Mengenal Tren Body Doubling Untuk Meningkatkan Produktivitas

Vindiasari Yunizha Okt 19, 2022 • 4 min read


Tren Body Doubling Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Body Doubling memiliki peranan penting dalam membantu fokus pada pekerjaan agar tepat waktu.

--

Ketika Anda sedang menyelesaikan tugas atau pekerjaan, tidak jarang waktu yang dialokasikan sudah mendekati tenggat penyelesaian. Hasilnya, Anda akan mengalami kecemasan dan rasa buru-buru dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, seolah-olah tugas tersebut tidak bisa terselesaikan. Namun, Anda dapat mencegah atau setidaknya mengantisipasi hal tersebut agar mampu bekerja lebih fokus dengan sebuah tips yang disebut Body Doubling.

Pengertian Body Doubling

Body Doubling sebetulnya bukan merupakan hal baru. Secara umum dapat digambarkan ketika orang lain bekerja secara bersamaan dengan Anda, baik di ruangan yang sama atau secara virtual. Terkadang disebut sebagai teman yang “membantu fokus”, menjelaskan kehadiran orang lain sering kali menjadi motivasi untuk tetap konsentrasi dalam menyelesaikan tugas.

Body Doubling merupakan sarana yang digunakan beberapa orang dewasa untuk membantu mereka memulai dan menyelesaikan tugasnya. Memiliki orang lain di ruang fisik atau virtual yang sama dapat membantu Anda produktif karena Anda memiliki seseorang yang hadir untuk memeriksa dan membuat Anda tetap fokus pada pekerjaan. Melakukan tugas saat bersama atau dikelilingi orang yang tepat dapat membuat aktivitas yang paling biasa atau butuh waktu yang ketat menjadi lebih ringan dilakukan. 

Bagaimana Body Doubling Bekerja?

Sebuah komunitas daring bernama Focusmate, menjelaskan cara kerja Body Doubling dengan melakukan sebuah simulasi. Body Doubling bekerja dengan menggunakan lima pemicu perilaku: implementasi tugas, tekanan sosial, akuntabilitas, arahan tugas spesifik, dan pengaktifan neurotransmiter tertentu melalui perilaku. Body Doubling dapat membantu penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) – penderita gangguan pemusatan perhatian, karena memaksa mereka untuk memilih proyek tertentu, menyisihkan waktu tertentu untuk melakukan pekerjaan, dan bertanggung jawab kepada orang lain. Dalam komunitas tersebut juga terdapat salah satu pakar yang menceritakan pengalamannya bahwa Body Doubling mendukung mereka dalam menetapkan prioritas, memecah proyek/tugas yang dipilih menjadi apa yang dapat dicapai dalam 50 menit, berkomitmen untuk pekerjaan tertentu, dan kemudian memvalidasi akuntabilitas pekerjaannya dari orang lain—dan berhasil mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

Selain melalui tren body doubling, Anda dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan pelatihan berbasis LMS ruangkerja. Klik gambar berikut ini!

Pelatihan berbasis LMS Ruangkerja

Cara Memulai dengan Tepat

Pertama, cari rekan untuk memulai Body Doubling atau pasangan yang memahami bagaimana penderita ADHD berusaha menyelesaikan tugasnya, sehingga mengetahui mengapa begitu sulit untuk menyelesaikan sesuatu.

Jika dilakukan secara virtual, Anda dapat menggunakan Zoom, Facetime, atau video streaming lainnya untuk Body Doubling. Gunakan perangkat yang sekiranya memudahkan Anda dan rekan Anda untuk beraktivitas.

Jika dilakukan secara langsung atau tatap muka, yang kalian butuhkan hanyalah ruang kecil bagi masing-masing untuk bekerja dan merasa nyaman.

Tidak perlu berbicara saat Anda bekerja kecuali Anda menginginkannya. Sebagai contoh, Anda dapat mengobrol di awal, dan kemudian diselingi sepanjang waktu kerja. Jika suasana ternyata semakin tidak kondusif, gunakan breakout room di dalam Zoom, atau pindah ke lokasi yang lebih tenang.

Setiap orang fokus pada pekerjaan mereka sendiri. Anda dapat meminta saran sesuai kebutuhan kepada rekan Anda atau lebih baik diam jika ada kebisingan atau hal yang mengganggu di sekitar Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan

Body Doubling untuk menyelesaikan pekerjaan belum tentu berhasil untuk semua orang. Jika rekan Body Doubling Anda adalah teman akrab, Anda mungkin akan berakhir mengobrol alih-alih menyelesaikan pekerjaan, dan menjadikannya lebih banyak gangguan daripada membangun produktivitas. Berikut beberapa saran aktivitas yang bisa dilakukan dengan metode Body Doubling

  1. Membersihkan lemari
  2. Membersihkan debu di rumah
  3. Mengatur posisi meja 
  4. Melakukan riset untuk proyek
  5. Membuat rencana makan mingguan
  6. Menulis jurnal
  7. Membayar tagihan.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya penerapan body doubling karyawan di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi:

Liz. 2017. Body Doubling for ADHD. Daily ADHD (online). Link: https://healthyadhd.com/body-doubling-for-adhd/ (Accessed 2 September 2022)

Children and Adults with Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (CHADD). 2021. Could A Body Double Help You Increase Your Productivity? (online). Link: https://chadd.org/adhd-news/adhd-news-adults/could-a-body-double-help-you-increase-your-productivity (Accessed 2 September 2022)

Fairbank, Rachel. 2022. Use ‘Body Doubling’ to Increase Your Productivity (online). Link: https://lifehacker.com/use-body-doubling-to-increase-your-productivity-1849021265 (Accessed 2 September 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar