengikuti tes MBTI, tes ini dapat Anda akses secara gratis melalui beberapa website seperti 16personalities.com. Yang lebih menyenangkan lagi, hasil deskripsi detail mengenai kepribadian Anda juga akan dikirimkan ke surel pribadi Anda lho!

Setelah itu, Anda pun sudah siap untuk menerapkan MBTI untuk kemajuan tim Anda. Jangan lupa juga untuk terus mengembangkan diri, salah satunya dengan menggunakan RuangKerja.

Ruangguru for Business

Salsabela Liani