Kembangkan Perusahaan dengan Transformasi SDM Melalui Analisis Data

Muhammad Azka Rais Okt 1, 2022 • 5 min read


Transformasi SDM analisis data

Berkembangnya sebuah perusahaan di dunia bisnis tentu harus memiliki karyawan yang siap dengan perubahan tersebut. Salah satu cara membuat sumber daya manusia di perusahaan agar memiliki kesiapan terhadap perubahan adalah dengan analisis data. Simak penjelasannya di bawah ini!

- -

Agar bisa terus bertahan di dunia bisnis, tentu saja setiap perusahaan harus melakukan pengembangan bisnis mereka. Perubahan ini tentunya bukanlah suatu hal yang bisa dilakukkan dengan mudah atau suatu tindakan yang dapat disepelekan. Perubahan di dalam perusahaan tidak hanya berdampak bagi hasil yang perusahaan inginkan, tetapi juga kepada SDM atau karyawan perusahaan tersebut.

Menimbang hal tersebut, ruangkerja melakukan webinar pada hari Rabu 27 Juli dengan tema: “HR Transformation Through Data Analytics” bersama pemateri Maria Ellen (CEO LSP MSDM Analitik).

Di webinar tersebut, Maria menyebutkan dalam dunia bisnis, cepat maupun lambat, perusahaan akan mengalami perubahan. Yang jadi persoalannya adalah, sumber daya manusia harus bisa menyesuaikan dengan perubahan yang dilakukan. Lalu apa yang dimaksud dengan transformasi SDM melalui analisis data?

Maria menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi di dalam perusahaan membuat pimpinan harus mengatur karyawannya dalam menghadapi perubahan tersebut. Untuk bisa mengatur karyawannya, Maria berpendapat bahwa setiap perusahaan harus mengenali karyawannya terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini karena setiap perubahan akan selalu menghadapi masalah dan rintangan, dan SDM harus siap menghadapinya. Oleh karena itu, Maria menyebutkan setiap individu harus memiliki pola pikir yang berawal dari people analytics.

Salah satu cara membangun pola pikir tersebut salah satunya dengan cara atau metode data-driven. Dengan metode data-driven, perusahaan bisa menganalisis SDM-nya, sehingga dapat mengetahui masalah apa saja yang mereka sedang alami, lalu solusi apa yang mereka berikan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Data yang sudah didapatkan oleh perusahaan, kemudian bisa dijadikan sebagai strategi untuk SDM menghadapi berbagai masalah perusahaan, juga dapat mengetahui apakah SDM memiliki kesiapan dalam menghadapi perubahan tersebut.

Misalnya saja sebuah bank awalnya merupakan Buku 1 atau bank yang memiliki kebutuhan modal sebesar 1 triliun. Lalu bank tersebut ingin pindah buku menjadi Buku 2, yaitu yang kebutuhan modalnya lebih dari 1 triliun tapi di bawah 5 triliun. Pada transformasi ini terjadi perubahan kebutuhan modal. Tidak hanya itu, tugas dan tanggung jawab yang dimiliki bank Buku 2 akan lebih besar ketimbang tugas di bank dengan Buku 1.

Perubahan ini tentunya akan berpengaruh juga terhadap SDM-nya. Jika SDM tidak siap dengan apa yang akan dilakukan oleh bank yang akan berubah dari Buku 1 ke Buku 2, maka ia tidak akan berkontribusi secara efektif. Namun jika SDM-nya siap menghadapi perubahan, maka perusahaan tidak perlu khawatir. Maria menyebutkan bahwa cara untuk mengetahui kesiapan SDM ini adalah dengan data analisis untuk melakukan analisis kuantitatif terhadap karyawannya.

Lalu bagaimana cara menggunakan data analytics atau analisis data untuk membantu transformasi SDM?

Maria menyebutkan terdapat dua cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu sebagai berikut:

Transformasi SDM analisis data

1. Membuat Kerangka Berpikir Penentuan Keputusan Berbasis Data di Human Capital

Human Capital perlu mengalami perubahan besar, yaitu dari memberikan layanan karyawan sampai memberikan nilai strategis. Human Capital Strategist membantu menjembatani peran ini dengan:

  • Menggunakan teknologi modern untuk mengelola dan melacak karyawan. 
  • Menggunakan data untuk memahami perilaku karyawan di tempat kerja.

Teknologi modern atau baru ini dapat menimbulkan tantangan baru bagi semua karyawan dan pimpinan SDM. Ahli strategi SDM dapat membantu mengintegrasikan teknologi baru dengan:

  • Menggunakan data untuk melakukan penugasan kembali pekerja secara efektif. 
  • Menggunakan analisis prediktif untuk mengantisipasi dan merencanakan kebutuhan SDM di masa depan.

Human Capital Strategist membantu mengubah penentuan keputusan berbasis data dengan memanfaatkan data untuk:

  • Mengidentifikasi penyebab masalah yang tidak terlihat di permukaan. 
  • Memperbaiki kriteria perekrutan dengan lebih baik untuk meningkatkan perekrutan yang lebih efisien. 
  • Merancang sistem pengukuran yang memungkinkan terlihatnya produktivitas dan kesehatan SDM. 
  • Mengukur produktivitas dan kesehatan karyawan.

 

2. Membangun Kemampuan People Analytics untuk Memberdayakan Kecerdasan Mental dalam Transformasi SDM

Melakukan pre-assessment agar perusahaan dapat mengetahui kemampuan people analytics melalui berbagai macam assessment, yaitu Profile Assessment, Analytical Thinking Assessment, People Analytics Basik Knowledge, dan Technical Skill Assessment.

Kemudian melaksanakan pelatihan yang dibimbing oleh instruktur melalui kelas online. Di dalam kelas ini, partisipan akan menyiapkan dan mempelajari penggunaan Ms. Excel & Powerpoint, Python, Virtual Analytics Tool (seperti Tableau, Power BI atau yang lainnya). Kelas ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom atau aplikasi kelas virtual lainnya.

Terakhir setelah kelas, partisipan akan melakukan proyek. Partisipan akan diberitahu oleh perusahaan terkait tipe proyek apa yang nanti akan mereka lakukan, serta jumlah partisipan yang akan tergabung ke dalam proyek tersebut. Melalui diskusi aktif, partisipan akan diminta untuk melakukan review terkait tugas yang dikerjakan dan melakukan sesi berbagi bersama seorang praktisi. Instruktur akan membantu dalam me-review dan memberikan pembinaan.

Demikianlah pemaparan yang disampaikan oleh Maria mengenai transformasi SDM dengan analisis data. Dalam dunia bisnis, perubahan tentu saja tidak dapat dihindarkan. Seiring berjalannya waktu, perusahaan pasti menginginkan melakukan perubahan agar tetap bisa bersaing. Oleh karena itu, SDM harus siap menghadapi perubahan yang diinginkan oleh perusahaan.

Apabila Anda tertarik untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap dan lebih rinci, Anda dapat mengakses video lengkapnya melalui webinar: HR Transformation Through Data Analytics.

Transformasi SDM analisis data

Agar perusahaan Anda dapat tetap bersaing, Anda dapat memberikan pelatihan kepada karyawan Anda, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Jangan khawatir, Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.

Beri Komentar