6 Pekerjaan yang Dibutuhkan Tahun 2021 Beserta Gajinya

Gulman Azkiya Jun 11, 2021 • 9 min read


Daftar-Pekerjaan-yang-paling-dibutuhkan-2021

Artikel ini membahas mengenai pekerjaan yang dibutuhkan tahun 2021 beserta gajinya.

--

Berangkat dari dampak pandemi pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi indonesia memunculkan berbagai prediksi. Mengingat bagaimana beberapa sektor industri sempat mengalami penurunan. Namun,  berdasarkan laporan Asian Development Bank pada April lalu, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan mencapai 4,5% pada tahun 2021 dan 5,0% pada tahun 2022, di tengah membaiknya kondisi global dan pembukaan kembali ekonomi secara bertahap.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan membaik, tren industri kerja pun juga mengalami perubahan. Salah satunya tren digital pada sektor bisnis. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencoba mengembangkan bisnis perusahaan, berikut adalah beberapa pekerjaan yang dibutuhkan pada tahun 2021 berdasarkan laporan Glints 2020. 

Digital Marketing

Seperti yang kita ketahui, dunia marketing selalu berubah sejalan dengan perkembangan tren dan teknologi. Sehingga strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan harus dinamis. Konten yang dibuat semenarik mungkin juga menjadi bagian penting dalam strategi untuk dapat mendapatkan audience sebanyak-banyaknya.

Dikutip dari hubspot pada 2011, 78% pengguna internet sudah melakukan riset produk secara online. Di sisi lain, berdasarkan laporan Think With Google, 49% pengguna internet menggunakan Google untuk menemukan item atau produk baru.  Ini menunjukkan bahwa perkembangan marketing sudah sangat erat kaitanya dengan dunia digital. Selain itu, penggunaan tools digital sepeti google ads, analytics dan lainnya juga kini menjadi instrumen penting dalam digital marketing. Sehingga profesional di bidang digital marketing semakin dibutuhkan seperti beberapa jenis pekerjaan berikut.

1. Digital marketing strategist 

Digital marketing strategist umumnya bertanggung jawab untuk merencanakan, mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi pemasaran digital secara keseluruhan. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk mengelola, membimbing, dan melatih digital marketer dan posisi pemasaran lainnya dalam tim.

Berdasarkan paparan google yang dikutip ipsos.com, perusahaan yang menggunakan digital marketing strategist memiliki harapan pertumbuhan pendapatan 2,8 kali lebih baik daripada perusahaan yang tidak menggunakannya. Dengan analisis audience yang tepat, konten yang dibagikan di berbagai media dapat membuat proses pemasaran menjadi lebih menguntungkan. Jika Anda berniat untuk mencari seorang Digital marketing strategist, gaji yang mungkin perlu diberikan untuk posisi tersebut adalah Rp2.500.000 - Rp10.000.000.

2. Content marketing manager 

Content marketing manager bertanggung jawab untuk merencanakan, mengembangkan, dan menerapkan strategi pemasaran konten perusahaan secara keseluruhan dengan tujuan meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan. 

Berdasarkan The State of Content Marketing Survey 2019, sebanyak 96% marketer professionals saat ini mengatakan bahwa content marketing telah efektif untuk meningkatkan brand mereka. 

Selain itu, dikutip dari Mirabel's Marketing Manager, content marketing membantu marketer menampilkan nilai brand mereka sambil membangun rasa kepercayaan audience. Hal ini mengacu pada pembuatan, kurasi, dan berbagi konten secara gratis untuk menghasilkan lalu lintas situs web, meningkatkan engagement, menghasilkan prospek, dan mengubahnya menjadi penjualan. Ini menunjukan bahwa strategi marketing tidak bisa dianggap remeh.

prediksi-Pekerjaan-paling-banyak-dicari-2021

Berdasarkan riset yang dilakukan SEMrush pada 2019, menemukan setidaknya 78% perusahaan memiliki tim yang terdiri dari satu hingga tiga content specialist. Sehingga seorang content marketing manager sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk me-manage konten-konten yang akan digunakan dalam tujuan marketing.  Untuk gaji yang mungkin harus Anda berikan jika merekrut seorang content marketing manager adalah Rp12.000.000-Rp16.000.000.

Produk & Data 

Dikutip dari managementproductfestival.com, pemasaran sekarang menjadi perdagangan yang sangat bergantung pada data. Di mana setiap proposal kreatif perlu didukung oleh data. Sementara itu, manajemen produk, bersama dengan banyak trader lainnya sedang mengalami pergeseran  pada perkembangan karir mereka. Di mana literasi mengenai data tidak lagi hanya keterampilan yang “bagus untuk dimiliki”, tetapi salah satu keterampilan terpenting abad ini.

3. Product manager

Manajer produk bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan produk di seluruh siklus hidup produk. Hal ini termasuk memprioritaskan persyaratan produk dan pelanggan. Selain itu, PM juga menentukan visi produk, bekerja sama dengan tim penjualan, dan pemasaran untuk memastikan tujuan pendapatan dan kepuasan pelanggan tercapai. 

Namun, sejalan dengan perubahan dari tren industri. PM pada saat ini sangat dituntut agar lebih dapat mengembangakn intuisinya dalam perencanaan produk. Menurut  Tomas Chamorro yang merupakan Profesor Psikologi Bisnis dalam tulisannya di forbes menjelaskan, manajer yang hanya menggunakan intuitif mungkin menghadapi kesulitan jika mereka mengabaikan informasi berharga yang disediakan oleh data. Pada saat yang sama, para manajer yang mampu menggunakan intuisi berbasis data akan semakin diminati. 

Munculnya manajemen berbasis bukti akan menempatkan individu dengan penilaian dan keterampilan pengambilan keputusan yang lebih baik, paling tidak karena kapasitas mereka untuk menerjemahkan informasi menjadi pengetahuan, terutama tanpa adanya gambaran yang jelas. Sehingga ketika Anda ingin merekrut seorang product manager, paling tidak kandidat yang akan Anda pilih memiliki literasi data yang baik. Di samping itu, untuk gaji seorang manajer produk adalah Rp5.000.000-Rp15.000.000.

4. Data Analyst

Seorang data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang angka penjualan, riset pasar, logistik, linguistik, atau perilaku lainnya. Mereka membawa keahlian teknis untuk memastikan kualitas dan keakuratan data tersebut, kemudian memproses, merancang, dan menyajikannya dengan cara membantu orang, bisnis, dan  perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

Andrew McAfee dan Erik Brynjolfsson dalam Harvard Business Review, menjelaskan peluang perusahaan di sepertiga teratas industri yang menggunakan data dalam pengambilan keputusan, rata-rata 5% lebih produktif dan 6% lebih banyak menguntungkan daripada pesaing mereka. 

Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan data dalam bisnis tidak bisa dikesampingkan. Sehingga untuk mengembangkan bisnis, Anda membutuhkan data analyst untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang berguna untuk perencanaan dimasa depan. Untuk gaji seorang data analyst adalah Rp3.500.000-Rp11.000.000.

Software and technology

Peran perangkat lunak dan teknologi telah lama masuk dalam kebutuhan industri dan kemungkinan kita akan melihat tren ini berlanjut. Perusahaan terus mengadopsi teknologi baru, dan ini terus mendorong permintaan untuk peran khusus dari profesional yang mengembangkan dan mengadaptasi solusi perangkat lunak baru hingga salah satunya membuat situs web. 

Seperti yang kita tahu era mengandalkan buku telepon sudah lama berlalu. Website kini memiliki peran penting dalam melakukan kontak pertama dengan rekan bisnis atau pelanggan. Sehingga pengembagan website bisnis memiliki tempatnya sendiri dalam perusahaan.  Dalam pengembangan web tersebut biasanya dibutuhkan dua posisi penting yaitu Back-end developer dan Front-end developer.

5. Back-end developer

Back-end developer bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara teknologi di bagian belakang situs web seperti, server, database, dan aplikasi. Selain menangani logika bisnis, mereka juga memastikan pekerjaan pengembangan frontend terintegrasi dan tersampaikan dengan baik sesuai dengan tujuan dan visi proyek.

Dikutip dari Imaginary Cloud, Back-end memiliki peran penting dalam kinerja aplikasi web. Aplikasi web tersebut mengacu pada segala sesuatu yang menggunakan browser web dan teknologi web. Ini mencangkup semuanya seperti jaringan sosial (misalnya, Facebook), aplikasi (misalnya, Uber), dan pasar (misalnya, Amazon). Teknologi yang digunakan untuk mengerjakannya terdiri dari kombinasi server, database, dan aplikasi. Oleh karena itu, pekerjaan seorang Back-end developer tidak pernah mudah dirasakan dan dilihat langsung oleh pengguna. Itulah sebabnya profesi ini dikenal luas sebagai pekerjaan "di belakang layar".

Dalam laporan LinkedIn pada 2020, pekerjaan sebagai Back-end developer masuk dalam  Top 10 Emerging Jobs Indonesia. Yang mana pekerjaan ini sedang mengalami pertumbuhan luar biasa dan diprediksi akan menjadi tren jangka panjang. Bagi Anda yang sedang fokus untuk mengembangkan website perusahaan, gaji yang harus diberikan untuk seorang Back-end developer adalah Rp3.700.000-Rp15.000.000.

6. Front-end developer

Front-end developer memiliki tugas mengimplementasikan elemen visual yang terlihat dari sudut pandang pengguna komputer dalam aplikasi web. Pekerjaan ini menggabungkan seni desain dengan ilmu pemrograman. Seperti menerjemahkan gambar rangka desain UI/UX ke kode aktual.

Disamping itu, Front-end memiliki peran penting dalam hubungan awal dengan customer atau orang yang mengakses website Anda. Hal ini karena website ataupun aplikasi yang sedang dikembangkan dapat menjadi gambaran dari bisnis atau branding dari perusahaan Anda. Misalnya perusahaan start-up seperti Gojek yang selalu mengoptimalkan aplikasi mereka sehingga ramah bagi customer mereka. 

Namun dikutip dari 36creative.com, rencana pengembangan website atau aplikasi yang ditargetkan menghasilkan pengalaman yang nyaman dan ramah bagi pengguna, tidak sepenuhnya berhasil bagi bisnis kecuali tujuan Anda jelas. Sehingga pekerjaan Front-end ini harus terintegrasi secara baik dengan rencana bisnis perusahaan Anda. Jika Anda berencana merekrut Front-end developer maka gaji yang harus diberikan adalah Rp3.500.000-Rp15.000.000.

Itulah prediksi mengenai pekerjaan yang mungkin banyak dibutuhkan pada tahun 2021. Bagi Anda yang sedang mencari platform untuk membantu mengadakan pelatihan karyawan, ruangkerja siap membantu perusahaan Anda.  Karena ruangkerja dapat melaksanakan pelatihan yang ramah untuk multigenerasi, yang mana juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti:

  1. Collaboration, memungkinkan setiap peserta untuk dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya atau dengan ahli melalui forum diskusi. 
  2. Mobile learning, belajar jadi lebih fleksibel. Peserta dapat menyelesaikan pelatihan kapan saja di mana saja tanpa mengganggu jam kerja.
  3. Learning journey,dengan pendekatan belajar yang terstruktur dan sistematis cocok untuk karyawan atau profesional yang sibuk.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

 

Referensi

Asian Development Bank (2021). Indonesia’s Economy to Return to Growth in 2021 — ADB. https://www.adb.org/news/indonesia-economy-return-growth-2021-adb [Daring] (Diakses 9 Juni 2021)

Chamorro, Tomas (2014). The Intuitive Manager: A Threatened Species? https://www.forbes.com/sites/tomaspremuzic/2014/04/24/the-intuitive-manager-a-threatened-species/ [Daring] (Diakses 9 Juni 2021)

Glints (2021) Menguak Standar Gaji di Industri dalam E-book Glints: Laporan Gaji Indonesia 2020https://glints.com/id/lowongan/laporan-gaji-indonesia-2020/ [Daring] (Diakses 9 Juni 2021)

Zazzle Media (2019) The State of Content Marketing Survey 2019. https://www.zazzlemedia.co.uk/resources/content-marketing-survey-2019/ [Daring] (Diakses 9 Juni 2021)

Beri Komentar