Pelatihan Efektif untuk UMKM agar Siap di Segala Kondisi

Devi Lianovanda Des 3, 2020 • 2 min read


RK_-_Pelatihan_Efektif_untuk_UMKM_agar_Siap_di_Segala_Kondisi-01

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia, karena mampu meningkatkan pendapatan rakyat, menurunkan angka kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran, dan menyumbang devisa negara. Dalam skala nasional, UMKM telah berkontribusi menyumbang sebesar 60,3% terhadap total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM juga menyerap sebesar 97% tenaga kerja

Saat ini ada sebanyak 64,2 juta unit UMKM di Indonesia. Angka yang tidak sedikit dan patut diapresiasi. Namun sayangnya, dari 64 juta UMKM, baru sekitar 8 juta atau sekitar 13% yang mampu memasuki ekosistem digital.

UMKM menjadi salah satu yang terkena dampak Covid-19. Akibat pandemi Covid-19, sebanyak 30 juta atau 48,6% pelaku UMKM terpaksa gulung tikar karena terbatasnya aktivitas dan menurunnya jumlah permintaan. Namun Kemenkop UKM menjelaskan bahwa, selama masa pandemi masih ada UMKM yang berhasil bertahan yaitu mereka yang telah memasuki ekosistem digital.

UMKM perlu mendapatkan pelatihan untuk memasuki ekosistem digital (Sumber: freepik odau)UMKM perlu memasuki ekosistem digital agar mampu bersaing dan bertahan (Sumber: freepik odau)

UMKM perlu mendapatkan pelatihan agar dapat memasuki dan bersaing dalam ekosistem digital. Semakin banyak UMKM yang berhasil memasuki ekosistem digital, maka akan semakin banyak pula UMKM yang mampu bersaing dan bertahan di tengah kondisi apapun seperti misalnya pandemi yang sedang terjadi saat ini.

Mengingat kasus Covid-19 tak kunjung surut, pelatihan UMKM secara online merupakan solusi yang tepat. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi telah memudahkan masyarakat sehingga pelatihan UMKM kini dapat dilakukan secara online. Selain mengurangi rantai penyebaran virus, pelatihan online juga dapat diakses kapanpun sehingga tidak mengganggu produktivitas pelaku UMKM. Dengan pelatihan digital, pelaku UMKM yang sedang didorong menuju ekosistem digital akan terlatih menggunakan teknologi.

Aplikasi ruangkerja adalah salah satu unit bisnis Ruangguru yang fokus pada penyediaan platform pelatihan secara digital dan mobile yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Pelatihan dengan ruangkerja memberikan banyak benefit, seperti:

  • Materi pelatihan dapat diakses tanpa batasan waktu dan tempat

Aplikasi ruangkerja memberi akses materi pelatihan tanpa batasan waktu dan tempat kepada peserta pelatihan. Peserta dapat mengakses materi pelatihan dalam kondisi ternyaman dan tidak mengganggu produktivitas pelaku UMKM. 

  • Memberikan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis

Pembelajaran terstruktur dalam mobile learning ruangkerja dan materi yang berkualitas mampu meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan. Pendekatan gaya belajar juga disesuaikan dengan kebutuhan mobile learning dan pelaku UMKM yang sibuk.  

  • Memberikan data dan hasil pelatihan dengan cepat

Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan secara langsung data terbaru terkait jalannya pelatihan dan hasil pelatihan setiap peserta.

Hanya dengan satu platform, perusahaan dapat memeroleh berbagai keuntungan tersebut tanpa harus memusingkan jarak untuk memberikan pelatihan kepada UMKM yang berada di mana pun di Indonesia. 

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar