Mengapa Perlu Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis E-Learning? Ketahui 5 Alasannya!

Posted by Maya Martha on Jan 21, 2019 3:44:59 PM

berbasis e-learning

Masyarakat sekarang ini ingin sekali yang serba praktis dalam melakukan segala hal, terlebih untuk belajar. Mendapatkan ilmu dengan menggunakan gadget pribadi atau media elektronik lain dirasa sangat mudah karena dapat diakses dimana dan kapan saja. Berjalannya zaman, metode pembelajaran dan pelatihan pun semakin berkembang dengan dilahirkannya metode pembelajaran berbasis e-learning

Bambang Suprapto, praktisi e-learning dan manager ruangkerja, telah menjelaskan secara gamblang mengenai e-learning di aplikasi ruangkerja. Di kelas tersebut, Bambang menjabarkan lima alasan mengapa e-learning merupakan metode pembelajaran atau pelatihan yang tepat di zaman sekarang ini.

1. Selalu berinovasi agar mudah dicerna

berbasis e-learning

E-learning selalu memberikan inovasi baru (Sumber: cio.com)

E-learning merupakan cara yang dinamis karena pembelajarannya dikemas sedemikian rupa sehingga menarik untuk Anda. Terdapat berbagai macam strategi baru yang diberikan di dalam setiap pembelajaran dan pelatihannya juga. Segala bentuk penyesuaian akan selalu dibentuk agar mudah dicerna oleh Anda.

Baca juga: 5 Trik Memanfaatkan Aplikasi ruangkerja untuk Meningkatkan Soft Skills

2. Kontrol dipegang oleh Anda secara mandiri

berbasis e-learning

Anda adalah pegang kontrol (Sumber: pxhere.com)

Pembelajaran atau pelatihan dengan menggunakan e-learning memusatkan Anda sebagai pihak yang mengontrol semuanya sendiri. Anda dapat mengatur kecepatan pembelajarannya sendiri dan Anda diberikan kebebasan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Umpan balik juga bisa Anda terima apabila Anda telah menyelesaikan kuis atau studi kasus secara online. Berbeda dengan teacher centric yang harus mengikuti proses dan kecepatan mengajar guru atau pelatih.

3. Interaksi terhadap materi dapat Anda nikmati di dalam proses pembelajaran e-learning

berbasis e-learning

E-learning juga bersifat interaktif (Sumber: blog.commlabindia.com)

Tidak hanya teacher centric yang bersifat interaktif namun e-learning pun memberikan ruang kepada Anda untuk mendapatkan pengalaman tentang bagaimana Anda menyelesaikan sebuah studi kasus. Bambang mengatakan bahwa e-learning memunculkan interaksi antara Anda dengan materi pembelajaran.

4. Proses pembelajaran menggunakan ilustrasi visual dan audio untuk melatih Indera Anda (involve learner senses)

berbasis e-learning

Berbagai fitur melatih indera Anda (Sumber: business2community.com)

Berbagai macam penyajian materi berupa ilustrasi visual dan audio dapat dinikmati di dalam proses pembelajaran e-learning. Anda dapat melatih indera penglihatan, pendengaran, juga psikomotorik pada proses pembelajaran dan penggunaan fitur. Secara langsung, indera Anda dilatih untuk bekerja lebih baik.

5. Memberikan Anda nilai terhadap materi yang sudah Anda pelajari

berbasis e-learning

Metode e-learning juga memberikan Anda penilaian (Sumber: pardot.com)

E-learning juga memiliki sasaran akhir seperti halnya sebuah pelatihan atau pembelajaran. Anda akan dihadapkan pada ujian akhir yang memiliki batas minimum nilai sebagai tanda Anda lolos pada materi pembelajaran tersebut. Hal ini tentu dapat mengukur kemampuan hasil pembelajaran Anda. Ujian akhir pun dapat Anda kerjakan secara online, tidak perlu hadir di waktu dan tempat tertentu.

Inilah lima alasan yang dapat memperkuat pilihan Anda untuk menggunakan metode pembelajaran berbasis e-learning. Anda dapat mengetahui informasinya secara lebih lengkap dan terperinci dengan mengikuti Kelas Umum Basic Instructional Basic oleh Bambang Suprapto di aplikasi ruangkerja. Tidak hanya kelas e-learning concept, terdapat juga kelas-kelas yang lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh sekarang aplikasi ruangkerja dengan menekan gambar di bawah ini. GRATIS!

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!