Mengenal Proses Problem Solving di Dunia Kerja untuk Mengasah Kompetensi

Vindiasari Yunizha Mei 4, 2022 • 8 min read


Problem solving di Dunia Kerja

Melatih problem solving atau memecahkan masalah dapat menunjukkan mengasah beberapa keterampilan dan meningkatkan profesionalitas seseorang dalam pekerjaan. 

--

Dalam proses bekerja, masalah kerap menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Permasalahan yang ada membutuhkan solusi atau pemecahan masalah. Hal tersebut menjadi pertarungan pikiran dan argumen di mana proses penyelesaian masalah diharapkan secara efektif dan efisien.

Seorang manajer atau project leader dapat memecahkan masalah untuk klien dan anggota timnya, sementara anggota tim atau individu dapat memecahkan masalah untuk diri mereka atau rekan kerja. Oleh karena itu, penting bagi setiap karyawan memiliki kemampuan untuk memahami proses pemecahan masalah dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan tersebut akan membantu Anda dalam proses meniti karier ke jenjang manajerial yang lebih baik.

Pengertian Problem Solving 

Pemecahan masalah adalah sebuah soft skill mengenai proses untuk memahami tantangan dalam bekerja untuk menemukan solusi yang efektif. Tergantung pada jenis dan kompleksitas masalahnya, pemecahan masalah tersebut mungkin melibatkan penggunaan kemampuan yang menantang, seperti perhitungan khusus atau menguji keterampilan berpikir kritis seseorang.

Ketika pemimpin berbicara tentang pemecahan masalah, mereka biasanya mencoba mengukur kemampuan dan keterampilan tim untuk menghadapi situasi sulit dan masalah bisnis yang rumit untuk membuat solusi dari permasalahan yang paling tepat. Hampir semua pengusaha menghargai keterampilan pemecahan masalah dan berusaha untuk memiliki karyawan dengan sifat-sifat ini untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam fungsi sehari-hari perusahaan.

Mengapa Problem Solving Diperlukan Bagi Perusahaan?

Perusahaan memerlukan karyawan atau pemimpin yang memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Pasalnya, proses tersebut efektif untuk dapat mengasah kemampuan berpikir kritis (critical thinking). Dengan begitu, keputusan yang diambil dapat lebih efektif dan produktivitas meningkat. Proses pemecahan masalah memainkan peran kunci dalam kehidupan berorganisasi di perusahaan.

Sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan tersebut pada karyawan melalui pelatihan sama halnya berinvestasi dalam keberlanjutan dan pengembangan perusahaan. Pelatihan tersebut dapat memudahkan tim dalam menyelesaikan masalah dalam waktu singkat dan efektif.

Jika kompetensi karyawan berkembang, tentunya akan memberikan dampak positif pada orang lain atau bahkan memberikan profit pada perusahaan. Bukan hanya itu, dengan memiliki kualitas kerja yang baik, kepercayaan dan citra klien atau mitra lain akan semakin meningkat. Dengan demikian, bagus untuk meningkatkan kemampuan ini.

 

Tahapan Proses Problem Solving

enyelesaikan masalah dan mencari solusi adalah bentuk dari proses pemecahan masalah. Keterampilan tersebut sangat berharga bagi setiap orang karena membutuhkan pemikiran dan konsentrasi yang fokus. Anda bisa menggunakan tahapan pemecahan masalah (problem solving) yang dijabarkan sebagai berikut:

 

Tahapan Problem Solving

 

1. Mendefinisikan masalah (Define the problem)

Mulai dari menganalisis masalah memerlukan ketelitian dan kecermatan. Masalah yang terlihat sederhana, jika dianalisis secara mendalam, maka Anda bisa saja melihatnya menjadi masalah yang kompleks. Coba untuk lakukan identifikasi masalah yang sedang dihadapi dalam keseharian, tahap ini dilakukan untuk memahami bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Dalam proses pemecahan masalah perlu adanya akurasi. Untuk mendapatkan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya:

  1. bedakan opini dan fakta
  2. tentukan proses penyebab masalah itu ada
  3. menganalisis kebijakan dan prosedur perusahaan
  4. diskusikan dengan anggota tim yang terlibat untuk mengumpulkan lebih banyak informasi
  5. definisikan masalah dalam istilah tertentu
  6. kumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah

2. Mencari alternatif solusi atau pemecahan masalah 

Salah satu cara memecahkan suatu masalah adalah dengan melakukan brainstorming. Cobalah untuk pertimbangkan setiap aspek yang dapat memperlambat proses penyelesaian masalah yang ada. Pastikan ide yang dihasilkan konsisten dengan tujuan dan sasaran yang relevan. Tak lupa periksa bahwa setiap orang berpartisipasi dalam proses pembuatan ide. Bedakan antara alternatif jangka pendek dan jangka panjang. Tuliskan semua solusi yang diusulkan.

3. Mengevaluasi solusi

Setelah memiliki daftar alternatif, kini mengevaluasinya. Pertimbangkan konsekuensi positif dan negatif dari setiap alternatif yang ditentukan pada langkah sebelumnya. Menganalisis dan membandingkan semua alternatif dalam hal sumberdaya yang diperlukan untuk pelaksanaannya, termasuk waktu, data, personel dan anggaran.

4. Memilih solusi atau pemecahan masalah

Dalam mencari solusi perlu dipertimbangkan dengan matang beberapa topik, misalnya apakah solusi yang dipiliha akan memecahkan masalah dengan lancar tanpa menciptakan masalah baru? Apakah solusi dapat diterima oleh semua orang yang terlibat? Apakah solusi praktis untuk dilakukan? Apakah solusi sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku?

5. Mengimplementasikan pilihan solusi

Dalam mengimplementasikan pemecahan masalah ada beberapa alur yang sebaiknya dilakukan dalam tahapan implementasi, antara lain:

  1. Membangun rencana aksi (action plan) terhadap solusi yang terpilih
  2. Buat objektif dan pisahkan dalam beberapa penilaian yang terukur untuk mencapai target
  3. Buat jadwal atau timeline dalam menjalankan pemecahan solusi agar dapat terukur
  4. Komunikasikan hal-hal di atas kepada tim agar pelaksanaan berjalan lancar
  5. Terbuka terhadap masukan selama proses implementasi berlangsung

6. Monitoring perkembangan dan buat penyesuaian 

Setelah menjalakan pemecahan masalah, jangan lupa untuk melakukan monitoring dan melihat perkembangan dari keputusan yang telah diambil. Dapatkan feedback atau umpan balik untuk terus memperbaiki masalah yang bisa saja muncul setelahnya.

 

Keterampilan yang Terasah dalam Pelatihan Problem Solving

Melatih kemampuan dalam memecahkan masalah adalah bagian penting untuk pengembangkan kapasitas. Akan ada banyak keterampilan yang terasah seiring proses pelatihan problem solving. Apa saja? Berikut beberapa keterampilan yang akan terasah ketika mengikuti pelatihan problem solving:

1. Kemampuan mendengar (listening)

Mendengarkan secara aktif membantu Anda mengumpulkan informasi berharga untuk pemecahan masalah. Pemecah masalah yang baik dapat mengidentifikasi semua orang yang terlibat, mendorong mereka untuk terlibat dan secara aktif mendengarkan pendapat yang berbeda untuk memahami masalah, akar masalahnya, dan solusi yang dapat diterapkan.

2. Pemikiran kritis (analytical thinking)

Pemikiran analitis membantu untuk memahami masalah dan penyebabnya. Kemampuan membangun sebab dan akibat sangat penting dan berkaitan dalam mengantisipasi efek jangka panjang dari suatu tindakan. Kemampuan analisis ini memberikan efektivitas solusi.

3. Berpikir Kreatif (Creative Thinking)

Pemecahan masalah mengharuskan seseorang untuk menciptakan keseimbangan antara logika dan kreativitas. Kreativitas dapat menuntun untuk menemukan penyebab masalah. Hal ini juga membutuhkan kreativitas untuk mengembangkan solusi inovatif. Orang-orang kreatif membawa perspektif unik dan memberikan arah baru bagi perusahaan.

4. Komunikasi (communication)

Dalam proses pemecahan masalah, penyampaian pendapat atau pemaparan sebuah masalah atau solusi pasti memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi efektif yang dimaksud bisa dalam bentuk lisan maupun tertulis. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi atau Communication Skill Bagi Pemimpin 

5. Kerjasama tim (teamwork)

Dalam proses pemecahan masalah pastinya melibatkan kerja tim. Ada proses diskusi atau bertukar pikiran untuk mengumpulkan berbagai pendapat dan pandangan seseorang terhadap sebuah masalah. Selanjutnya tim akan menentukan solusi terbaik dari proses kerjasama tersebut.

6. Pengambilan keputusan (decision making) 

Seseorang harus dapat memutuskan metode apa yang harus digunakan untuk mengidentifikasi masalah, solusi mana yang harus diambil dan bagaimana mengimplementasikan solusi tersebut. Hampir setiap tahap pemecahan masalah mengharuskan seseorang membuat keputusan.

Selain itu, kemampuan memecahkan masalah menjadi cerminan profesionalitas seseorang. Dalam jangka panjang, perusahaan yang menggunakan pelatihan pemecahan masalah akan memungkinkan karyawan mereka untuk secara efisien dan produktif mengelola setiap interaksi internal atau eksternal dengan profesionalisme yang hanya akan menguntungkan bisnis secara keseluruhan.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan keterampilan proses pemecahan masalah di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

 

Pelatihan Karyawan ruangkerja

 

Sumber: 

Harrison-Mirauer, Victoria. 2020. Agile Thinking and Creative Problem-solving in Times of Disruption [online]. Link:  https://trainingindustry.com/articles/strategy-alignment-and-planning/agile-thinking-and-creative-problem-solving-in-times-of-disruption/ (Accessed: 1 April 2022)

Stinnett, William. 2012. How to Solve the Wrong Problem: A Step-By-Step Guide for Leaders [online]. Link: https://trainingindustry.com/articles/leadership/how-to-solve-the-wrong-problem-a-step-by-step-guide-for-leaders/ (Accessed: 1 April 2022)

ASQ. 2020. WHAT IS PROBLEM SOLVING? [online]. Link: https://asq.org/quality-resources/problem-solving (Accessed: 1 April 2022)

Knowledge City. 2020. 5 Steps to Make your Problem-Solving Process Easier [online]. LInk: https://www.knowledgecity.com/blog/5-steps-to-make-your-problem-solving-process-easier/ (Accessed: 1 April 2022)

Editorial Team. 2021. Effective Problem-Solving Steps in the Workplace [online]. Link: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/effective-problem-solving-steps (Accessed: 1 April 2022)

Leanscape. 2021. Problem Solving is a Must Have In The Workplace, Here is Why [online]. Link: https://leanscape.io/team-work-solve-business-problem-solving/ (Accessed: 1 April 2022).

 

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar