Ghosting, Gaslighting, dan 35 Istilah Kekinian Dunia Kerja Lainnya

Muhammad Azka Rais Jun 14, 2022 • 15 min read


 

ghosting

Kini istilah ghosting dan gaslighting sudah menjadi istilah yang tren di dunia kerja. Apakah ada istilah-istilah lainnya yang perlu Anda ketahui? Simak artikel berikut ini!

- -

Mungkin Anda mengenal istilah seperti ghosting dan gaslighting sebagai istilah kencan yang populer. Tapi saat ini, istilah-istilah tersebut sudah mulai merambah ke dunia kerja. Tentunya mengenal istilah-istilah yang sedang kekinian dapat membuat Anda lebih berbaur di lingkungan kerja. Baik kepada rekan kerja ataupun karyawan, bahkan dapat lebih memudahkan komunikasi jika Anda bekerja di perusahaan asing atau di multinational company dan berbicara dengan pegawai asing di sana.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa istilah kekinian yang menjadi populer juga di dunia kerja. Beberapa istilah kekinian tersebut adalah sebagai berikut.

1. Activity-Based Clustering

Activity based clustering adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mendesain tempat kerja. Hasil bentuknya mulai dari tempat terbuka untuk brainstorming, meja berbagi yang besar hingga ke tempat istirahat dan cafe. Sistem ini digunakan untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan pegawai atau tim di perusahaan.

2. Back to the drawing board

Istilah back to the drawing bord memiliki makna bahwa “memulai lagi dari awal.” Hal ini didapat dari ketika misalnya Anda ingin membuat projek baru, Anda berunding dengan tim sambil mencatat diskusi di papan. Lalu jika projek tersebut ditolak, Anda kembali lagi ke tahap diskusi bersama tim.

3. Back to the salt mines

Ketika Anda bekerja tentu Anda memiliki waktu untuk istirahat. Misalnya untuk makan atau sekadar berbincang dengan karyawan Anda. Istilah ini Anda gunakan ketika Anda kembali bekerja setelah rehat sejenak.

4. Backfill

Mungkin di perusahaan Anda ada seseorang yang resign, dipecat atau pindah posisi atas suatu keadaan, misalnya kasus Covid-19. Kemudian perusahaan Anda memutuskan untuk membuka lowongan pekerjaan atau posisi untuk menggantikan seseorang yang sudah keluar dari perusahaan Anda. Istilah backfill tersebut digunakan untuk menggambarkan posisi yang sedang kosong tersebut. Misalnya seseorang melakukan sesuatu yang melanggar peraturan perusahaan, ia dipecat dan terdapat lowongan pekerjaan. Lalu sebagai manajer, Anda harus mencari seseorang untuk mengisi backfill.

5. Blue-collar worker

Tidak hanya blue collar worker, tetapi juga terdapat white collar worker dan pink collar worker. Masing-masing istilah ini digunakan untuk mengelompokkan tipe pekerja. Blue collar worker mengacu pada karyawan kelas pekerja yang melakukan pekerjaan manual. Pink collar worker untuk menggambarkan karyawan yang bekerja di industri jasa. Sedangkan white collar worker digunakan untuk mengelompokkan pekerja kantoran atau seseorang yang menjadi manajer.

6. Bootstrap

Di Silicon Valley bootstrapping adalah kode untuk mendanai startup sendiri. Tapi juga dapat diartikan sebagai usaha baru yang memiliki budget terbatas. Perusahaan seperti ini juga merupakan perusahaan yang karyawannya melakukan segalanya dan lebih mendapatkan pilihan saham daripada gaji.

7. Breadcrumbing

Breadcrumbing merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perusahaan yang tetap mempertahankan seorang karyawan dengan memberi janji pelatihan atau naik pangkat, tetapi tidak kunjung ditepati. Bahkan bisa juga terjadi saat sedang merekrut karyawan baru yang dijanjikan akan suatu posisi. Tetapi pada akhirnya pelaku akan tidak menerima calon karyawan tersebut tidak diterima.

8. Breakout spaces

Breakout spaces adalah tempat terbuka di tempat kerja yang memisahkan area pekerjaan. Area ini didesain untuk karyawan beristirahat, makan siang atau mengadakan rapat informal.

9. Bumped up

Bumped up adalah istilah yang digunakan ketika Anda atau karyawan Anda mendapatkan kenaikan pangkat atau kenaikan gaji.

10. Bust one’s buns

Istilah bust one’s buns memiliki makna bekerja sangat keras. Istilah ini berasal dari keadaan ketika Anda menghabiskan waktu duduk di kursi untuk bekerja dan merasakan ketidaknyamanan di tubuh bagian bawah.

11. Carve out a niche

Carve out a niche adalah istilah yang menggambarkan keadaan Anda sedang fokus pada sebuah segmen, area kerja atau bisnis yang sangat sempit, yang tidak semua orang dapat melakukannya.

12. Circle Back

Istilah circle back digunakan ketika Anda pernah teralihkan dalam rapat atau ketika menghadapi suatu masalah yang belum dapat dipecahkan oleh siapa pun, dan Anda ingin membahasnya atau fokus padanya di kesempatan lain.

13. Close of play

Close of play adalah istilah yang cukup populer di dunia pekerjaan, yaitu ketika pimpinan perusahaan meminta Anda mengerjakan suatu tugas saat waktu Anda bekerja hampir selesai. Misalnya Anda bekerja di perusahaan dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Pimpinan perusahaan meminta Anda mengerjakan laporan pukul 5 sore kurang 15 menit. Sedangkan laporan yang diminta harus dikerjakan selama 1 jam. Sehingga memaksa Anda untuk bekerja lebih lama di luar jam yang sudah Anda setujui di perjanjian kerja.

14. Deadwood

Mungkin Anda menyadari terdapat seorang karyawan atau pegawai di perusahaan Anda yang tidak memiliki kemampuan atau tidak dapat melakukan sesuatu yang menguntungkan bisnis atau perusahaan Anda. Terdapat istilah yang tepat untuk karyawan tersebut, yaitu deadwood.

15. Desk jockey

Anda mungkin mengenal seorang karyawan atau pegawai, atau bahkan rekan kerja Anda sendiri yang hanya fokus bekerja di kantor dan tidak aktif. Seseorang tersebut dapat dikatakan sebagai desk jockey.

Selain mengetahui istilah-istilah kekinian dalam dunia kerja untuk meningkatkan kualitas Anda dan karyawan, Anda dapat mendaftarkan karyawan Anda untuk mengikuti pelatihan berbasis LMS ruangkerja. Mari gabung sekarang juga dengan mengklik gambar di bawah ini.

Pelatihan berbasis LMS Ruangkerja

 

16. Dog eat dog world

Istilah dog eat dog world adalah istilah yang menggambarkan keadaan dunia pekerjaan kejam dan hanya yang terkuat yang dapat bertahan. Terkadang memaksa Anda untuk menjadi orang yang sangat agresif dan pintar agar bisa menjadi sukses.

17. Drill down

Drill down adalah istilah yang digunakan untuk meminta pegawai perusahaan untuk melihat detail dari sesuatu. Misalnya sebuah informasi, tugas dan lain-lain.

18. Fly-by-night operations

Dalam dunia pekerjaan, terdapat bisnis yang tidak dapat dipercaya dan diandalkan, karena bisnis tersebut menjalankan praktik yang tidak jujur agar mendapatkan uang yang cepat dan mudah. Istilah yang sesuai dengan bisnis tersebut adalah fly-by-night operations. Oleh karena itu, Jika Anda tidak yakin akan bagaimana suatu perusahaan berjalan, lebih baik untuk menghindarinya.

19. Front of house

Front of house adalah istilah yang digunakan untuk pekerja yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Misalnya seorang pelayan restoran.

20. Gaslighting

Istilah gaslighting ini populer dalam sebuah hubungan. Istilah ini menjadi salah satu istilah yang paling banyak digunakan di dunia pekerjaan, yaitu ketika pelaku gaslighting (karyawan atau pimpinan) memanipulasi Anda. Gaslighter akan membuat Anda sebagai korban akan mempertanyakan apakah ingatan atau persepsi Anda terhadap sesuatu keliru. Sehingga Anda mau tidak mau menjadi seorang yang dikambing hitamkan. Ini jenis bentuk pelecehan emosional yang memanipulasi perasaan, yang bisa membuat orang tidak tahu apakah ia benar atau salah, bahkan mungkin dapat menyalahkan dirinya sendiri.

21. Ghosting

Istilah ghosting adalah istilah kencan sehari-hari yang mengacu pada pemutusan kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa ada penjelasan. Dalam dunia kerja dapat berarti pelamar pekerja tidak memberi kabar bahwa ia menolak tawaran pekerjaan atau tidak menghadiri undangan wawancara, sehingga merugikan perekrut. Tapi hal ini juga dapat dilakukan oleh seorang perekrut ketika mereka tidak memberi kabar terbaru kepada kandidat terkait lowongan pekerjaan. Pihak yang di-ghosting atau yang menjadi korban dapat mempertanyakan kesalahan apa yang ia lakukan, tanpa tahu apakah benar atau tidak. Bahkan dapat memunculkan masalah kepercayaan diri.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Ghosting di Dunia Kerja dan Strategi Mengatasinya

22. Hot Desk

Hot desk merupakan istilah yang menggambarkan praktik alokasi tugas kepada pekerja, karena tugas tersebut tidak ada yang mengerjakannya. Dengan begitu, tugas yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat tetap terselesaikan.

23. Huddle Rooms

Huddle rooms adalah ruangan yang digunakan untuk melakukan rapat singkat.

24. Kitten Fishing

Istilah kitten fishing digunakan kepada seorang pelamar kerja yang menuliskan kemampuan dan pengalaman kerja yang berlebihan dan dibuat-buat agar ia diterima di pekerjaan atau perusahaan yang diinginkannya.

25. Leverage

Leverage merupakan istilah yang digunakan untuk menginfluensi sebuah sistem atau lingkungan, dengan cara menlipatgandakan upaya Anda.

26. Neighborhoods

Istilah neighbourhoods adalah praktik berkelompok antara pegawai, departemen atau tim dalam satu tempat kerja yang sama.

27. No-brainer

No-brainer adalah istilah yang menggambarkan keadaan Anda tidak perlu membuang tenaga dan pikiran akan sesuatu. Misalnya Anda mengambil alih tugas yang mudah dan dapat cepat diselesaikan.

28. Paradigm Shift

Jika perusahaan Anda melakukan perubahan besar atau perkembangan besar terkait produk atau jasa, maka istilah yang sesuai dengan keadaan ini adalah paradigm shift.

29. Phishing

Phising adalah istilah yang menggambarkan seorang penipu yang meniru rekan kerja Anda atau seorang klien. Bisa jadi karyawan yang tertipu, kemudian memberikan informasi perusahaan sensitif. Tindakan manipulasi dan penipuan ini merupakan hal yang dapat membahayakan bisnis perusahaan Anda. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah catfishing.

30. Ping

Istilah ping dapat Anda gunakan dalam perusahaan Anda ketika ingin diingatkan atau dipanggil akan sesuatu.

31. Pivot

Pivot dapat menjadi kode yang dapat Anda gunakan untuk memberitahu bahwa tim atau perusahaan Anda melakukan sebuah kesalahan, sehingga harus mengubah haluan. Entah itu menghentikan projek yang sudah terjadi kesalahan, atau mengganti strategi.

32. Roaching

Roaching merupakan istilah yang digunakan kepada seorang kandidat pekerjaan atau pegawai yang mencari peran lain daripada pekerjaannya, karena ada tawaran yang lebih menguntungkan. Tentu saja hal ini normal dilakukan, namun jika seseorang itu mendaftarkan diri ke perusahaan kompetitor, maka akan berdampak buruk ke perusahaannya yang sekarang. Sehingga pihak perusahaan membuat peraturan kepada pegawainya untuk tidak melamar ke perusahaan kompetitor.

33. Sandbox

Istilah sandbox digunakan untuk menggambarkan tempat virtual untuk pegawai yang ingin melakukan percobaan terkait software atau coding.

34. Sunset

Dalam dunia pekerjaan, istilah sunset digunakan untuk memperhalus keputusan untuk menghentikan sebuah jasa atau projek. Misalnya saja, projek yang Anda kerjakan bersama tim menghadapi situasi yang tidak menguntungkan, dan membuat projek Anda tidak dapat selesai pada waktu yang sudah dijanjikan. Kemudian Anda dan tim memutuskan untuk menghentikan projek tersebut.

35. To axe someone

To axe someone merupakan istilah yang digunakan untuk menggantikan kata “memecat” seseorang.

36. Wayfinding

Wayfinding adalah istilah yang berarti berbagai macam cara yang digunakan oleh orang untuk menavigasi mereka sendiri ketika mencari sebuah solusi dari suatu permasalahan. Misalnya software wayfinding yang bisa oleh manajer fasilitas untuk merampingkan tugas-tugas yang memakan waktu, seperti merencanakan dan mengelola perpondahan, melacak karyawan, mengelola permintaan fasilitas, dan memperbarui konfigurasi denah lantai.

37. Zero cycles

Istilah zero cycles digunakan untuk mengungkapkan penolakan terhadap permintaan sebuah pekerjaan atau alasan untuk menghindar jika diajak mengerjakan sesuatu, dikarenakan tidak memiliki kemampuan atau tenaga untuk mengerjakannya.

Demikian istilah kekinian dalam dunia kerja yang dapat membantu Anda berbaur dengan karyawan Anda atau pegawai asing. Selain itu, dengan mengetahui istilah bahasa Inggris tersebut dapat membuat Anda tidak ketinggalan tren dan mungkin dapat membantu mengembangkan perkembangan karier Anda.

Selain memahami istilah-istilah di atas, Anda bisa mendaftarkan perusahaan Anda ke dalam ruangkerja. Di sana, baik Anda maupun karyawan Anda dapat mengikuti pelatihan berbasis mobile yang dapat diakses kapanpun dan di manapun. Fitur-fitur ruangkerja sendiri meliputi:

  1. Rewards point: Peserta dapat memperoleh poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah yang ditetapkan perusahaan.
  2. Leaderboards: Memotivasi peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor yang tinggi.
  3. Collaboration: Ruang untuk berdiskusi dengan peserta lain.

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Brouard, Camille. 2019. [Online at] https://www.myhrtoolkit.com/blog/dating-slang-workplace?hs_amp=true (accessed 10 June 2022)

Jones, Larry. 2020. [Online at] https://preply.com/en/blog/11-slang-expressions-and-idioms-in-english-that-are-used-at-work/ (accessed 10 June 2022)

Poole, Steven. 2013. [Online at] https://amp.theguardian.com/money/2013/oct/22/a-z-modern-office-jargon (accessed 10 June 2022)

Morch, Allan. 2018. [Online at] https://www.askcody.com/blog/the-ultimate-modern-workplace-office-jargon-cheat-sheet (accessed 10 June 2022)

Condeco. ND. [Online at] https://www.condecosoftware.com/blog/glossary/ (accessed 10 June 2022)

 

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.

Beri Komentar