Cara Menggunakan LinkedIn untuk Memperluas Jangkauan Profesional Anda

cara menggunakan linkedin

LinkedIn bukan hanya sebatas alat pencari pekerjaan saja. Anda bisa memaksimalkan akun LinkedIn untuk kepentingan lain. Seperti apa itu? Simak penjelasan berikut ini!

Salah satu platform terbesar yang digunakan untuk bisnis dan memperluas jaringan adalah LinkedIn. Dengan pengguna sebanyak 756 juta, platform ini menjadi tempat yang ideal untuk mengembangkan karir Anda.

Jangan salah, Anda mungkin mengetahui platform ini sebatas untuk mendapatkan pekerjaan saja. Namun nyatanya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di platform ini. Apa saja? Mari simak pembahasannya di artikel ini!

 

Apa Manfaat dari Platform LinkedIn?

Dengan platform ini, Anda tidak hanya dapat berhubungan dengan rekan bisnis, klien dan rekan kerja. Tapi Anda juga bisa mengembangkan profil, membangun kesadaran akan produk dan merk yang Anda buat, dan membantu Anda merekrut calon karyawan yang tepat.

Jika Anda pernah membuat akun LinkedIn untuk perusahaan seperti step pada artikel Cara Membuat LinkedIn Perusahaan, Saatnya Branding Company Anda!, pasti Anda sudah paham tujuan dari akun tersebut, yaitu untuk mengembangkan bisnis dan merk yang dibuat oleh perusahaan. Namun, sebenarnya hal ini juga bisa Anda lakukan pada diri Anda sendiri.

Tapi, apakah Anda pernah terpikirkan untuk melakukannya? Banyak dari kita memang merasa LinkedIn hanyalah sebuah alat untuk mendapatkan pekerjaan saja. Tapi sebenarnya, kita bisa berbuat lebih dari itu dengan memanfaatkan LinkedIn.

Jika Anda adalah salah seorang yang menganggap LinkedIn hanya sebagai wadah untuk mencari pekerjaan, sebaiknya Anda mengubah sudut pandangan Anda mengenai platform ini.

Yakinkan diri Anda, bahwa LinkedIn adalah platform yang dapat membantu Anda mengembangkan karier dan memperluas jangkauan profesional. Pasalnya, dengan membangun personal branding di LinkedIn, Anda bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri Anda.

Misalnya Anda memperdalam skill yang Anda miliki, memperluas kemampuan yang Anda tekuni, memiliki koneksi dengan para profesional, mengiklankan produk atau jasa yang Anda buat, berbagi ilmu, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja bisa Anda lakukan jika Anda memaksimalkan akun LinkedIn. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

 

Cara Membuat LinkedIn Anda Menjadi Lebih Maksimal

1. Lengkapi Profil LinkedIn Anda

Profil LinkedIn Anda merupakan alat yang sangat ideal untuk membangun personal LinkedIn. Hal ini karena orang-orang dapat melihat pengalaman Anda bekerja, proyek pribadi Anda, dan seberapa luas hubungan Anda dengan para profesional, dan lain-lain. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk melengkapi profil Anda, seperti misalnya menggunakan foto yang profesional. Anda bisa meminta bantuan fotografer untuk memotret Anda. Gunakan latar foto yang polos sehingga meminimalisasi distraksi di dalam foto. Anda bisa menggunakan kemeja atau jas.

Atau, Anda bisa menggunakan pakaian yang sering Anda gunakan jika pergi bekerja. Jangan lupa untuk tersenyum. Selain itu, pastikan backgroung image yang biasanya disebut banner atau cover image di profil Anda menggunakan gambar yang mencerminkan kepribadian dan profesi Anda.

Sebutkan indrustri atau tempat Anda bekerja di headline. Anda bisa menggambarkan tempat Anda bekerja saat ini dan ringkasan diri Anda, jasa apa yang Anda berikan atau produk apa yang Anda buat. Anda juga bisa menaruh tautan atau mengunggah contoh pengerjaan Anda atau portofolio Anda.

Saat Anda menulis ringkasan diri, jangan lupa untuk menggunakan beragam kata kunci yang dapat Anda kaitkan dengan bukti nyata. Jangan hanya menyebutkan kata-kata seperti, “memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik”, karena hal tersebut tidak menggambarkan pencapaian Anda. Tapi sebutkanlah pencapaian yang telah Anda dapatkan dengan mengaitkannya dengan kemampuan Anda secara spesifik.

Jangan lupa untuk menyebutkan pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan dan juga setidaknya empat kemampuan dari bidang yang Anda tekuni.

Baca Juga: 10 Cara Membuat LinkedIn Post Perusahaan yang Menarik

 

2. Membangun Hubungan dengan Pengguna LinkedIn yang Lain

Terdapat fitur yang dapat membantumu membangun jaringan dengan orang-orang dan para profesional di organisasi atau di industri dalam bidang yang Anda tekuni.

Dengan hal ini, Anda dapat berbagi berbagai macam hal di dalamnya, misalnya Anda bisa mendapatkan hal-hal yang up to date atau informasi terkait bidang Anda.

Anda dapat mengirim undangan untuk berkoneksi dengan pengguna LinkedIn yang lain. Anda dapat mengecek siapa saja yang berada dalam jaringan Anda di bagian My Network. T

idak hanya itu, jika Anda sudah memilki koneksi dengan seseorang, Anda bisa mengirim atau mengenalkan teman Anda kepadanya. Hal ini bisa jadi memberi keuntungan kepada teman Anda.

3. Mengembangkan Jaringan yang Anda Miliki

Jika Anda hanya mengandalkan LinkedIn saja untuk mengembangkan jaringan Anda, mungkin Anda belum dapat melakukannya dengan optimal. Oleh sebab itu, LinkedIn memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan jaringan yang Anda miliki, yaitu melakukan sinkronisasi dengan alamat email Anda.

Dengan begitu, LinkedIn akan menyarankan orang yang berhubungan dengan Anda melalui alamat email atau kontak-kontak lainnya. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengembangkan jaringan yang Anda miliki.

4. Berikan atau Terima Rekomendasi dan Dukungan

Untuk memperluas jangkauan profesional Anda, LinkedIn memiliki fitur yang dapat Anda manfaatkan, yaitu orang-orang yang sudah terhubung dengan Anda dapat menuliskan ‘rekomendasi’ kepada profil Anda dan memberikan ‘dukungan’ dari kemampuan yang Anda miliki. Anda juga dapat melakukannya kepada teman-teman pengguna LinkedIn lainnya.

Tapi sebaiknya Anda mengetahui apa itu ‘rekomendasi’ dan ‘dukungan’. Rekomendasi adalah testimoni personal terhadap kemampuan profesional Anda. Anda bisa meminta bantuan kepada teman atau rekan kerja Anda utnuk menggambarkan kepribadian Anda saat bekerja. Seperti memberi tahu pencapaian Anda.

Sedangkan dukungan adalah penilaian yang diberi oleh teman Anda terhadap kemampuan tertentu. Misalnya rekan kerja Anda memberikan dukungan terhadap kemampuan Anda berbicara di depan umum, atau kemampuan SEO content writing, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membuat Anda lebih menonjol dibandingkan orang lain.

5. Buat Konten yang Menarik

Seperti jaringan sosial pada umumnya, Anda dapat membuat konten di LinkedIn. Tentunya, Anda harus memahami bahwa konten yang Anda buat tidak semerta-merta sama dengan membuat konten di jejaring sosial yang Anda ketahui. Di LinkedIn, pastikan konten yang akan Anda buat berhubungan dengan bisnis, bermanfaat dan informatif terkait bidang yang Anda tekuni.

Anda dapat membuat konten tersebut dengan beragam macam bentuk. Misalnya artikel, atau tulisan sederhana. Banyak orang juga menggunakan slide presentasi, video atau kumpulan infografik.

Dengan membuat konten yang menarik, Anda dapat membuat tempat diskusi bagi pengguna LinkedIn. Terlebih, Anda bisa jadi mendapatkan permintaan undangan untuk berkoneksi dengan profesional atau bahkan bisa jadi seseorang akan menawari Anda pekerjaan.

Demikianlah cara membuat akun LinkedIn Anda untuk meningkatkan karier dan memperluas jangkauan profesional Anda. Apakah ada langkah-langkah yang sudah Anda lakukan untuk mengembangkan personal branding Anda?

Selain langkah-langkah di atas, Anda bisa mempelajari akun-akun profesional yang sudah terkenal di LinkedIn. Atau Anda bisa mempelajari seputar LinkedIn untuk meningkatkan karier Anda. Jangan khawatir, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

 

Referensi:

https://www.mindtools.com/am8a1fv/how-to-use-linkedin-effectively [Accessed at 03 February 2023]

https://www.linkedin.com/business/sales/blog/profile-best-practices/17-steps-to-a-better-linkedin-profile-in-2017 [Accessed at 03 February 2023]

Muhammad Azka Rais