Pengertian, Manfaat, Rekomendasi Aplikasi E-Learning untuk Karyawan

Vindiasari Yunizha Nov 10, 2022 • 9 min read


Manfaat e-learning

Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan di era digital ini adalah model pembelajaran e-learning. Seperti apa manfaat dan jenis aplikasinya? Baca selengkapnya dalam artikel berikut ini!

- -

Memasuki era industri 4.0 dan era digital, teknologi maju semakin marak dimanfaatkan dan meningkat secara signifikan. Pasalnya tidak hanya memudahkan akses pembelajaran, tetapi juga kegiatan belajar e-learning saat ini sudah hampir menjadi sebuah model dan proses belajar yang dibutuhkan. Tapi apa itu yang dimaksud dengan e-learning?

Pengertian E-learning

E-learning adalah singkatan dari electronic dan learning atau pembelajaran berbasis elektronik. Menurut Bullen & Jeans (2007:176), e-learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan teknologi internet untuk memfasilitasi, menyampaikan, dan memungkinkan berjalannya proses pembelajaran jarak jauh.

Secara umum, e-learning adalah model pembelajaran atau sistem pembelajaran secara elektronik yang melibatkan teknologi. Pembelajaran e-learning dilakukan secara daring. Selain itu penerapannya dilakukan secara jarak jauh atau bisa dilakukan dari mana saja tidak terikat oleh ruang kelas untuk belajar.

E-learning adalah metode pembelajaran yang telah ada sejak tahun 1970-an. Universitas Illionis di Urbana-Champaign menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. Sistem tersebut hingga kini dikenal sebagai e-learning pertama dalam sejarah. Seiring perkembangan waktu, sistem ini mengalami peningkatan. Terdapat beragam penyebutan dari e-learning, yakni distance learning, online learning, remote learning, internet-enabled learning, virtual learning, web based distance education, e-learning, serta web based teaching and learning.

Berdasarkan waktu pelaksanaan, kegiatan e-learning terbagi menjadi dua, yaitu: synchronous dan asynchronous. Synchronous e-learning adalah pembelajaran yang berpedoman pada jadwal atau kerangka waktu pelajaran. Peserta didik dapat mengakses materi maupun tugas dalam kurun waktu yang sama. Peserta didik dapat mengakses materi maupun tugas dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan asynchronous e-learning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring (online), tetapi pemateri dan peserta pelatihan tidak dapat saling berkomunikasi secara langsung. Dalam hal ini peserta pelatihan melakukan belajar secara mandiri dengan tugas dan materi yang bisa diakses sendiri tanpa kehadiran pemateri.

Asynchronous e-learning tidak terikat oleh jadwal atau dapat dilakukan kapan pun. Dengan begitu peserta memiliki waktu leluasa untuk mengakses materi pelatihan yang disediakan. Pembelajaran secara asynchronous ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Baca juga: Kenali Pelatihan Online Synchronous dan Asynchronous learning, Serupa Tapi Tak Sama

Karakteristik E-learning

Merujuk dari buku berjudul Model-model Pembelajaran karya Rusman (2003), e-learning adalah pembelajaran yang memiliki karakteristik., Adapun karakteristik e-learning sebagai berikut:

1. Interactivity (Interaktivitas)

Pengertian dari interactiviy adalah pembelajaran e-learning memiliki ketersediaan jalur komunikasi yang lebih banyak, baik secara langsung (synchronous) maupun tidak langsung (asynchronous). Jalur komunikasi dalam pembelajaran synchronous meliputi chatting atau messenger. Sementara untuk asynchronous, komunikasi dilakukan melalui forum, mailing list, atau buku tamu.

2. Independency (kemandirian)

Karakteristik e-learning menekankan pada kemandirian dan fleksibilitas. Siapa pun bisa mengakses pembelajaran karena beragam aspek seperti penyediaan waktu, tempat, pengajar, dan bahan ajar lebih fleksibel. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi lebih terpusat kepada peserta atau siswa (student-centered learning).

Baca juga: Mengenal Konsep Remote Learning dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

3. Accessibility (aksesibilitas)

E-learning memiliki kemudahan dalam mengakses. Aksesibiltas dari materi dan cara mendapatkan pembelajaran terbilang mudah. Pendistribusian sumber-sumber materi melalui jaringan internet dengan akses yang bisa menjangkau peserta lebih luas.

4. Enrichment (pengayaan)

Proses pembelajaran dilakukan dengan metode yang menarik seperti presentasi materi, video streaming, simulasi, dan lain-lain. Materi e-learning sebagai pengayaan yang memungkinkan adanya pengembangan kapasitas dalam penggunaan perangkat teknologi informasi.

 

Manfaat E-learning dalam Dunia Kerja

Beragam manfaat dirasakan dari penerapan e-learning dalam kehidupan di era modern. Bahkan manfaat ini tidak hanya bisa dirasakan di bangku sekolah atau di bangku perkuliahan saja. Dunia kerja pun menerapkan model pembelajaran e-learning dalam memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan. Adapun manfaat e-learning di dunia kerja adalah sebagai berikut:

Manfaat E-Learning di Tempat Kerja

  1. Menghemat biaya perusahaan
  2. Mengurangi waktu belajar
  3. Materi lebih mudah diingat karyawan
  4. Aksesibilitas tepat waktu untuk karyawan di mana saja
  5. Memberi karyawan akses berkelanjutan ke sumber daya
  6. Menjamin lingkungan bebas risiko
  7. Memungkinkan kolaborasi global
  8. Sesuai dengan gaya hidup fleksibel karyawan Anda
  9. Dapat diskalakan untuk sejumlah karyawan
  10. Memberikan umpan balik kepada karyawan, dan manajer
  11. Memastikan konsistensi dan standarisasi pelatihan
  12. Mengurangi dampak lingkungan perusahaan Anda

Agar karyawan Anda mendapat pelatihan yang baik dan bermanfaat, pastikan materi pelatihan perusahaan Anda diberikan oleh expert dari Ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk lebih lanjut.

Pelatihan dengan expert

 

4 Rekomendasi Aplikasi E-learning Terbaik untuk Karyawan

 

1. Udemy

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran gratis yang dapat Anda akses untuk mempelajari apapun yang Anda mau. Bahkan, perusahaan Udemy sendiri sampai membuat Udemy for Organizations. Aplikasi ini cocok jika Anda ingin menerapkan MOOCs (Massive Open Online Courses) sebagai metode pelatihan SDM pada perusahaan Anda. Karyawan Anda dapat mengakses aplikasi ini melalui android atau iOS dengan gratis dalam mempelajari berbagai macam skill yang mereka butuhkan. Namun, Udemy sendiri memberikan biaya dalam beberapa kelasnya.

2. Skill Pill

Mirip dengan Udemy, Skill Pill merupakan aplikasi untuk pelatihan karyawan yang memberi materi pelajaran melalui video singkat atau menggunakan istilah pill. Seperti Udemy juga, Skill Pill adalah aplikasi pembelajaran secara gratis yang dapat dengan mudah diakses via android, iOS, Windows Phone dan juga bisa diakses melalui Blackberry. Melalui aplikasi ini, karyawan Anda dapat belajar mengenai topik-topik manajemen, sales, marketing, dan topik khusus lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar mengajar dan pelatihan bagi para karyawan perusahaan Anda.

3. DesignJot

Aplikasi pembelajaran elektronik ini adalah aplikasi pertama yang membantu desainer instruksional dalam membuat pelatihan, yang dibuat oleh Allen Communication Learning Services, Inc. Hanya dengan biaya 4.99 USD, aplikasi ini membantu desainer instruksional pemula dan berpengalaman untuk menyusun kelas pelatihan bersama kliennya.

4. BoostHQ

Berbeda dengan ketiga aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi berbagi konten yang gratis. Anda bisa memberikan konten pelatihan kepada orang-orang yang Anda pilih, baik itu dalam ruang lingkup yang besar maupun yang kecil. Bahkan, Anda juga dapat memberi akses kepada karyawan Anda untuk berbagi konten yang dibuatnya kepada karyawan lain. Selain itu, salah satu fitur unik dari aplikasi ini adalah BoostHQ Analytics akan memberi umpan balik untuk menyampaikan konten apa yang efektif dan tidak untuk karyawan Anda. Aplikasi ini tersedia di web, iOS dan android.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya penerapan e-learning pada masa pandemi covid-19 di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Edu Channel. 2022. Pengertian Elearning [online]. Link: https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-elearning.html (Accessed: 1 June 2022)

Bleich, Corey. 2021. 12 Of The Biggest Benefits Of eLearning For Employees [online]. Link: https://www.edgepointlearning.com/blog/advantages-of-elearning/ (Accessed: 9 June 2022).

Castrillon, Caroline. 2021. Why 2022 Is The Year Of Workplace Culture [online]. Link:https://www.forbes.com/sites/carolinecastrillon/2021/12/29/why-2022-is-the-year-of-workplace-culture/?sh=320df2311bbb (Accessed: 31 May 2022)

Higley. Michael. 2013. Benefits of Synchronous and Asynchronous e-Learning [online]. Link:https://elearningindustry.com/benefits-of-synchronous-and-asynchronous-e-learning (Accessed: 1 June 2022).

Bleich, Corey. ND. 12 of The Biggest Benefits of eLearning for Employees. [online] https://www.edgepointlearning.com/blog/advantages-of-elearning/ (Accessed: 10 November 2022)

Bahrami, Roz. 2016. 4 Best eLearning Mobile Apps For Your Employees. [online] https://elearningindustry.com/4-best-elearning-mobile-apps-employees (Accessed: 10 November 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar