Meningkatkan Jenjang Karir dengan Mengoptimalkan Profil LinkedIn

Muhammad Azka Rais Sep 26, 2022 • 6 min read


linkedin

Memasuki Industri 4.0 pelamaran kerja sudah memaksimalkan penggunaan sosial media, salah satunya LinkedIn. Bagaimana cara membuat profil linkedIn yang optimal? Simak selengkapnya di artikel ini!

- -

Saat ini kita sudah hidup di era industri 4.0, yang mengedepankan penggunaan teknologi yang canggih dan kekinian. Penggunaan teknologi ini hampir ada di seluruh aspek kehidupan, salah satu yang paling sering digunakan adalah untuk kepentingan profesional dan bisnis, seperti menggunakan media sosial LinkedIn sebagai alat untuk melamar pekerjaan dan mencari karyawan.

Namun, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara menggunakan LinkedIn dengan optimal agar dapat meningkatkan jenjang karir. Menganggapi hal tersebut, pada hari Senin, 22 Agustus 2022 ruangkerja mengadakan webinar dengan tema, “LinkedIn: How to Escalate Your Career Through Online Presence” bersama pemateri Irvandias Sanjaya S.Psi. CPC (Career Consultant and Coach).

Apa Pentingnya Punya LinkedIn?

Pada webinar tersebut, Irvan menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke dua di dunia setelah India, sebagai pengguna media sosial terbanyak. Baik itu untuk kepentingan pribadi, mulai dari pengguna Facebook, Instagram, Tiktok dan lain-lain, hingga untuk kepentingan profesional dan karir seperti LinkedIn.

Terdapat berbagai macam hal yang membuat media sosial LinkedIn sangat penting untuk dimiliki oleh jobseekers, karyawan kantor dan pemimpin perusahaan. Beberapa di antaranya adalah 9 dari 10 employer menggunakan LinkedIn untuk melakukan proses hiring.

Selain itu, menurut Irvan, LinkedIn memiliki berbagai macam hal yang membuatnya cocok digunakan sebagai kepentingan profesional. Seperti misalnya SEO friendly dan dikenali oleh Google, terfokus pada pengguna profesional, jangkauannya luas bahkan ke seluruh penjuru dunia, dan menjadi tempat branding profesional secara global. Dengan demikian, bagi Anda yang ingin meningkatkan dan mengembangkan jenjang karir Anda, penting untuk dapat memiliki LinkedIn dan membuatnya dengan optimal.

Namun, bisa jadi Anda bertanya-tanya, dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki media sosial untuk kepentingan profesional, apakah LinkedIn itu berbayar?

Yang menarik, sebagaimana media sosial lainnya, membuat profil LinkedIn tidak memungut biaya apapun. Oleh sebab itu, Irvan menyarankan agar memaksimalkan kesempatan ini.

Cara Agar Profil LinkedIn Terlihat Menarik

Irvan menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 30 juta pemimpin perusahaan aktif menggunakan LinkedIn, dengan lebih dari 20 juta peluang pekerjaan yang tersedia, dan 2.8 juta recruiter menggunakan LinkedIn untuk mencari calon karyawan setiap harinya, tentunya Anda ingin memiliki profil LinkedIn yang menonjol dan menarik. 

Dari sini mungkin Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut. Bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk fresh graduate? Bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk mahasiswa? Bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk karyawan yang sudah bekerja di bekerja di berbagai tempat dan memiliki banyak pengalaman? Apakah ada  perbedaan di antara ketiganya?

Untuk menjawab ketiganya, sebenarnya tidak ada teknik yang berbeda. Irvan mendapati bahwa ada lima tips dan trik yang bisa membuat profil LinkedIn Anda menonjol daripada yang lain, sehingga bisa menarik bagi recruiter, yaitu sebagai berikut:

linkedin

1. Buat profil LinkedIn yang sesuai.

Tidak hanya buat profil saja, tapi Ivan menghimbau untuk membuatnya sekarang. Anda mungkin bisa jadi berpendapat bahwa membuat profil LinkedIn bisa nanti saja, mengikuti jenjang karir Anda. Tetapi Anda tidak akan tahu, peluang pekerjaan apa saja yang mungkin Anda lewatkan, meskipun misalnya Anda baru saja lulus kuliah atau bahkan masih merupakan mahasiswa. Yang terpenting adalah membuat profil LinkedIn saat ini.

2. Pastikan Anda menggunakan foto, mengisi ringkasan (summary), pengalaman dan skill (keterampilan).

Recruiter tentu saja melihat ratusan bahkan mungkin ribuan pelamar yang akan melamar ke perusahaannya. Oleh sebab itu, penting jika foto yang Anda gunakan tidak buram (blur) dan semiformal, sopan dan terlihat menarik. Mengisi ringkasan, agar recruiter dapat mengetahui Anda merupakan seseorang yang sudah bekerja sebelumnya atau belum dan minat Anda, sehingga recruiter dapat menyesuaikan proses hiring sesuai dengan kebutuhan posisi yang terbuka. Lalu mengisi pengalaman dan skill

Perlu Anda garis bawahi, Anda tidak perlu menunggu untuk bekerja selama beberapa tahun untuk menulis kolom pengalaman dan skill. Meskipun Anda seorang mahasiswa, Anda dapat menuliskan pengalaman Anda berorganisasi, atau riset, dan menceritakannya dengan informasi yang jelas terkait apa yang Anda lakukan. Maka recruiter dapat mengetahui, bahwa meskipun Anda belum memiliki pengalaman bekerja, tetapi Anda bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dengan pengalaman Anda di kegiatan-kegiatan dan kemampuan yang Anda miliki selama kuliah.

3. Tambah koneksi agar networking semakin luas.

Sebagaimana yang sudah Anda ketahui sebelumnya, LinkedIn dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang memiliki kepentingan profesional di ujung dunia. Dengan begitu, perluaslah networking Anda. Semakin Anda banyak memiliki koneksi, maka Anda akan semakinterbantu dalam mengembangkan karir Anda.

 

4. Follow akun influencer, companies atau page sesuai minat Anda.

Jika Anda memiliki minat di suatu bidang, kemungkinan besar Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bidang yang Anda minati. Anda tentunya akan mendapatkan berbagai macam informasi yang menguntungkan dengan mengikuti akun-akun influencer, perusahaan dan halaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Selalu review profil Anda secara berkala.

Untuk mengembangkan karir, terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan. Seperti mengikuti webinar, pelatihan, dan lain-lain. Ketika Anda selesai melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, kemampuan yang Anda miliki akan berkembang. Maka, lakukanlah review dan edit secara berkala agar recruiter dan orang-orang yang sudah Anda follow dapat mengikuti perkembangan Anda, sehingga profil LinkedIn yang Anda miliki akan terus menonjol dan menarik.

Demikianlah pemaparan yang disampaikan oleh Ivan dalam webinar ruangkerja. Perlu Anda ingat bahwa kesempatan untuk perkembangan karir akan selalu ada. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memiliki profil LinkedIn yang sudah dibuat dengan mengikuti langkah-langkah yang disampaikan oleh Ivan. Apabila Anda tertarik untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap dan rinci, Anda dapat mengakses video lengkapnya melalui Webinar: LinkedIn: How to Escalate Your Career Through Online Presence.

linkedin

Agar Anda dapat terus mengembangkan karir, Anda bisa mempelajari skill yang baru dan dibutuhkan oleh perusahaan. Jangan khawatir, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.

Beri Komentar