Fokus Bekerja di Kantor Tanpa Distraksi, Yakin Bisa?

Posted by Chairunnisa Chaisa on Mar 6, 2020 3:56:58 PM

Terkadang muncul distraksi yang bisa mengganggu Anda berkonsentrasi saat bekerja di kantor, misalkan adanya banyak notifikasi dari handphone, internet cepat di kantor yang membuat Anda ingin bermain media sosial atau berselancar di dunia maya, suasana ruang kantor yang tidak kondusif, bahkan rasa haus pun bisa mengganggu fokus dalam bekerja.

Fokus Bekerja di Kantor

Tips fokus bekerja di kantor (Sumber: instagram.com/ruangkerja)

Jadi, apakah tetap bisa fokus bekerja tanpa terganggu dengan distraksi dari lingkungan sekitar? Jawabannya, pasti bisa! Berikut ini ada lima tips supaya Anda tetap fokus dan bisa berkonsentrasi selama bekerja:

1. Buat daftar tugas yang harus dikerjakan

Fokus Bekerja di Kantor

Membuat daftar tugas akan sangat membantu Anda untuk bekerja efektif (Sumber: unsplash stilclassics)

Sebelum mulai melakukan pekerjaan, akan lebih baik kalau Anda memiliki daftar tugas yang harus dikerjakan. Tentukan prioritas dari tugas-tugas tersebut dengan cara mengurutkan tugas apa yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu sampai pada bagian terakhir yaitu tugas yang bisa ditunda pengerjaannya.

Dengan memiliki daftar tugas, Anda bisa lebih cermat dan teliti selama bekerja. Selain itu, Anda juga bisa meminimalisir kemungkinan ada tugas yang terlupa untuk dikerjakan.

2. Terapkan mindfulness selama bekerja

Fokus Bekerja di Kantor

Fokus pada satu hal bisa membuat apa yang Anda kerjakan cepat selesai (Sumber: pikwizard.com)

Mindfulness dikenal sebagai suatu pikiran dan perasaan yang hidup sepenuhnya saat ini juga. Melalui cara ini, Anda dapat mengarahkan fokus diri hanya pada pekerjaan, tidak bercabang ke banyak hal lain yang tidak memiliki kaitan dengan tugas yang sedang dikerjakan. Dengan begitu, pekerjaan akan cepat selesai karena Anda tidak membagi pikiran dan perasaan Anda ke hal lain yang tidak begitu penting.

Baca juga: Peran Mentor dalam Membangun Karier dan Meningkatkan Jabatan

3. Banyak minum air mineral agar tidak dehidrasi

Fokus Bekerja di Kantor

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa memengaruhi kinerja otak (Sumber: unsplash bramnaus)

Bukan rahasia lagi jika dehidrasi bisa membuat hilangnya konsentrasi dan tidak fokus. Itulah alasannya kenapa minum air mineral menjadi sangat penting, sebab sebanyak 60% tubuh manusia mengandung cairan. Faktanya kehilangan sedikit saja cairan di dalam tubuh akan memengaruhi kinerja otak seperti gangguan konsentrasi dan suasana hati, bahkan dapat memicu munculnya sakit kepala.

Dilansir dari self.com, Institute of Medicine merekomendasikan agar pria mengonsumsi 3.7 liter cairan per hari atau sebanyak 16 gelas, sedangkan perempuan mengonsumsi 2.7 liter cairan per hari atau sebanyak 11 gelas.

4. Hindari multitasking, kerjakan tugas satu per satu

Fokus Bekerja di Kantor

Multitasking dalam bekerja dapat menyebabkan stres (Sumber: instagram.com/ruangkerja)

Ada istilah monotasking dan multitasking dalam bekerja. Monotasking berarti fokus mengerjakan tugas satu per satu dengan konsentrasi penuh, sedangkan multitasking adalah mengerjakan banyak tugas di saat yang bersamaan.

Dengan melakukan monotasking dipercaya bekerja bisa lebih fokus, menumbuhkan disiplin diri, menguatkan kemampuan konsentrasi, dan dapat memberikan rasa tenang saat mengerjakan sesuatu. Berbeda dengan multitasking yang bisa menurunkan konsentrasi, merusak memori serta fungsi otak, bisa memberikan rasa lelah berlebihan, dan akibatnya membuat Anda jadi kurang detail saat mengerjakan tugas. Maka, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengerjakan tugas satu per satu.

5. Rileks dan tenangkan pikiran

Fokus Bekerja di Kantor

Luangkan waktu selama lima menit untuk mengisi ulang energi (Sumber: destress.com)

Sebelum mengerjakan tugas, alangkah baiknya sejenak relaksasi diri agar tubuh menjadi rileks dan pikiran jadi tenang. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain latihan pernapasan, meditasi yang cukup selama lima menit, atau bisa juga dengan mendengarkan musik kesukaan untuk menghadirkan suasana hati yang baik. Setelah tubuh menjadi rileks dan pikiran jadi tenang, Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas.

Memberikan atensi secara penuh pada pekerjaan bukan satu hal yang mustahil kan, Rekan Kerja? Menjadi fokus dan konsentrasi dalam bekerja memang perlu terus-menerus dilatih agar terbiasa, sebab dengan begitu, apa pun distraksinya bisa Anda atasi dengan mudah. Jangan lupa untuk mencoba kelima tips di atas, ya!

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!