Fitur Points-based Rewards Meningkatkan Performa Karyawan, Mitos atau Fakta?

Posted by Naya Dini on Aug 6, 2020 5:23:31 PM

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan performa dan motivasi karyawan saat mengikuti pelatihan dan pengembangan karyawan? 

 

Learning management system merupakan opsi terbaik bagi perusahaan untuk mengadakan pelatihan karyawan selain mempunyai banyak fitur lms. Namun, sistem training pegawai secara daring masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Salah satu kekurangan tersebut adalah rendahnya motivasi karyawan untuk mengadopsi self-directed learning, sehingga target completion rate dari perusahaan tidak tercapai. Dengan demikian, dibutuhkan fitur pada learning management system yang dapat menjaga motivasi dan meningkatkan produktivitas pekerja.

 

fitur point rewards

Sumber: instagram.com/ruangkerja

Beberapa waktu lalu, ruangkerja merilis fitur points-based rewards dengan nama Reward Points. Reward Points adalah fitur yang mengukur performa karyawan perusahaan Anda berdasarkan peringkat. Melalui fitur ini, karyawan yang mengikuti pelatihan karyawan online dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan beberapa misi yang dijalaninya termasuk video, kuis, materi dan post-test. Fitur tersebut memungkinkan peserta training untuk mendapatkan hadiah yang telah diatur oleh admin jika berhasil memperoleh peringkat tertinggi. 

 

Lalu, mengapa fitur Reward Points pada ruangkerja penting bagi perusahaan Anda?

 

1. Meningkatkan motivasi karyawan

fitur point rewards

Sumber: instagram.com/ruangkerja

Papan peringkat atau leaderboard pada fitur Reward Points dan pemberian reward pada peringkat tertinggi akan memacu karyawan untuk bersaing, sehingga produktivitas kinerja mereka dapat meningkat. Tetapi, kompetisi pada online learning platform tidak berarti pegawai Anda tidak akan menikmati pembelajarannya. Hal tersebut dikarenakan suasana training pegawai yang lebih menyenangkan.

Mengisi kuis dan dapat melihat hasilnya langsung di papan peringkat Reward Points terdengar jauh lebih menarik daripada mengerjakan tes dengan membaca teks dan harus menuliskan jawaban panjang. Dengan demikian, fitur ini akan meningkatkan kualitas partisipasi pegawai pada pelatihan karyawan secara online oleh perusahaan Anda.

 

Baca Juga: e-Learning Berbasis Video, Benarkah Efektif untuk Pelatihan Karyawan?

 

2. Direct feedback untuk perusahaan dan karyawan

Dengan fitur Reward Points, perusahaan dapat melihat karyawan yang mengalami masalah pada training untuk karyawan dilihat dari pernah atau tidaknya mereka menduduki peringkat atas hingga peringkat rata-rata. Fitur ini juga dapat menjadi pertimbangan tambahan pada performance appraisal system perusahaan yang berdasarkan KPI (Key Performance Index) dan/atau OKR (Objective & Key Result). Selain itu, fitur Reward Points pada training pegawai membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan, serta seberapa jauh mereka dapat menempuh pelatihan dan pengembangan karyawan secara online. Fitur Reward Points ini pun menjadi sarana evaluasi bagi karyawan dan perusahaan.

3. Fitur Reward Points dapat menjaga perhatian dan konsentrasi karyawan

Fitur Reward Points pada ruangkerja dapat menjaga konsentrasi karyawan saat melakukan pelatihan dan pengembangan SDM online. Menjaga perhatian ketika mengikuti pelatihan adalah bagian integral karena sering kali peserta pelatihan karyawan mengalami banyak distraksi, sehingga minimnya pengetahuan yang diserap hingga kegagalan di kelas training untuk karyawan sering terjadi. Fitur Reward Points meningkatkan keterlibatan dengan memberikan insentif bagi pelajar untuk memperhatikan dan menyelesaikan kegiatan. Fitur pengujian keterampilan dengan kuis dan point-based rewards dapat mendorong pendengaran dan pengamatan yang lebih baik. Ketika karyawan fokus dengan permainan pada fitur Reward Points, mereka lebih cenderung menyerap informasi yang disajikan kepada mereka.

 

fitur point rewardsSumber: instagram.com/ruangkerja

Dengan demikian, fitur Reward Points pada ruangkerja dipercaya mampu meningkatkan motivasi karyawan, membuat pelatihan dan pengembangan SDM online lebih menyenangkan, meningkatkan keterlibatan, dan, sebagai hasilnya, membantu perusahaan dan karyawan berkembang menjadi lebih baik dicerminkan oleh completion rate yang memuaskan. Rasakan manfaat fitur ini dengan bergabung bersama ruangkerja.

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!