Manajer SDM: Fungsi, Tugas, Kompetensi, dan Wewenangnya
Jika Anda tertarik mengejar karier di bidang SDM, mari pelajari terlebih dahulu apa saja kompetensi yang diperlukan untuk bisa mencapai posisi manajer melalui artikel ini.
—
Salah satu aset paling berharga dari sebuah organisasi atau perusahaan adalah SDM atau sumber daya manusianya. Maka dari itu, terdapat posisi manajer HRD beserta timnya yang bertanggung jawab untuk mengelola SDM tersebut.
Di Indonesia sendiri, kesempatan berkarier sebagai manajer HRD masih cukup terbuka luas. Sebab, posisi ini hampir mencakup semua bidang atau industri.
Di artikel ini, Anda dapat menyimak berbagai fungsi, tugas, dan kompetensi apa saja yang diemban oleh seorang manajer SDM.
Apa itu Manajer SDM?
Manajer SDM adalah individu yang mengawasi segala aktivitas manajemen sumber daya manusia dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Seseorang yang memiliki kedudukan ini memainkan peran strategis dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis melalui pengelolaan tenaga kerja yang efektif dan efisien.
Seorang HR manager harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Pasalnya, ia merupakan ujung tombak perusahaan yang dapat mendorong terciptanya lingkungan kerja positif dan juga produktif.
Tugas & Job Description Manajer SDM
Tugas manajer SDM dapat dipengaruhi oleh skala dari perusahaannya itu sendiri. Misal, manajer SDM di perusahaan kecil mungkin harus bertanggung jawab secara langsung atas semua aspek rekrutmen dan seleksi, termasuk menulis iklan lowongan pekerjaan, melakukan wawancara, dan menangani proses perekrutan.
Sementara itu, di perusahaan besar, manajer HRD bisa jadi lebih fokus pada proses koordinasi tim rekrutmen serta merancang strategi rekrutmen dalam jangka panjang.
Namun, secara umum, berikut ini beberapa job description manajer SDM yang biasa diterapkan di berbagai perusahaan:
1. Rekrutmen dan Seleksi
- Bertanggung jawab atas seluruh proses rekrutmen dan seleksi karyawan, mulai dari menulis lowongan kerja hingga menyeleksi kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
- Melakukan wawancara kandidat, mengevaluasi kecocokan kualifikasi dan budaya perusahaan, serta memastikan transparansi dan keadilan dalam proses seleksi.
Baca Juga: Mengenal Cara Orientasi Karyawan Baru untuk Hasilkan SDM Berkualitas
2. Pelatihan dan Pengembangan
- Merancang dan mengimplementasikan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, dan memberi ruang dalam pengembangan karir mereka.
- Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan individu dan tim, menentukan metode pelatihan yang efektif, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kinerja.
3. Manajemen Kinerja
- Menetapkan standar kinerja, mengelola siklus evaluasi kinerja, memberikan feedback kepada karyawan, kemudian merancang dan melaksanakan rencana pengembangan kinerja.
- Mengkoordinasikan komunikasi antara manajemen dan karyawan tentang tujuan dan ekspektasi yang diminta, plus memotivasi karyawan dalam pencapaian target.
4. Kompensasi dan Tunjangan
- Menyusun struktur gaji dan tunjangan yang adil dan kompetitif, serta melakukan penelitian pasar untuk memastikan kepatuhan terhadap tren industri dan regulasi yang berlaku.
- Mengelola program insentif atau bonus, dan menyusun kebijakan kompensasi yang sesuai dengan performa karyawan.
5. Hubungan Karyawan
- Menangani masalah dan konflik karyawan, serta memastikan komunikasi yang efektif di antara seluruh anggota tim.
- Mengatur hubungan industrial, berinteraksi dengan serikat pekerja (jika ada), dan juga memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.
Baca Juga: Apa itu HRD? Ini Pengertian, Tugas, Gaji, dan Skill yang Harus Dimiliki
Fungsi Manajer SDM
Secara manajerial, berikut fungsi dari manajer SDM:
1. Perencanaan (Planning)
Fungsi perencanaan merupakan tahap awal dalam manajemen SDM, di mana manajer HRD merumuskan strategi dan langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan talenta perusahaan.
Pada fase ini, HRD manager akan melakukan analisis mendalam terhadap kebutuhan tenaga kerja masa depan berdasarkan perkiraan pertumbuhan perusahaan, proyeksi perubahan industri, dan evaluasi kompetensi karyawan yang ada.
Dari analisis ini, mereka merancang program pelatihan, rekrutmen, dan pengembangan yang sesuai dengan goals perusahaan.
2. Pengorganisasian (Organizing)
Setelah planning, langkah berikutnya adalah bagaimana cara untuk menata SDM tersebut secara efisien.
Dalam fungsi pengorganisasian, nantinya manajer HRD perlu menetapkan struktur organisasi yang jelas dan efektif. Hal ini mencakup pembagian tugas, tanggung jawab, dan wewenang di antara karyawan.
Lebih dari itu, seorang HRD manager juga harus pandai mengalokasikan talent dengan tepat untuk memastikan setiap bagian atau departemen memiliki personel yang cukup sehingga tidak mengganggu operasional perusahaan.
Selain itu, manajer HRD juga bertanggung jawab dalam membangun tim kerja yang solid, serta memastikan bahwa proses komunikasi dan kolaborasi antar bagian berjalan lancar.
Baca Juga: 3 Tips Optimalkan Talent Management untuk SDM Berkualitas
3. Pengarahan (Directing / Actuating)
Fungsi manajer HRD yang ketiga adalah directing, artinya manajer HRD bertugas memberikan arahan yang jelas kepada karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dengan memberikan arahan yang jelas dan sustain, karyawan dapat bekerja dengan lebih efektif dan mau berkontribusi secara maksimal terhadap kesuksesan perusahaan.
4. Pengendalian (Controlling)
Terakhir, fungsi manajer HRD adalah controlling, yakni berkaitan dengan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja karyawan, dan melihat sejauh mana keberhasilan program-program HRD yang telah direncanakan sebelumnya.
Pada tahap controlling, HRD Manager akan mengidentifikasi area-area perbaikan yang memerlukan tindakan korektif. Melalui pendekatan ini, manajer HRD dapat mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi dari segi sumber daya manusia perusahaan, serta memastikan bahwa karyawan dapat terus berkembang dan loyal terhadap kesuksesan perusahaan.
Kompetensi Manajer SDM
Kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang manajer Sumber Daya Manusia (SDM) mencakup beragam bidang, mulai dari keterampilan interpersonal hingga pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan. Berikut detailnya:
1. Keterampilan Komunikasi
Skill ini identik dengan kemampuan berkomunikasi secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Seorang HR manager akan menggunakan keterampilan komunikasi untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan ataupun masalah yang dihadapi karyawan.
2. Kemampuan Manajemen Konflik
Untuk menjaga hubungan kerja yang harmonis antara manajemen dan karyawan, jika Anda menjadi manajer SDM, Anda perlu terampil dalam mengidentifikasi, menilai, dan menyelesaikan konflik di tempat kerja dengan cara yang adil dan konstruktif.
3. Pemahaman tentang Hukum Ketenagakerjaan
HR erat kaitannya dengan hukum dan regulasi yang sudah tertera di undang-undang. Maka dari itu, mereka wajib mengetahui apa saja peraturan-peraturan ketenagakerjaan dan kebijakan perusahaan, serta mampu mengaplikasikannya secara konsisten dan tepat.
4. Keterampilan Menggunakan Teknologi
Di era digital saat ini, pekerjaan HR sudah banyak terbantu oleh sistem dan aplikasi yang canggih. Itulah mengapa, salah satu syarat wajib untuk menjadi manajer SDM adalah cakap dalam mengoperasikan berbagai alat dan perangkat lunak HR modern, seperti sistem manajemen sumber daya manusia (HRMS / HRIS), alat rekrutmen online, dan aplikasi pelatihan digital, yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional HR.
5. Kemampuan Networking
Sebagai seseorang yang bertanggung jawab dalam rekrutmen, HR manager dituntut untuk membangun dan memelihara jaringan profesional yang luas, baik di dalam maupun di luar perusahaan.
Strong networking pun akan membuat HR manager tetap up-to-date dengan tren industri, dan akan memperluas peluang kolaborasi atau kemitraan.
Baca Juga: Definisi, Fungsi, Fitur, dan Contoh Aplikasi HRIS
Wewenang Manajer SDM
Seorang HR manager memiliki kewenangan untuk melakukan 4 hal di bawah ini:
1. Rekrutmen (Recruitment)
Manajer SDM harus bekerja sama dengan manajer departemen terkait untuk memastikan bahwa kandidat yang direkrut memiliki kualifikasi dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan.
2. Promosi (Promotion)
Seorang HR manager memiliki wewenang untuk mengelola proses promosi karyawan, yang melibatkan penilaian kinerja, identifikasi karyawan yang potensial, dan penentuan karyawan yang layak untuk naik jabatan.
3. Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi kinerja adalah salah satu wewenang penting manajer SDM, yang meliputi pemantauan dan penilaian terhadap kinerja karyawan secara berkala.
Manajer SDM bertanggung jawab untuk mengembangkan sistem penilaian kinerja yang objektif dan terukur, yang dapat digunakan untuk menilai pencapaian karyawan dalam berbagai aspek pekerjaan mereka.
4. Pemutusan Hubungan Kerja (Dismissal)
Terakhir, dismissal atau pemberhentian karyawan juga bisa dilakukan oleh HR manager, Dalam hal ini, PHK bisa dilakukan apabila terdapat karyawan mengalami underperformed, melakukan pelanggaran kebijakan perusahaan, atau restrukturisasi organisasi.
Tentunya, mereka harus berkomunikasi dengan jelas kepada karyawan yang bersangkutan mengenai alasan pemutusan hubungan kerja dan memastikan bahwa mereka menerima semua hak dan kompensasi yang sesuai.
Baca Juga: Performance Management: Pengertian dan Strategi Penerapannya dalam Perusahaan
—
Ketika menjalankan fungsi dan wewenangnya, manajer SDM memegang peran yang sangat vital dalam sebuah organisasi. Sebab, setiap keputusan yang ia ambil akan berdampak langsung pada keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, ia harus selalu bertindak dengan profesional, adil, dan berpegang teguh pada integritas.
Jadi, apakah manajer SDM di perusahaan Anda sudah melakukan fungsi, tugas, dan wewenangnya dengan maksimal?
Jika belum, saatnya tingkatkan keterampilan manajer HR Anda bersama pelatihan dari Ruang Kerja. Mari diskusi bersama konsultan kami, sekarang!
Sumber:
Coursera Staff. ‘What Is a Human Resources Manager? | Your 2024 Guide’, Coursera, 12 December 2023 [online] Available at https://www.coursera.org/articles/human-resources-manager (Accessed: 25 May 2024)
SMEsta KemenkopUKM. ‘4 Main Functions of Company HR Management’, SMEsta KemenkopUKM, 07 September 2021 [online] Available at https://smesta.kemenkopukm.go.id/news/4-fungsi-utama-pengelolaan-sdm-perusahaan (Accessed: 25 May 2024)