3 Langkah Mudah Mempersiapkan Orientasi Karyawan Baru secara Online

Fauziannisa Pradana Putri Feb 15, 2021 • 4 min read


Tahukah Anda bahwa orientasi berdampak besar terhadap loyalitas dan produktivitas karyawan? TalentLMS mengumpulkan data sekitar 69% karyawan cenderung menetap di perusahaan setidaknya selama tiga tahun setelah pengalaman orientasi yang hebat.

Dari pemaparan tersebut, dapat dikatakan bahwa orientasi yang bagus akan menunjang loyalitas karyawan. Hal itu disebabkan karena karyawan telah memahami budaya perusahaan dengan lebih mendalam.

Satu tahun terakhir, pandemi membuat pelaksanaan orientasi karyawan dilakukan secara online. Menariknya, hal tersebut ternyata memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan. Salah satunya adalah hemat waktu dan biaya. Perusahaan dapat menghemat biaya sebesar 50-70% dibandingkan orientasi secara konvensional.

Penasaran seperti apa langkah-langkah untuk mempersiapkan orientasi karyawan secara online? Berikut ini adalah tiga langkah mudah untuk melaksanakan orientasi karyawan. 

Baca juga: Berikut yang Perlu Diperhatikan sebelum Pelatihan Sales Marketing

  • Tentukan Apa yang Ingin Dicapai

Tujuan orientasi Karyawan Baru(Sumber: Pixabay.com)

Proses perekrutan karyawan memang sebuah jalan yang panjang. Mulai dari penyebaran informasi lowongan, interview, hingga pelaksanaan orientasi tersebut.

Sebelum melaksanakan orientasi, perusahaan perlu menetapkan tujuan  yang akan dicapai terlebih dahulu. Hal ini agar orientasi karyawan dapat berjalan dengan optimal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Beberapa contoh tujuan orientasi karyawan baru yang bisa dijadikan patokan oleh perusahaan ialah meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan, mengurangi turnover karyawan, dan bahkan untuk membentuk tim yang berintegritas.

  • Membuat dan Menyusun Program Orientasi

Orientasi karyawan baru(Sumber: Freepik.com)

Pastinya Anda pun memahami, bahwa mencapai semua tujuan di atas bukanlah sesuatu yang mudah tanpa adanya rencana. Maka dari itu, mulailah dengan menyusun program orientasi.

Hanya saja, membuat program orientasi secara online memang terdapat banyak tantangan. Salah satunya adalah dalam membuat materi orientasi karyawan. 

Perusahaan perlu memikirkan bagaimana caranya mengolah materi orientasi, berkoordinasi dengan tim HR, sampai dengan mengotomatisasikan program orientasi agar dapat berjalan dengan baik. 

  • Gunakan LMS untuk Proses Orientasi yang Maksimal

Pentingnya orientasi karyawan baru(Sumber: Freepik.com)

Orientasi secara online memang memiliki banyak tantangan, namun bukan berarti menjadi halangan. Apabila perusahaan belum menyediakan software khusus untuk penyebaran materi, maka solusi andalan lainnya ialah menggunakan Learning Management System (LMS) yang efektif.

Seperti dilansir dari elearningindustry.com, LMS memberikan keleluasaan pada administrator untuk menambah kelas dan mempersingkat proses enroll karyawan

Perusahaan pun dapat memeriksa progres orientasi karyawan dan mengevaluasinya secara otomatis. Sebab, menurut trainanddevelop.ca, orientasi karyawan tidak dikatakan sempurna apabila Anda tidak memeriksa seberapa jauh orientasi tersebut telah berdampak kepada kinerja karyawan.

Bukan hanya dari segi perusahaan, keuntungan yang didapat dari penggunaan LMS pun dirasakan oleh para karyawan sebagai peserta orientasi. Karyawan baru dapat menikmati konten pembelajaran kapan pun dan di mana pun mereka mau. Hal tersebut disebabkan LMS menawarkan fleksibilitas dalam pembelajaran. 

Itulah tiga langkah mudah yang dapat Anda persiapkan untuk orientasi karyawan baru secara online. Orientasi karyawan menjadi kunci untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis perusahaan dan menciptakan SDM yang unggul.

Baca juga: Strategi Ampuh untuk Pelatihan Manajemen Karyawan

Sebagai platform pelatihan nomor 1 di Indonesia, ruangkerja mengerti segala kebutuhan Anda untuk mengadakan orientasi karyawan baru yang optimal. Dengan berbagai keunggulan fitur dan teknologi LMS yang digunakan, ruangkerja dapat membantu Anda membuat berbagai pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut adalah tiga keunggulan ruangkerja.

  • Technology platform

Learning Management System (LMS) berbasis web dan mobile sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

  • Content development

Pembuatan konten pelatihan kustom dengan metode micro-learning berbasis video yang engaging.

  • Program management

End-to-end project management dan operasional untuk implementasi digital training.

Hanya dalam satu genggaman, ruangkerja mampu menjawab kebutuhan perusahaan Anda untuk melakukan pelatihan karyawan secara efektif dan efisien. Klik CTA di bawah untuk bergabung dengan ruangkerja sekarang.

   COBA SEKARANG DAN DAPATKAN SERTIFIKAT





 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar