Strategi Penguatan HR Menghadapi Situasi Kompetitif Bisnis Masa Depan

Muhammad Azka Rais Nov 11, 2022 • 7 min read


strategi penguatan HR

Memasuki era digital terdapat banyak perubahan yang dialami oleh bisnis salah satu pihak perusahaan yang terkena pengaruh adalah HR. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang baik oleh HR untuk menghadapi situasi bisnis di masa depan. Mari simak penjelasannya!

- -

Era digital atau era industri 4.0 memberikan banyak perubahan dalam hidup kita, tanpa terkecuali dalam dunia bisnis. Misalnya saja dulu ketika bekerja harus selalu hadir di kantor. Tapi begitu memasuki pandemi Covid-19 dan berlanjut ke era digital, banyak perusahaan sudah menerapkan work from home (WFO) atau work from anywhere (WFA).

Jika dilihat dari sebelah mata, perubahan tempat ini tidak berdampak banyak. Namun jika diperdalam, hal ini berpengaruh besar terhadap lingkungan bekerja. Seperti penggunaan teknologi yang lebih maju, membutuhkan kemampuan-kemampuan baru, dan lain-lain. Sehingga hal ini memberi konflik besar yang harus dihadapi oleh seluruh pihak yang terkait dalam dunia bisnis, salah satunya HR.

Menimbang hal tersebut, ruangkerja melakukan webinar pada hari Selasa 25 Oktober dengan tema: “Strengthening HR To Face Competitiveness In Future Of Business” bersama pemateri Heriyanto Agung Putra, Human Capital Director.

 

Masa Depan Bisnis

Seiring berkembangnya zaman, dunia bisnis turut semakin maju. Sayangnya, tidak hanya itu saja yang muncul, tetapi tantangan yang harus dihadapi semakin besar. Seperti volatilitas atau ketidakpastian dalam bisnis menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui seperti apa saja tantangan HR di bisnis masa depan agar bisa mendapat gambaran akan apa yang harus dihadapi.

 

Tantangan HR di Bisnis Masa Depan

Heriyanto menyebutkan dalam pemateriannya bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi tantangan HR di bisnis masa depan. Seperti penggabungan cara perusahaan bekerja, misalnya WFA dan WFH. Lalu bagaimana ekspektasi dari stakeholder semakin berubah dan semakin meninggi. 

Adanya ruang berkembang yang dinamis bagi para pekerja; ingin bekerja tidak hanya di satu bidang saja tetapi setelah beberapa saat ingin mengembangkan diri mereka. Selain itu, Heriyanto menyampaikan terdapat juga penggunaan teknologi dan otomasi di dunia kerja akan menjadi tantangan HR di bisnis masa depan serta lingkungan kerja yang lebih cepat atau faster pace of business.

 

Tren HR di Bisnis Masa Depan

Terdapat 4 hal yang menjadi tren HR di bisnis masa depan yang disampaikan oleh Heriyanto, yakni sebagai berikut:

  1. Upskilling & Reskilling
  2. New Era of Leadership
  3. Top talent Management
  4. Employee wellbeing

 

Kemampuan Untuk Bisnis Masa Depan

Untuk menghadapi berbagai macam perubahan di bisnis masa depan dibutuhkan beberapa kemampuan yang sesuai dengan hal tersebut. Heriyanto merangkumnya dalam 10 kemampuan, yakni sebagai berikut:

Top 10 Kemampuan yang Menunjang untuk Bisnis Masa Depan

  1. Berpikir analisis dan inovasi
  2. Pembelajaran aktif dan pembelajaran strategi
  3. Penyelesaian masalah kompleks
  4. Berpikir kritis dan analisis
  5. Berpikir kreatif, orisinalitas dan mampu mempengaruhi orang lain
  6. Memimpin dan memengaruhi lingkungan sosial
  7. Penggunaan, pengawasan dan pengontrolan teknologi
  8. Desain teknologi dan pembiatan probram
  9. Daya tahan, stres, toleransi dan fleksibilitas dalam bekerja
  10. Bernalar, penyelesaian masalah dan pembuatan ide

 

Kemampuan yang DIbutuhkan untuk Learning Agility

Menurut Heriyanto dalam menghadapi ketidakpastian bisnis di masa depan, dibutuhkan kemauan untuk belajar dengan gesit berbagai hal yang menunjangnya. Namun, dibutuhkan juga beberapa kemampuan dalam mendukung kemauan belajar dengan gesit (learning agility), yaitu sebagai berikut:

  1. Berpikir kritis
  2. Berkolaborasi
  3. Berpikir kreatif
  4. Berkomunikasi

Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dan belajar kemampuan baru melalui berbagai macam pelatihan. Perlu diingat, jangan sampai Anda tidak mengikuti pelatihan yang diberikan oleh expert dari ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk lebih lanjut.

Pelatihan dengan expert

 

Strategi Menghadapi Situasi Kompetitif Bisnis di Masa Depan

5 Pertanyaan Penting dalam Menentukan Langkah Karir di Selanjutnya

Di situasi bisnis kompetitif bisnis di masa depan tentunya akan memiliki ketidak pastian di dalamnya. Sehingga, baik seorang pemimpin perusahaan atau seorang karyawan sebaiknya memiliki rencana akan keputusan dalam karir mereka selanjutnya. Heriyanto menyebutkan terdapat lima hal penting yang harus mereka jawab untuk memiliki bekal yang baik sebelum memutuskan jalan karir mereka.

  1. Bagaimana kepuasan saya dalam bekerja? Yaitu menemukan makna dan tujuan dalam pekerjaan Anda.
  2. Bagaimana saya belajar dan berkembang? Buatlah daftar keberhasilan di bidang Anda.
  3. Apakah saya berjalan ke arah yang benar? Perhatikan dan beri nilai secara berkala di mana Anda sekarang berada.
  4. Hal apa yang harus saya tanam sejak seakrang? Miliki bayangan akan tiga sampai lima tahun ke depan mengenai rencana karir anda.
  5. Hubungan apa yang harus saya bangun? Yaitu kepada orang-orang yang mendukung tujuan jangka pendek, menengan dan panjang Anda.

 

Area Penting yang Dibutuhkan Perusahaan untuk Membangun Ketenagakerjaan yang Gesit

Heriyanto menyebutkan terdapat tiga area penting yang dibutuhkan perusahaan dalam membangun ketenagaan kerja yang gesit agar bisa menghadapi situasi bisnis di masa depa. Berikut adalah tiga area tersebut:

  1. Berikan wasasan yang lebih dalam kepada semua tingkat kepemimpinan mengenai karyawan mereka.
  2. Beri dukungan strategi perekrutan dan mobilitas karier yang beragam dan inklusif.
  3. Tingkatkan hasil dengan menciptakan konsistensi di seluruh keputusan bakat.

Demikianlah pemaparan yang disampaikan oleh Heriyanto mengenai strategi penguatan HR dalam menghadapi situasi kompetitif bisnis di masa depan. Hal ini dikarenakan situasi di masa depan tidak dapat terprediksi dan dapat berubah-ubah. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang baik untuk menghadapinya.

Apabila Anda tertarik untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap dan lebih rinci, Anda dapat mengakses video lengkapnya melalui webinar: Strengthening HR To Face Competitiveness In Future Of Business.

strategi penguatan HR

Agar perusahaan dan karir Anda matang, Anda dapat memberikan pelatihan kepada karyawan Anda, atau mengikuti pelatihan itu sendiri. Jangan khawatir, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.

Beri Komentar