Jadikan Karyawan Lebih Aktif melalui Gamifikasi di Pelatihan Online

Fauziannisa Pradana Putri Jan 29, 2021 • 3 min read


Keberhasilan suatu pelatihan dapat diukur dari kualitas pelatihan yang dirasakan oleh peserta. Tentunya Anda pun mengharapkan sebuah pelatihan yang tidak hanya  berpengaruh bagi peserta, tapi juga  menyenangkan, bukan? 

Hanya saja faktanya terdapat 61% peserta merasa bosan saat  pelatihan berlangsung. Salah satu yang bisa menjadi jawaban dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode gamifikasi dalam pelatihan.

Tahukah Anda apa itu gamifikasi? Gamifikasi adalah penggunaan sistem permainan pada sistem pelatihan online. Secara lebih jelas, gamifikasi merupakan pendekatan bermain sambil belajar yang seringkali digunakan dalam bentuk challenges, leaderboards, scores, instant feedback, badges, dan competition. Istilah ini pertama kali diciptakan oleh Nick Pelling pada tahun 2002. 

Baca juga: e-Learning Berbasis Video, Benarkah Efektif untuk Pelatihan Karyawan?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh TalentLMS 2018, setidaknya ada tiga keunggulan metode gamifikasi untuk pelatihan yang efektif, yaitu:

  • Berpengaruh terhadap Produktivitas

Fungsi gamifikasi dalam pelatihan online

(Sumber: freepik.com)

Hal yang terpenting dalam sebuah pelatihan adalah semua peserta diharapkan dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik.  Data yang dikumpulkan oleh Talent LMS, mengatakan bahwa gamifikasi berpengaruh sekitar  87% terhadap produktivitas karyawan. Sehingga, karyawan dapat menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dengan lebih cepat dan produktif.

  • Karyawan Terlibat dalam Pelatihan

konsep gamifikasi dalam pelatihan online(Sumber: Freepik.com)

Pelatihan yang efektif tidak dipungkiri berkat keterlibatan karyawan dalam setiap prosesnya. Sebagai contoh adalah karyawan dapat berkolaborasi dan berkompetisi dengan sesama peserta lainnya untuk mencapai pelatihan yang lebih optimal. 

Dengan adanya gamifikasi, karyawan diajak terlibat langsung dalam pelatihan. Seperti dilansir dari data TalentLMS, bahwa gamifikasi membuat 84% karyawan terlibat dalam pelatihan dan menjadi lebih aktif. 

  • Pelatihan yang Menyenangkan

manfaat gamifikasi dalam pelatihan online(Sumber: Freepik.com)

Mengikuti pelatihan online yang monoton dapat berdampak terhadap antusias peserta dalam  mengikuti pelatihan. Pastinya  akan membuat pelatihan kurang efektif, bukan?

Tidak perlu khawatir, melalui sistem gamifikasi, 82% dapat memberikan pengalaman pelatihan yang menyenangkan. Dengan  konsep gamifikasi tersebut, peserta pelatihan akan kembali bersemangat disebabkan peserta dapat terpacu untuk mendapatkan skor terbaik.  

Baca Juga: Inilah 5 Trend eLearning di 2021 untuk Pelatihan Karyawan yang Efektif

Fitur ruangkerja juga sangat mengerti kebutuhan Anda dalam  menciptakan pelatihan yang efektif dan menyenangkan. Terdapat tiga fitur yang telah menggunakan metode gamifikasi, yaitu:

  1. Rewards Points, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukar dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, peserta pelatihan terpacu untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tertinggi.
  3. Collaboration, melalui forum diskusi, setiap peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta dan ahlinya. 

Nikmati pelatihan online di platform unggulan terbaik di Indonesia yaitu ruangkerja. Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa meningkatkan technical skill atau soft skill karyawan di Skill Academy for Enterprise.

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar