Leader Wajib Tahu, Ini 6 Karakteristik Pemimpin yang Efektif

Vindiasari Yunizha Mar 4, 2022 • 7 min read


RK - Leader Wajib Tahu, ini 6 Karakteristik Pemimpin yang Efektif-01

Pemimpin yang berkarakter mampu mendorong suasana kerja yang profesional dan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Apa saja ya?

--

Menjadi pemimpin bukanlah perkara mudah. Butuh skill yang perlu diasah terus. Salah satu kemampuan yang wajib dilatih adalah kemampuan berkomunikasi. Terdengar sepele, namun pada praktiknya jika tidak bisa berkomunikasi secara efektif bisa berimbas pada kinerja tim.

Komunikasi efektif menjadi hal pokok dalam perusahaan karena berkaitan dengan kepercayaan dan citra seseorang maupun perusahaan. Hubungan yang kurang baik pada akhirnya mampu menciptakan hambatan dalam perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Memahami Karakter Leadership Communication Skill bagi Pemimpin Bisnis dan Perusahaan

Penelitian menyebut kepemimpinan yang tidak efektif dapat merugikan perusahaan lebih dari sekadar moral. Hal tersebut terungkap melalui penelitian dari Gallup, 24 persen karyawan secara aktif tidak terlibat sebagai akibat dari manajemen yang buruk, yang mengarah ke tim yang kurang produktif, kurang menguntungkan, dan lebih mungkin menyebabkan tingginya angka pertukaran karyawan. Hampir dua kali lipat gaji tahunan setiap karyawan yang berhenti.

Karakter Pemimpin yang Efektif

Menjadi pemimpin dengan keterampilan komunikasi yang baik, tentu memiliki karakter tersendiri. Berikut karakter dari pemimpin yang efektif dalam penerapan keterampilan komunikasinya:

1. Memiliki kemampuan memengaruhi orang lain

“Kepemimpinan adalah tentang memengaruhi orang,” Kirstin Lynde, pendiri perusahaan pengembangan kepemimpinan Catalyze Associates.

Memengaruhi orang lain sama halnya dengan membangun kepercayaan antar rekan kerja. Fokus pada pemahaman motivasi mereka dan dorong  untuk memberikan pendapatnya. Pemimpin kemudian dapat menggunakan pengetahuan itu untuk membuat perubahan dan menunjukkan bahwa suara rekan kerja sangat penting.

2. Memiliki transparansi dengan batasan

Bagian dari membangun kepercayaan adalah menjadi transparan. Semakin terbuka seorang pemimpin tentang tujuan dan tantangan organisasi, semakin mudah bagi karyawan untuk memahami peran mereka dan bagaimana dapat berkontribusi secara individu bagi keberhasilan perusahaan. Kesamaan nilai dan tujuan itu kemudian diterjemahkan ke dalam tingkat keterlibatan karyawan yang lebih tinggi.

Sementara transparansi sering dimaksudkan untuk mempromosikan kolaborasi, berbagi pengetahuan, dan akuntabilitas, terlalu banyak dapat memiliki efek sebaliknya, menurut Ethan Bernstein, seorang profesor perilaku organisasi di Harvard Business School.

“Ruang kerja terbuka yang luas dan banyak data real-time tentang bagaimana individu menghabiskan waktu mereka dapat membuat karyawan merasa terbuka dan rentan,” tulis Bernstein di Harvard Business Review.

Bernstein mendorong untuk menyeimbangkan transparansi dengan privasi dan menetapkan berbagai jenis batasan untuk terus bereksperimen dan mendorong kolaborasi.

3. Mendorong pengambilan risiko dan inovasi

Eksperimen sangat penting untuk membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Para pemimpin hebat menyadari hal ini dan mendorong pengambilan risiko dan inovasi dalam organisasinya.

Dengan menciptakan budaya belajar dari kegagalan, karyawan lebih berani menguji teori atau mengajukan ide-ide baru. Karyawan melihat kreativitas itu tetap dihargai. Bagi beberapa perusahaan, mereka tak lupa memberikan bonus bagi karyawannya yang mampu mengeluarkan ide dan inovasi baru bagi perusahaan.

Namun demikian, tak sedikit perusahaan yang hanya berani mengambil posisi aman. Terobosan besar tidak terjadi ketika perusahaan bermain aman dan tidak berani mengambil risiko. Jika berniat baik, kegagalan seringkali menjadi pelajaran bisnis yang berharga.

4. Memiliki nilai etika dan integritas

Dalam sebuah survei oleh perusahaan konsultan Robert Half, 75 persen karyawan menempatkan "integritas" sebagai atribut paling penting dari seorang pemimpin. Dalam survei terpisah oleh Sunnie Giles, pencipta Quantum Leadership, 67 persen responden menilai “standar moral yang tinggi” sebagai kompetensi kepemimpinan yang paling penting.

“Seorang pemimpin dengan standar etika yang tinggi menyampaikan komitmen terhadap keadilan, menanamkan keyakinan bahwa mereka dan karyawan akan menghormati aturan main,” tulis Giles dalam Harvard Business Review.

Karyawan ingin merasa aman di lingkungan kerja dan tahu bahwa manajer mereka akan membela, memperlakukan dengan adil, dan, pada akhirnya, melakukan apa yang benar untuk bisnis. Sebagai seorang pemimpin, penting untuk bertindak dengan integritas, baik untuk membangun kepercayaan di dalam tim maupun untuk menciptakan perilaku teladan bagi orang lain dalam organisasi.

5. Bertindak tegas

Dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan cepat berubah, menurut laporan dari Harvard Business Publishing, pemimpin yang efektif perlu membuat keputusan strategis dengan cepat, bahkan sebelum informasi definitif tersedia. Pemimpin harus memiliki gambaran besar tentang organisasi untuk menyeimbangkan peluang yang muncul dengan tujuan dan sasaran jangka panjang.

Setelah pemimpin membuat keputusan, karyawan sebaiknya bisa mematuhi pilihan yang diambil, kecuali ada alasan kuat untuk mengalihkan fokus. Tujuan pemimpin adalah untuk memajukan organisasi, tetapi itu tidak akan terjadi jika pemimpin tidak mengambil keputusan dengan ragu-ragu.

6. Selaraskan kenyataan yang sulit dengan optimisme

Setiap keputusan yang diambil pemimpin, tidak terlepas dari adanya konsekuensi kegagalan. Akan ada saat-saat ketika pemimpin bertemu dengan kegagalan. Saat kejadian itu terjadi, pemimpin mengambil tindakan untuk melatih ketahanan.

“Menahan kemunduran sambil mempertahankan kemampuan untuk menunjukkan kepada orang lain cara untuk maju adalah ujian kepemimpinan yang sesungguhnya,” kata Dekan Harvard Business School Nitin Nohria kepada Working Knowledge.

Pemimpin yang efektif tidak menghindari kenyataan yang sulit. Sebaliknya, mereka bertanggung jawab atas keputusannya, mempertahankan optimisme, dan fokus untuk memetakan tindakan baru. Mereka juga membantu orang lain mengatasi perubahan organisasi dan mengatasi masalah dengan cepat, sehingga masalah tidak memburuk dan meningkat.

RK - 6 Karakteristik Pemimpin yang Efektif

Keuntungan memiliki pemimpin yang efektif

Memiliki pemimpin yang mampu berkomunikasi secara efektif turut memberikan peluang positif terhadap perusahaan dan bisnis. Berikut beberapa manfaat memiliki pemimpin yang efektif bagi perusahaan dan bisnis:

1. Mampu menerapkan nilai (value) dan visi perusahaan

Setiap perusahaan memiliki visi dan nilai budaya kerja yang diterapkan. Tak sedikit visi tersebut merupakan tujuan jangka panjang yang memerlukan perencanaan. Dengan pemimpin berkarakter, pastinya mereka bisa mengarahkan dan mendukung karyawannya untuk tetap menerapkan nilai dan visi perusahaan dalam keseharian.

2. Meningkatkan moral

Daripada melakukan rekrutmen karyawan secara berkala, ada baiknya menguatkan sumberdaya manusia atau karyawan yang masih bekerja di perusahaan. Menguatkan sumberdaya sama halnya menghemat biaya perekrutan. Mempertahankan karyawan sama pentingnya dengan menghemat pengeluaran dalam perusahaan.

Memiliki karyawan yang setia dan bertahan dalam perusahaan merupakan aset tak lekang oleh waktu. Pemimpin yang efektif mampu memberikan karyawan dan berusaha membuat mereka bertahan dan nyaman saat bekerja.

3. Memudahkan komunikasi dengan beragam latar belakang karyawan

Mengambil keputusan bukanlah hal mudah, apalagi menyangkut banyak orang. Keberadaan pemimpin yang efektif bisa mengurangi adanya misscommunication atau kesalahpahaman dalam bekerja.

Selain itu, pemimpin berkarakter bisa membangun suasana kerja yang positif dengan beragam latar belakang.

4. Mampu memberikan apresiasi dan motivasi bagi karyawan

Memiliki pemimpin berkarakter kuat mampu mendukung karyawan untuk terus menampilkan performa terbaiknya. Pemimpin tersebut akan memberikan imbal balik yang selaras dengan kinerja karyawan. Misalnya memberikan kesejahteraan dan apresiasi terhadap kinerjanya.

5. Menyediakan sumberdaya yang mumpuni dan kredibel

Memiliki pemimpin yang efektif turut memberikan dampak pada lingkungan dan suasana kerja yang profesional. Karyawan dan rekan kerja merasakan adanya sosok yang terus mendukungnya untuk bekerja dengan maksimal.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan leadership communication skill di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  • Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  • Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  • Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Sumber:

Landry, Lauren. 2018. 6 Characteristics of An Effective Leader [online]. Link: https://online.hbs.edu/blog/post/characteristics-of-an-effective-leader

Landry, Lauren. 2019. 8 Essential Leadership Communication Skills [online]. Link:https://online.hbs.edu/blog/post/leadership-communication (Accessed: 18 November 2021).

Schwartz, Katie. 2017. 5 Important Communication Skills for Leaders [online]. Link: https://trainingindustry.com/blog/leadership/5-important-communication-skills-for-leaders/ (Accessed: 18 November 2021).

Hackel, Evan. 2016. Key Leadership Skill: Understanding the Three Levels of Communication [online]. Link:https://trainingindustry.com/blog/leadership/key-leadership-skill-understanding-the-three-levels-of-communication/ (Accessed: 18 November 2021).

Meinert, Dori. 2019. How to Improve Leaders' Communication Skills [online]. Link: ttps://www.shrm.org/hr-today/news/hr-magazine/spring2019/pages/how-to-improve-leaders-communication-skills.aspx (Accessed: 18 November 2021).

Daniels, Fay. 2019. 5 Reasons Strong Leadership is Important in a Business [online]. Link:https://www.businesswest.co.uk/blog/5-reasons-strong-leadership-important-business (Accessed: 18 November 2021).

Profile

Vindiasari Yunizha

Beri Komentar