Strategi Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri – Contoh Studi Kasus Taekwang

Study Case Ruangkerja Terkait Taekwang

 

Peningkatan efisiensi produksi adalah salah satu kunci utama untuk menghadapi perubahan dinamis dalam industri manufaktur dan itu bisa dicapai dengan pengembangan kualitas tenaga kerja lewat pelatihan.

Hal itu juga disadari oleh Taekwang. Perusahaan manufaktur sepatu ini sangat memperhatikan usaha pengembangan kemampuan karyawan mereka, terutama para pekerja blue-collar di divisi produksi.

Simak contoh studi kasus dimana solusi Ruangkerja bisa mengatasi tantangan pelatihan dan pengembangan SDM Taekwang dalam meningkatkan daya saing industri.

 

Tantangan Yang Dihadapi

Taekwang memiliki 75.000 lebih karyawan, dimana 10% adalah baby boomer, dan 90% lainnya merupakan generasi millenial dan gen Z.

Jumlah karyawan yang sangat besar itu terbagi-bagi dalam beberapa shift kerja yang menyulitkan pengaturan jadwal pelatihan.

Selain itu, waktu kerja di bidang produksi seringkali berubah mengikuti permintaan produksi disaat tertentu, sehingga karyawan sulit mengikuti jadwal pelatihan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Yang terjadi adalah, jadwal pelatihan harus banyak diubah dan diundur untuk menyesuaikan dengan waktu yang tersedia. Terkadang waktu pelatihan ini bahkan harus menggunakan waktu lembur yang mengakibatkan membengkaknya budget pelatihan.

 

Solusi Yang Ditawarkan Ruangkerja

Taekwang membutuhkan solusi pelatihan untuk bisa menghasilkan karyawan berkualitas tinggi tanpa mengganggu aktivitas produksi dan tidak menimbulkan biaya tambahan.

Untuk memenuhi kebutuhan dan demografi Taekwang yang unik, LMS Ruangkerja menawarkan solusi untuk pelatihan dan pengembangan yang fleksibel, diantaranya:

  • Pelatihan online yang mudah dibuat, di-deliver, dan di-track sehingga bisa membantu karyawan untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan sesuai dengan peran mereka.
  • LMS yang user friendly, mudah dikembangkan, dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  • LMS dengan advanced analytics dan reporting dashboard yang bisa membantu manager/HR untuk melacak kemajuan peserta didik dan mengevaluasi efektivitas program pembelajaran mereka.
  • Desain LMS yang mobile-friendly dan mudah digunakan. Materi pelatihan bisa diakses kapan saja dan dari mana saja dengan menggunakan aplikasi mobile atau lewat web.
  • Dengan semua fitur tersebut, LMS Ruangkerja bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih nyaman.

 

Implementasi Pelatihan

Selama enam bulan berjalannya proses pelatihan online, ada 5113 karyawan yang terdaftar dan seluruhnya (100%) terlibat secara aktif. Sementara itu, tingkat penyelesaian mencapai 93,1 % dengan jumlah total assignment sebanyak 31.270.

Tingkat kepuasan pengguna (CSAT) sebesar 4,59/5 menunjukkan bahwa pengguna aplikasi LMS Ruangkerja merasa bahwa platform ini bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Selain itu, ada juga Net Promoter Score setinggi 74,74 yang menunjukkan bahwa para karyawan Taekwang yang menggunakan LMS Ruangkerja sangat merekomendasikan penggunaan platform ini kepada rekan-rekan mereka.

Salah satu faktor yang membantu tercapainya nilai-nilai yang di atas rata-rata industri ini adalah adanya beberapa change management yang dilakukan selama implementasi pelatihan, yaitu:

  1. Adanya sosialisasi user yang dilakukan secara berkala kepada para manajer/leader dari masing-masing divisi. Hal ini memudahkan proses eskalasi informasi yang dibutuhkan oleh para peserta.
  2. Ada juga laporan kemajuan yang disampaikan oleh tim Ruangkerja setiap minggunya. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan completion rate sehingga proses pembelajaran tetap berada dalam jalur yang semestinya.

 

Hasil Yang Didapatkan

Jika dilihat dari sudut pandang pelatihan, tingkat antusiasme peserta sangat tinggi dan ini memberikan hasil pelatihan yang memuaskan.

Sedangkan dari sisi pekerjaan juga terlihat peningkatan kinerja yang signifikan. Selain meningkatnya pemahaman karyawan terhadap SOP perusahaan, mereka juga menjadi lebih mengerti tentang alur produksi.

Semuanya ini bisa dicapai tanpa perlu mengganggu jadwal kerja karyawan. Ini artinya, setelah menggunakan LMS Ruangkerja, perusahaan bisa mengurangi biaya lembur yang harus dikeluarkan.

 

Testimonial

“Penggunaan ruangkerja di kalangan Taekwang adalah inisiasi yang cukup baik dalam meningkatkan literasi karyawan. ruangkerja memudahkan saya untuk belajar dari mana saja dan kapanpun sehingga kita dapat mendevelop diri sendiri melalui berbagai cara. Dari segi materi yang disampaikan cukup kreatif, dari segi pemateri cukup interaktif dan cukup mengedukasi.”

Jeffry Thurana