3 Tips Optimalkan Talent Management untuk SDM yang Berkualitas

Fauziannisa Pradana Putri Feb 17, 2021 • 5 min read


talent management-1

Perusahaan memiliki kewenangan dalam mengoptimalkan kinerja  dan mengembangkan skill karyawan. Sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management (SHRM), sekitar 55% karyawan menginginkan skill yang mereka punya dapat membantu pekerjaan. Bercermin dari data tersebut, salah satu upaya yang dapat menjadi pilihan oleh perusahaan adalah mengadakan program talent management.

Bagi perusahaan, talent management merupakan cara untuk menemukan SDM yang berkualitas serta memiliki perilaku yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan.  Dengan melihat pentingnya hal tersebut, setiap perusahaan perlu berinvestasi lebih terhadap talent management agar dapat mengembangkan perusahaan lebih pesat. 

Pengertian Talent Management

Pengertian Talent Management(Sumber foto: Pixabay.com)

Talent Management tidak selalu menjadi kebijakan tim Human Resources (HR), selaku garda terdepan dalam pengembangan karyawan. Tetapi, program ini pun perlu dikenali oleh manajer atau supervisor untuk menerapkan strategi yang tepat dalam mengelola karyawan.

Berdasarkan urgensi tersebut, pengertiaan talent management atau manajemen bakat adalah sebuah  proses strategis yang terorganisir dan dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan talenta karyawan.

Proses yang ada pada sistem ini berlangsung secara menyeluruh mulai dari rekrutmen, penempatan, sampai pada pengembangan serta perencanaan agar dapat mengembangkan bakat para karyawan ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Strategi Ampuh untuk Pelatihan Manajemen Konflik untuk Karyawan

Istilah ini dipopulerkan dari publikasi McKinsey pada tahun 1998 berjudul, "War on Talent." Studi ini mengamati perusahaan dari seluruh dunia dan praktik terbaik di antara perusahaan global tentang cara mereka mengelola strategi manajemen bakat yang komprehensif.

Tips Optimalkan Program Talent Management

Dikutip dari trainingindustry.com, masih banyak perusahaan yang kesulitan dalam mengembangkan strategi talent management yang komprehensif dan berkelanjutan. Maka dari itu,  program ini pun sangat  penting untuk ditingkatkan. 

Tim ruangkerja merangkum 3 tips optimalkan program talent management untuk perusahaan Anda:

  • Buat Strategi Perencanaan 

Tujuan talent management(Sumber foto: Freepik.com)

Dalam setiap program yang sukses, terdapat strategi yang telah disusun dengan baik. Seperti dikutip dari hrmorning.com, sebelum melaksanakan talent management,  Anda dapat melihat target apa yang akan dicapai.

Selain itu, Anda dapat membuat perencanaan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Dengan berfokus pada talenta apa yang sedang dibutuhkan perusahaan, maka akan berdampak pada seluruh proses program tersebut

Langkah pertama ini cukup krusial. Hal tersebut disebabkan perusahaan perlu membuat strategi yang sesuai agar program tepat sasaran dan berdampak langsung pada performa perusahaan.

  • Fokus pada Pengembangan Karyawan

talent management(Sumber: Freepik.com)

Seperti survei yang dilakukan oleh LinkedIn, lebih dari 90% karyawan menginginkan program pengembangan keterampilan atau karier. Sebagian besar lainnya pun bersedia meninggalkan perusahaan saat ini jika mereka tidak menerimanya

Sejalan dengan survei yang dilakukan oleh SHRM, bahwa 88% karyawan milenial lebih membutuhkan pengembangan karier dibandingkan baby boomers yang hanya menyentuh angka 76%.

Berdasarkan data-data tersebut, pengembangan karyawan menjadi kunci untuk memenuhi kebutuhan mereka. Memfasilitasinya dalam program talent management dapat memberikan peluang yang bagus untuk investasi jangka panjang perusahaan.

  • Analisis dan Evaluasi Program

fungsi management talent

(Sumber: Freepik.com)

Setelah perancangan strategi dan program berjalan, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah analisis dan evaluasi program. 

Pentingnya langkah ini ditulis dalam elearningindustry.com, bahwa analisis dan evaluasi program merupakan satu kesatuan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Apabila Anda melewatkan analisis program, evaluasi pelatihan pun tidak akan efektif.

Sebagai contoh, bagaimana perekrutan berpengaruh terhadap program, apakah kandidat yang dipilih telah memenuhi kebutuhan, apa langkah selanjutnya untuk meningkatkan kualitas program, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mempersiapkan Orientasi Karyawan Baru secara Online

Merancang dan mengoptimalkan program talent management memang berpangku kepada  kepentingan strategis perusahaan. Perusahaan pun perlu jeli dalam melihat SDM mana yang perlu bakatnya diasah dan mengikuti seluruh rangkaian program. 

Itu lah pengertian sekaligus tiga tips yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuat program talent management. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT

 

Referensi: 

Bresnahan, Brendan. (2020). What is Talent Management?.https://www.humanresourcestoday.com/report/talent-management/?open-article-id=14121244&article-title=what-is-talent-management-&blog-domain=avature.net&blog-title=avature  (diakses tanggal 16 Februari 2021)

hrmorning.com. (2020). Keys to effective succession planning: Talent management special report. https://www.hrmorning.com/articles/succession-planning-talent-management/ (diakses tanggal 16 Februari 2021)

Society for Human Resource Management. (2016). Employee Job Satisfaction and Engagement. https://www.shrm.org/ResourcesAndTools/hr-topics/behavioral-competencies/Documents/14-0028%20JobSatEngage_Report_FULL_FNL.pdf (diakses tanggal 16 Februari 2021)

trainingindustry.com. (2013).Talent Management: An Emerging Business Strategy. https://trainingindustry.com/blog/performance-management/talent-management-an-emerging-business-strategy/ (diakses tanggal 16 Februari 2021)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar