Melatih dan Meningkatkan Keterampilan di Bidang Cloud

Muhammad Azka Rais Jul 8, 2021 • 4 min read


Melatih dan Meningkatkan Keterampilan di Bidang Cloud

Artikel ini membahas mengenai pentingnya melatih dan meningkatkan keterampilan di bidang cloud.

--

Berbagai macam perusahaan yang ada di dunia sudah dikelilingi oleh teknologi canggih, dan banyak yang sudah memanfaatkannya. Misalnya saja yang paling terlihat, perusahaan kini sudah mulai melakukan penyimpanan data secara online, yaitu menggunakan cloud.

Tentang Cloud dan Kegunaannya Bagi Perusahaan

Teknologi penyimpanan data ini membuat kinerja perusahaan dapat berjalan dengan efektif, karena bisa bekerja dengan jarak jauh. Bahkan ketika bekerja di tengah pandemi ini, dengan menggunakan cloud kita bisa bekerja dengan baik.

Meskipun cloud memudahkan pekerjaan, terkadang terdapat beberapa perusahaan yang hanya menggunakannya tanpa persiapan yang matang, seperti perencanaan dalam pengaplikasian teknologi ini. Tentunya hal tersebut menjadi tugas tambahan bagi perusahaan. Pasalnya teknologi cloud ini semakin dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan.

Komputasi awan semakin menjamur di perusahaan yang tersebar di seluruh dunia, terlebih ketika pandemi COVID-19 terjadi, yang memaksa para pekerjanya untuk bekerja jarak jauh. Menurut laporan Logicworks tahun 2020, terkait “Tantangan di Transformasi Cloud”, 86% pimpinan teknologi informasi percaya bahwa kekurangan SDM yang terampil di bidang cloud akan memperlambat kinerja mereka, juga 34% pimpinan teknologi informasi menyebutkan bahwa pergantian pekerja yang tinggi akan menghambat strategi perusahaan dalam penggunaan cloud.

Data Startup Ranking mencatat bahwa Indonesia merupakan negara penghasil startup terbanyak keenam di dunia, dan seiring bertambahnya startup lokal, belanja untuk layanan cloud turut meningkat, bahkan di tahun 2018 mencapai Rp18,3 triliun. Startup yang baru menggunakan layanan penyedia cloud agar dapat fokus pada produk dan layanan yang ingin dibuat, dengan tidak bersusah payah membangun infrastruktur sendiri.

Baca juga: Pekerjaan dan Keterampilan yang Dibutuhkan Tahun 2022

Tidak hanya bisnis yang memanfaatkan teknologi komputasi awan ini, tapi juga berbagai macam hal seperti penyimpanan data yang dapat diakses di manapun dan kapanpun. Cadangan data, juga Internet of Things, seperti smart car, smart home dan sebagainya. Berkaitan dengan hal ini, permintaan SDM yang mahir teknologi cloud semakin bertambah. Bahkan dari periode Oktober 2015 hingga 2019 terjadi peningkatan 55% lapangan pekerjaan di bidang Cloud Computing.

Seberapa Efektif Cloud Bagi Perusahaan?

Hasil survey Boston Consulting Group dan Amazon Web Service menyebutkan bahwa penggunaan teknologi cloud yang efektif membutuhkan SDM yang lebih mahir di bidang engineering, coding, dan spesialis yang mampu mendesain sistem untuk keperluan bisnis, juga keamanan data yang bersifat spesifik.

Terdapat juga laporan dari A Cloud’s Guru tahun 2020 bahwa lebih dari 90% pimpinan teknologi informasi berencana untuk memperluas penggunaan layanan cloud mereka dalam tiga tahun ke depan. Kemudian lebih dari 70% pimpinan teknologi informasi berpendapat bahwa teknologi komputasi awan ini membuat mereka lebih cepat dalam menghargai produk dan fitur baru. Serta hampir seluruh pimpinan teknologi informasi berkata bahwa bisnis yang mereka jalani beroperasi lebih efektif dengan adanya cloud.

Dengan demikian, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh berbagai perusahaan yang berencana untuk terus menggunakan teknologi cloud ini. Tentunya tidak ada strategi rahasia untuk perencanaan pelatihan cloud yang paling baik. Namun, perusahaan dapat melakukan peningkatan keterampilan, pelatihan keterampilan dan pelatihan keterampilan lintas fungsi.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Cloud?

Meningkatkan keterampilan berarti melatih pekerja terhadap keterampilan baru yang dapat membantu performa mereka meningkat. Kemudian, ketika perusahaan menggunakan cloud, akan muncul berbagai lapangan pekerjaan yang mengatur sistem cloud. Daripada merekrut pekerja baru, perusahaan dapat melatih para karyawan mereka untuk pekerjaan yang berkaitan dengan cloud, seperti Cloud Software Engineer, Cloud Network Engineer, Cloud System Engineer, Cloud Security, dan lain-lain.

Pelatihan keterampilan lintas fungsi berarti membantu para pekerja untuk menangani area fungsi dan departemen lain yang bukan tanggung jawabnya sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan efisiensi kinerja perusahaan, juga kepercayaan perusahaan terhadap para pekerjanya untuk mengemban tanggung jawab yang lebih banyak daripada sebelumnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) untuk mempersiapkan ratusan ribu pekerja yang terampil di bidang cloud. Lalu, untuk mendukung para pekerja meningkatkan keterampilan cloud, AWS menawarkan beberapa program dan sumber daya, di antaranya adalah:

  1. Pelatihan cloud gratis di perpustakaan digital. Di dalamnya terdapat pelatihan digital dasar, menengah dan lanjutan untuk membangun pengetahuan cloud, tersedia dalam bahasa Indonesia. Salah satu pelatihan cloud tersebut adalah AWS Cloud Practitioner Essentials.
  2. Kelas virtual pelatihan cloud diajarkan oleh tenaga ahli AWS.
  3. Untuk membantu pelajar Indonesia mengembangkan keterampilan Cloud sebelum memasuki dunia kerja, AWS berkolaborasi dengan institusi pendidikan. Kini, bentuk kolaborasi yang bernama AWS Academy itu tersedia di Universitas Telkom Bandung dan Universitas Klabat Minahasa Utara

Dengan meningkatnya jumlah SDM yang terampil di bidang cloud, akan meningkatkan kemungkinan pertumbuhan startup di Indonesia semakin merata. Pasalnya berdasarkan survei Badan Ekonomi Kreatif tahun 2018, lebih dari 50% startup Indonesia masih berlokasi di Jabodetabek. Jika kebutuhan teknologi dan SDM sudah seimbang, maka tidak hanya perusahaan-perusahaan yang mendapatkan manfaatnya. Peluang negara lain untuk menanam modal di Indonesia akan terbuka lebar.

Jika Anda menginginkan berkontribusi untuk negara di bidang teknologi informasi, inilah saatnya untuk menambahkan pengetahuan dan keterampilan tentang cloud. Anda dapat mengakses fasilitas yang telah dibuat oleh AWS, atau Anda dapat mengakses ruangkerja sekarang juga.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Beri Komentar