Meningkatkan Efektivitas Pelatihan Karyawan melalui Konten Pembelajaran Digital

Meningkatkan Efektivitas Pelatihan Karyawan melalui Konten Pembelajaran Digital

Apakah konten pembelajaran digital dapat meningkatkan efektivitas dalam pelatihan karyawan?  Simak ulasannya pada artikel berikut ini!

Di era digital seperti sekarang, pemanfaatan konten-konten pembelajaran digital merupakan hal yang patut dicoba bagi perusahaan, salah satunya dalam pelatihan karyawan. 

Lalu, apa keunggulan konten pembelajaran digital tersebut bagi perusahaan dan karyawan yang menggunakannya?

Dengan memahami keunggulan dan cara kerja dari konten pembelajaran digital, Anda dapat memutuskan dengan bijak terkait penggunaannya untuk pelatihan karyawan. 

 

Keunggulan Konten Pembelajaran Digital

Secara garis besar, konten pembelajaran digital dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, motivasi, dan partisipasi karyawan atau anggota. 

Peningkatan keterampilan komunikasi

Konten pembelajaran digital merupakan sarana yang tepat dalam perbaikan keterampilan komunikasi di perusahaan atau organisasi. Hal ini karena pembelajaran digital mampu mempermudah akses ke berbagai metode pembelajaran yang dirancang khusus untuk mengasah keterampilan berbicara, menulis, dan berinteraksi dengan efektif. 

Dalam konteks pelatihan komunikasi, perusahaan dan organisasi dapat menyediakan kursus daring, webinar, dan modul interaktif yang mengajarkan prinsip-prinsip komunikasi bagi para karyawannya. 

Selain itu, konten pembelajaran digital juga mampu mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih spesifik dan praktis. Caranya adalah dengan menggunakan platform pembelajaran daring.  

Dalam platform tersebut, karyawan dapat mengakses pelatihan dalam presentasi visual yang mencakup penggunaan alat bantu seperti slide presentasi dan grafik. Karyawan juga dapat mempelajari lebih dalam tentang komunikasi bisnis yang memungkinkan mereka mampu menulis email yang efektif, mengelola pertemuan, atau berkomunikasi secara efisien dalam tim virtual. 

Penjelasan di atas secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu karyawan mengembangkan keterampilan komunikasi yang relevan dengan pekerjaan mereka, serta meningkatkan kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan klien. 

Peningkatan motivasi

Dengan menyediakan akses ke berbagai jenis materi pembelajaran lewat konten pembelajaran digital, perusahaan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan. 

Misalnya, konten interaktif, video, atau simulasi yang dapat membuat pengalaman belajar lebih menarik. Dampak baiknya adalah, pengalaman belajar tersebut dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk belajar, dan tentunya memotivasi karyawan untuk terus bertumbuh bagi dirinya sendiri maupun perusahaan. 

Partisipasi karyawan 

Partisipasi karyawan secara tidak langsung juga dapat ditingkatkan melalui konten pembelajaran digital. Perusahaan dapat menggunakan platform pembelajaran digital untuk memfasilitasi diskusi, kolaborasi, dan berbagai pengetahuan di antara karyawan  di perusahaan tersebut. 

Jika hal ini dapat berjalan dengan efektif, maka sangat mungkin jika akan tercipta komunitas belajar yang kuat di dalam organisasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan partisipasi dan pertukaran ide. 

Kemudian, seperti apa contoh dari tren konten pembelajaran digital?

Baca Juga: Analisis SWOT Perusahaan: Teknik Menggali Potensi, Tantangan, dan Keunggulan Kompetitif Bisnis

 

Tren Konten Pembelajaran Digital

Dalam konten pembelajaran digital, terdapat beberapa tren yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran tersebut. Misalnya seperti penggunaan gamification atau gamifikasi, microlearning, dan storytelling. 

Gamification

Gamification adalah pendekatan yang menggunakan elemen-elemen desain game dalam konteks permainan yang dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan keterlibatan karyawan. 

Dalam konten pembelajaran digital, gamification merupakan cara yang efektif dalam pemberian materi karena didalamnya menerapkan unsur-unsur seperti poin, level, tantangan, penghargaan atau reward, dan kompetisi. 

Tujuan utama dari gamification adalah mendorong individu untuk berpartisipasi lebih aktif dan terlibat dalam aktivitas yang mungkin dianggap kurang menarik atau kurang memotivasi oleh karyawan. 

Contoh umum dalam penggunaan gamification adalah penggunaan sistem poin atau badge dalam platform pembelajaran online. Fungsinya adalah mendorong karyawan menyelesaikan tugas dan modul pembelajaran. 

Microlearning

Microlearning adalah metode pembelajaran yang berfokus pada penyampaian informasi secara singkat dan mudah dicerna. Dalam microlearning, materi pembelajaran disajikan dalam bentuk modul pendek, video singkat, infografis, atau kuis yang dapat diakses dengan cepat. 

Pendekatan ini bertujuan memberikan informasi yang relevan dan terfokus dalam waktu singkat, sehingga memungkinkan karyawan untuk belajar dengan lebih efisien dan efektif. 

Storytelling

Dalam konten pembelajaran digital, storytelling mengacu pada penggunaan cerita atau narasi untuk menyampaikan informasi, konsep, atau materi pelajaran kepada karyawan. 

Storytelling melibatkan elemen-elemen seperti karakter, plot, konflik, dan resolusi untuk menjadikan materi pembelajaran lebih menarik, relevan, dan mudah dipahami.  Storytelling juga dapat membantu karyawan terlibat secara emosional sehingga membuat mereka lebih terfokus pada materi yang disajikan. 

Contoh penerapan storytelling dalam konten pembelajaran digital dapat diterapkan lewat video animasi yang mengikuti perjalanan seorang karakter dalam menyelesaikan tugas yang relevan dengan topik pembelajaran. 

Alternatif lainnya, video animasi tersebut dapat dibuat menjadi cerita interaktif di mana karyawan harus mengambil keputusan yang mempengaruhi alur cerita, yang dampaknya adalah pemahaman karyawan tentang topik yang sedang dipelajari.

Ketiga contoh tren konten pembelajaran digital tersebut dapat difasilitasi oleh KAMI Creative sebagai sebuah production house yang berpengalaman dalam pembuatan konten belajar digital. 

Bagaimana KAMI Creative membantu perusahaan atau organisasi dalam membuat konten pembelajaran digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan? 

 

KAMI Creative dalam Pembuatan Konten Belajar Digital

KAMI Creative sebagai sebuah production house memiliki pendekatan untuk  membantu perusahaan atau organisasi dalam membuat konten pembelajaran digital yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan mereka, serta mengukur efektivitas dan dampaknya bagi perusahaan.

Secara garis besar, berikut langkah-langkah yang dilakukan oleh KAMI Creative dalam pembuatan konten belajar digital bagi perusahaan.

Konsultasi Awal

KAMI Creative akan memulai dengan melakukan konsultasi mendalam dengan perusahaan atau organisasi agar memahami tujuan pembelajaran, target audiens, dan tantangan yang dihadapi. Hal tersebut turut mencakup pemahaman yang mendalam tentang apa yang ingin perusahaan capai melalui konten pembelajaran digital 

Desain Instruksional

Tim KAMI Creative akan membuat desain untuk merancang struktur konten pembelajaran yang efektif, termasuk dalam identifikasi objektif pembelajaran dan menentukan metode pengajaran yang paling cocok. 

Pengembangan Konten

Setelah merancang desain instruksional, KAMI Creative akan mulai mengembangkan konten pembelajaran digital yang sesuai, mulai dari pembuatan video pembelajaran, modul interaktif, infografis, atau konten multimedia lainnya. 

Integrasi Teknologi

Tim KAMI Creative akan memastikan bahwa konten tersebut dapat diintegrasikan dengan platform pembelajaran digital yang relevan atau sistem pembelajaran (LMS) yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Hal ini memungkinkan peserta didik mengakses dan mengevaluasi konten dengan mudah. 

Uji Coba dan Evaluasi

Tim KAMI Creative akan melakukan uji coba dan quality control untuk memastikan bahwa konten yang dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Analisis  dan Pelaporan

Tim KAMI Creative akan menggunakan data dan analisis untuk mengukur efektivitas konten pembelajaran digital yang dikonsultasikan dengan perusahaan. 

Melalui beberapa pendekatan di atas, KAMI Creative dapat memberikan solusi pembelajaran digital yang terintegrasi, sesuai, dan dapat diukur yang membantu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan pembelajaran mereka dengan lebih efektif dan efisien. 

KAMI Creative Ruangkerja

Sumber Gambar:

Freepik. Medium shot man video call [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/medium-shot-man-video-call_13545821.htm#query=employee%20using%20laptop&position=0&from_view=search&track=ais (Diakses: 4 Oktober 2023 2023)

Laras Sekar Seruni