Cara Membuat LinkedIn Perusahaan, Saatnya Branding Company Anda!

cara membuat linkedin perusahaan

Selain untuk kebutuhan pencarian kerja, LinkedIn juga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Bagaimana cara membuat dan memaksimalkan akun LinkedIn perusahaan? Simak penjelasan berikut ini!

 

Salah satu situs yang sangat bermanfaat untuk kepentingan bisnis adalah LinkedIn. Di dalamnya orang-orang bisa melakukan apapun yang dapat menunjang kebutuhan berbisnisnya, seperti mencari kerja, orang-orang sales menjual produk dan mencari pelanggan, dan 800 juta pengguna akun LinkedIn yang terkoneksi untuk membangun hubungan profesional.

Tapi apakah Anda sudah tahu kalau LinkedIn tidak hanya bermanfaat untuk personal bisnis saja? LinkedIn bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun brand dan memimpin generasi B2B dan B2C di digital marketing.

Misalnya saja jika Anda ingin mencari kerja dan memperluas relasi, tentu Anda harus membangun personal branding yang baik.

Dengan LinkedIn, Anda dapat mencari karier goals yang diinginkan. Berbagai tipsnya pun sudah kami tuliskan pada artikel Meningkatkan Jenjang Karir dengan Mengoptimalkan Profil LinkedIn

Jika LinkedIn bisa membantu Anda membangun personal branding, hal ini juga dapat diimplementasikan di ranah yang lebih luas lagi, yaitu untuk organisasi, institusi atau perusahaan.

Dengan menggunakan fitur LinkedIn Company Page, Anda dapat membangun brand dari perusahaan, institusi atau organisasi Anda, kemudian bisa terkoneksi dengan berbagai macam audiens.

Selain itu, dengan membuat LinkedIn perusahaan Anda juga bisa membagikan berbagai kegiatan dan memperluas jangkauan. Hal ini akan membuat kredibilitas perusahaan Anda semakin meningkat.

Pengguna yang memilih untuk mengikuti halaman LinkedIn perusahaan Anda bisa menunjukkan minat pada perusahaan dan sektor industri yang Anda kelola.

 

Cara Membuat Akun LinkedIn Perusahaan

1. Klik ikon      di sudut kanan atas halaman utama LinkedIn

2. Gulir ke bawah dan klik                     

3. Pilih jenis Halaman: Perusahaan, Halaman Showcase, Lembaga Pendidikan

4. Masukkan informasi identitas Halaman, detail Perusahaan atau Lembaga dan detail Profil.

5. Centang kotak verifikasi untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki hak untuk bertindak atas nama perusahaan atau lembaga pendidikan

6. Klik tombol Buat Halaman

7. Klik Mulai kembangkan halaman Anda! Untuk melengkapi Halaman LinkedIn Anda

 

Segera tingkatkan kompetensi karyawan Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih optimal melalui  Ruangguru for Business![IDN] CTA Tengah 2 Blog Ruangkerja Pelatihan Efektif RGFB

 

Tips Membuat Akun LinkedIn Perusahaan Menarik

Untuk membuat akun LinkedIn perusahaan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Tentu saja untuk membangun brand perusahaan, Anda tidak hanya membuat akun saja.

Tapi Anda harus membuatnya terlihat lebih menarik agar orang-orang dapat mengenal perusahaan Anda. Berikut adalah tips membuat akun LinkedIn perusahaan agar terlihat lebih menarik:

1. Tulis deskripsi perusahaan Bagian “Tentang kami” 

Memperkenalkan perusahaan adalah langah pertama dalam membangun brand yang baik. Anda tentunya ingin perusahaan Anda dikenal oleh banyak orang, baik itu dari bagaimana perusahaan Anda dibangun, bergerak di bidang apa, dan lain sebagainya.

Untuk itu, tulislah latar belakang perusahaan Anda. Tulis latar belakang perusahaan meliputi nama, lokasi, produk atau jasa yang ditawarkan, visi dan misi perusahaan, serta kontak yang dapat dihubungi.

Anda juga dapat menceritakan sedikit sejarah perusahaan secara singkat, tahun berapa dibangun dan bagaimana prosesnya. Susun paragraf dengan kata-kata yang jelas dan padat, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.

Baca Juga: Cara Menggunakan LinkedIn untuk Memperluas Jangkauan Profesional Anda

 

2. Perbarui gambar profil dan spanduk perusahaan

Selain latar belakang perusahaan, foto atau gambar profil adalah hal pertama yang orang lihat ketika mencari perusahaan LinkedIn. Hal ini bisa dikatakan sebagai first impression orang-orang saat melihat perusahaan Anda.

Jadi pastikan gambar profil atau foto yang digunakan adalah logo perusahaan yang sudah didesain dengan baik dan menggambarkan perusahaan. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran dengan persyaratan yang ada di LinkedIn.

 

3. Bagikan lowongan pekerjaan yang lengkap dan akurat 

LinkedIn mencatat bahwa terdapat lebih dari 57 juta perusahaan yang terdaftar di LinkedIn dan terdapat lebih dari 15 juta lowongan pekerjaan yang dimuat melalui LinkedIn. Hal ini dilatar belakangi oleh perusahaan yang mencari karyawan serta jobseeker yang mencari lowongan pekerjaan.

Langkah selanjutnya untuk mengembangkan brand perusahaan Anda adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di tab “Pekerjaan” agar mudah diakses oleh pencari kerja. Selain itu gunakanlah kata kunci yang sesuai dengan lowongan yang tersedia agar dapat muncul di mesin pencari.

 

4. Bagikan pembaruan dan berita perusahaan

Jika perusahaan Anda membuka lowongan pekerjaan, Anda bisa membuat post mengenai lowongan pekerjaan. Namun, jika tidak, Anda tetap bisa membuat post untuk mengembangkan brand perusahaan.

Misalnya Anda meng-upadate tentang project perusahaan terbaru, produk terbaru, membuat post mengenai hard skill, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat beberapa post ini di tab Halamanmu.

Baca Juga: 10 Cara Membuat LinkedIn Post Perusahaan yang Menarik

 

5. Bangun sebuah komunitas

Setiap social network memberikan kemampuan untuk membuat sebuah komunitas, hal ini dilakukan tidak terkecuali oleh jejaring sosial LinkedIn. Halaman perusahaan adalah tempat yang ideal untuk membangun komunitas dari pengguna LinkedIn yang tertarik dengan bisnis, pembaruan dan lowongan pekerjaan di perusahaan Anda.

Di komunitas yang Anda buat untuk perusahaan, orang-orang dapat saling terkoneksi dan berkolaborasi terkait hal yang mereka sukai dari perusahaan Anda. Oleh sebab itu buatlah post yang berkaitan dengan pertanyaan menarik, informasi di balik layar, dan pembaruan yang unik untuk mengikat audiens Anda.

Demikianlah tata cara membuat akun LinkedIn perusahaan dan bagaimana cara membangun brand untuk perusahaan Anda melalui LinkedIn. Apakah ada langkah-langkah yang sudah Anda lakukan untuk mengembangkan akun perusahaan Anda?

Selain langkah-langkah di atas, Anda bisa mempelajari akun-akun perusahaan yang sudah terkenal di LinkedIn. Atau Anda bisa mempelajari seputar LinkedIn untuk meningkatkan bisnis yang Anda bangun.

Jika karyawan Anda belum memahami cara company branding melalui LinkedIn, ini saatnya untuk menginvestasikan masa depan perusahaan dengan melatih karyawan. Hubungi Ruangguru for Business sekarang!

[IDN] CTA Tengah 2 Blog Ruangkerja Pelatihan Efektif RGFB

 

Referensi:

https://blog.hootsuite.com/linkedin-company-page-business-guide/ [Accessed at 03 February 2023]

https://blog.hubspot.com/marketing/linkedin-company-pages [Accessed at 03 February 2023]

https://katadata.co.id/iftitah/berita/61724fc062d88/cara-membuat-linkedin-perusahaan-yang-menarik-dan-optimal [Accessed at 03 February 2023]

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/17292607/begini-cara-membuat-linkedin-untuk-perusahaan [Accessed at 03 February 2023]

https://www.linkedin.com/help/linkedin/answer/a542801/buat-halaman-linkedin?lang=in [Accessed at 03 February 2023]

 

Muhammad Azka Rais