Mengenal Konsep Performance Management dan Strategi untuk Memaksimalkan Tujuan Perusahaan

Vindiasari Yunizha Mar 23, 2022 • 6 min read


Mengenal Konsep Performance Management dan Strategi untuk Memaksimal Tujuan Perusahaan

Manajemen kinerja bukanlah sebatas penilaian yang berimplikasi pada hukuman dan penghargaan.

--

Setiap tahun perusahaan akan melakukan evaluasi kinerja kepada timnya. Jika umumnya, tim Human Resources (HR) akan menilai karyawan dan melihat kinerja dalam menjalankan tugasnya. Proses ini menjadi bagian dari performance management atau manajemen kinerja. Namun demikian penilaian ini bukanlah sekadar memberi skor kemudian menentukan hukuman atau penghargaan semata.

Berdasarkan hasil survei dari Deloitte, pendekatan baru dibutuhkan dalam performance management. Penilaian karyawan yang memberikan hukuman dan penghargaan dianggap ketinggalan zaman. "Saat ini, hanya 11 persen responden yang merasa bahwa sistem penghargaan sangat selaras dengan tujuan organisasi mereka.”

 

Pengertian Performance Management

Merujuk dari UC Berkeley, manajemen kinerja (performance management) merupakan proses komunikasi berkelanjutan antara supervisor dan karyawan yang terjadi sepanjang tahun, untuk mendukung pencapaian tujuan strategis organisasi. Proses komunikasi termasuk mengklarifikasi harapan, menetapkan tujuan, mengidentifikasi tujuan, memberikan umpan balik, dan meninjau hasil.

Manajemen kinerja (performance management) bukanlah sebuah ceklist penilaian untuk memenuhi target kinerja karyawan, melainkan butuh strategi untuk memaksimalkan sumberdaya manusia yang selaras dengan tujuan perusahaan. Pergeseran lingkungan kerja yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 turut memengaruhi manajemen kinerja. Apalagi lingkungan kerja sekarang terbilang lebih fleksibel dengan mengedepankan remote working.

Strategi Perusahaan Menerapkan Performance Management

Perubahan gaya bekerja dan lingkungannya berdampak pula pada harapan karyawan dengan perusahaan. Saat lingkungan kerja mengalami perubahan, tentunya penilaian kinerja dalam manajemen manajemen membutuhkan strategi khusus. 

Dengan menerapkan manajemen kinerja, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan dalam hal pengembangan dan organisasi. Misalnya, perusahaan bisa menemukan keterampilan dan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan karyawannya. Bukan hanya itu, manajemen kinerja juga bisa digunakan untuk membangun organisasi yang kompetitif dan gesit. 

Berikut beberapa strategi perusahaan menerapkan manajemen kinerja (performance management) yang mendukung karyawan antara lain:

 

Strategi Perusahaan dalam Menerapkan Performance Management

 

1. Menghilangkan bias yang dimunculkan perusahaan

Dalam lingkungan kerja virtual, perusahaan secara tak langsung bisa memunculkan adanya bias-bias dalam keseharian bekerja. Tak sedikit tantangan yang muncul karena bekerja secara jarak jauh. Komunikasi yang tidak efektif, meleburkan jam kerja karena menganggap bekerja jarak jauh lebih fleksibel. Kondisi tersebut mampu memengaruhi kinerja karyawan. 

Strategi pertama yang bisa ambil adalah melatih manajer untuk melakukan pengecekan rutin dengan karyawan. Pengecekan tersebut akan membantu karyawan tetap mengetahui prioritas tempat kerja serta mendukung kesejahteraan mental. 

2. Evaluasi secara berkala

Membuat program check-in berkala atau mengadakan pertemuan proses manajemen kinerja yang lebih formal. Upaya tersebut membantu karyawan tetap berada di jalur dan mengurangi waktu yang terbuang. Faktanya, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas menggunakan evaluasi kinerja yang fleksibel dan berkala dengan manajer. Langkah tersebut dianggap jauh lebih efektif daripada sekadar menetapkan tujuan dan meninjau setahun sekali ketika semuanya sangat ketinggalan zaman.

Baca Juga: Mengenal Konsep Remote Learning dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

3. Memunculkan umpan balik antarkaryawan 

Umpan balik dari rekan membantu karyawan dalam mengukur kekuatan, kelemahan, dan peluang secara objektif dengan menyeimbangkan evaluasi diri mereka sendiri. Masukan dari rekan kerja dapat menghasilkan laporan umpan balik pribadi, yang menyoroti perbedaan antara persepsi diri yang dinilai dan umpan balik dari orang lain. Proses evaluasi tersebut menjadi area kritis untuk pengembangan diri dan membantu perusahaan untuk mendukung perencanaan pengembangan profesional.

4. Memberi ruang kebebasan untuk refleksi

Perusahaan melalui tim Learning and Development (LD) bisa mengajak karyawan untuk merenungkan tujuan, kemajuan, dan bidang pengembangan karyawan. Proses tersebut bisa terasah melalui performance management training. Dalam pelatihan tersebut karyawan diajak untuk merenungkan rekam jejak selama bekerja dan harapan ke depan, serta rencana apa yang ingin dikembangkan oleh karyawan untuk perusahaan. 

Strategi penerapan performance management akan semakin berkembang dibarengi dengan pelatihan. Performance management bisa dimulai pada proses rekrutmen. Perusahaan harus berbagi dengan para kandidat bagaimana penilaian dan pengembangan kinerja di organisasinya. Selanjutnya pada proses orientasi, perusahaan sebaiknya memberi karyawan terkait tujuan dan penyelarasan kinerja yang diterapkan dalam perusahaan. Lebih jauh, perusahaan memberikan peluang bagi karyawan untuk terus mengasah keterampilan melalui penilaian kinerja.

Secara bersamaan, manajer harus memasukkan rekomendasi pelatihan dalam percakapan kinerja untuk memandu upaya karyawan untuk menjaga keterampilan agar terus terasah dan nggak ketinggalan zaman.

Ketika seorang karyawan menyelesaikan pelatihan atau membagikan contoh pengalaman belajar, perusahaan ataupun manajer harus memberikan umpan balik positif kepada karyawan tersebut mengenai partisipasinya.

Topik-topik Performance Management Training yang Efektif

Pelatihan manajemen kinerja bisa ditujukan bagi pemimpin perusahaan maupun anggota timnya. Terlebih pelatihan yang efektif akan langsung memengaruhi efektivitas manajemen kinerja perusahaan. Keterampilan tersebut juga mendukung peningkatan produktivitas, moral karyawan, keterlibatan karyawan, dan komunikasi. 

Adapun beberapa topik bahasan yang dikembangkan dalam performance management training antara lain:

  1. Penetapan tujuan
  2. Pemikiran strategis
  3. Kecerdasan emosional
  4. Mendengarkan secara aktif
  5. Inklusi dan keragaman
  6. Manajemen waktu
  7. Bekerja dengan tim

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan performance management di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

 

Pelatihan Karyawan ruangkerja

 

Referensi:

Bell, Megan. 2020. The Value of Learning in Performance Management [online]. Link: https://trainingindustry.com/articles/performance-management/the-value-of-learning-in-performance-management/ (Accessed: 3 February 2022).

UC Berkeley. 2020. Performance Management: Concepts & Definitions [online]. Link: https://hr.berkeley.edu/hr-network/central-guide-managing-hr/managing-hr/managing-successfully/performance-management/concepts (Accessed: 3 February 2022).

Gray, Helen. 2021. How To Redefine Your Performance Management Process In A Changing Workforce [online]. Link: https://elearningindustry.com/how-redefine-performance-management-process-in-changing-workforce (Accessed: 3 February 2022).

Hyland, Lars. 2021. Why Organizations Are Adopting Continous Perfomance Management [online]. Link: https://trainingindustry.com/articles/performance-management/why-organizations-are-adopting-continuous-performance-management/ (Accessed: 3 February 2022). 

Ott, Johannes. 2018. Perfomance Management and Training Needs [online]. Link: https://elearningindustry.com/performance-management-nd-training-needs. (Accessed: 3 February 2022)

 

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar