25 Rekomendasi Buku Bisnis yang Inspiratif, Belajar dari Para Expert!

Vindiasari Yunizha Sep 21, 2022 • 16 min read


rekomendasi buku bisnis

Rekomendasi buku tentang bisnis ini bisa membuka cakrawala sebagai pebisnis atau siapa pun yang tertarik dengan dunia usaha.

--

 

Buku adalah jendela dunia. Tak heran apabila banyak tokoh ternama memiliki kegemaran membaca buku. Dari kebiasaan membaca, mereka menemukan pengetahuan baru yang membuatnya terus bertumbuh dan memiliki wawasan luas. 

Wawasan yang dimiliki dapat menunjang kehidupan dalam berbagai aspek, termasuk soal bisnis. Berbisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Berbisnis memerlukan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan bisnis, pebisnis pemula, pemimpin perusahaan, ataupun karyawan bisa mendapatkan ilmu baru dari para penulis buku tentang bisnis. 

Buku tentang bisnis mampu membantu Anda dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Ada banyak pembelajaran baru yang ditawarkan dari rekomendasi buku tentang bisnis sebagai berikut. 

 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Pemula 

Ketika memiliki keinginan untuk membuka usaha atau berwirausaha, tentu seseorang perlu mempelajari pengetahuan dalam dunia bisnis. Salah satu hal yang perlu dipelajari lebih dalam bagi pebisnis pemula adalah terkait mindset atau pola pikir dalam berbisnis. Adapun beberapa buku rekomendasi buku tentang bisnis untuk pemula sebagai berikut:

 

rekomendasi buku tentang bisnis untuk pemula

 

1. Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki

Rich Dad Poor Dad merupakan salah satu buku best seller yang wajib dibaca. Buku tersebut merupakan buku keuangan pribadi karya penulis asal Jepang. Dalam buku tersebut dijelaskan bagaimana orang membentuk cara berpikirnya tentang uang dan investasi. Ada banyak insight menarik keuangan dan pola pikir yang keliru soal uang.

2. Shoe Dog karya Phil Knight

Siapa yang tak mengenal brand Nike? Dalam buku Shoe Dog diungkapkan tentang bagaimana Nike bisa menjadi ikon global hingga perjalanan pendirinya Nike, Phil Knight dalam merintis bisnisnya. Ada banyak pengetahuan yang bisa dipelajari dari lika-liku perjuangan Phil Knight.

3. Self Made: The Definitive Guide to Business Start-Up Success karya Bianca Miller-Cole and Byron Cole

Bagian sulit dalam merencanakan bisnis adalah memulainya. Buku Self Made adalah buku pegangan lengkap untuk  membantu Anda dalam membuka bisnis. Buku tersebut akan membantu Anda fokus pada ide bisnis, hingga tips pemasaran dan penjualan. Semua dijelaskan secara rinci tahap per tahap membangun bisnis. 

4. Creativity, Inc. karya Ed Catmull and Amy Wallace

Kreativitas adalah elemen penting dari setiap bisnis yang sukses. Hal tersebut dijelaskan secara lugas oleh Ed Catmull, salah satu pendiri Pixar Animation Studios.  Buku berjudul Creativit, Inc ini berisi tentang bagaimana menumbuhkan kreativitas dalam diri Anda, ditambah pembelajaran dari banyak kegagalan dan keberhasilan penulis sepanjang kariernya.

5. The Subtle Art Of Not Giving A F*ck karya Mark Manson

Buku The Subtle Art Of Not Giving A F*ck menjadi buku yang wajib dibaca pebisnis pemula karena melatih pola pikir dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bukunya, Mark Manson mengungkapkan bahwa rahasia hidup lebih bahagia dan produktif sangat sederhana, yakni berhenti terlalu peduli pada hal-hal sepele yang sebenarnya tidak penting bagi hidup. 

 

Sudah baca buku tentang bisnis, tapi belum berhasil dalam menjalankan bisnis? Tandanya, Anda membutuhkan seorang mentor expert yang dapat membimbing Anda melalui pelatihan! Mari, berkolaborasi bersama para ahli, lalu bangun skill bisnis sebagai fondasi! 

Pelatihan dengan expert

 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Pemimpin Bisnis

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis dan Anda berperan sebagai pemimpin dalam usaha. Beberapa rekomendasi buku ini cocok untuk Anda. Berikut rekomendasi buku tentang bisnis untuk para pemimpin bisnis:

6. The Hard Thing About Hard Things karya Ben Horowitz

Ben Horowitz adalah salah satu pengusaha paling dihormati di Silicon Valley. Dalam buku The Hard Thing About Hard Things, Horowitz menuliskan tentang bagaimana rasanya memimpin bisnis yang sukses melalui masa-masa yang penuh tantangan.

Buku Horowitz berisi nasihat penting untuk setiap pemimpin bisnis. Penyajian cerita dikemas dengan gaya penulisan yang tidak biasa. Buku ini sangat cocok untuk mereka yang bertransisi ke masa-masa sulit dengan rintangan yang menantang.

7. How to Win Friends and Influence People karya Dale Carnegie

Buku How to Win Friends and Influence People berisi nasihat dan tips seorang manajer bernama Dale Carnegie. Buku tersebut diterbitkan pertama kali pada 1936 dan terus terjual hingga sekarang. 

Dale dalam bukunya menyebut bahwa Anda perlu menjual ide dan perubahan bisnis kepada anggota tim. Carnegie mengajarkan teknik sederhana, namun efektif yang dibangun di atas kebiasaan baik untuk berkomunikasi dengan orang lain dan memenangkan hati orang lain.

8. Deep Work karya Cal Newport

Deep Work adalah buku dari profesor Cal Newport. Dosen ilmu komputer di Universitas Georgetown ini menciptakan istilah 'Deep work' untuk menjelaskan bagaimana mendapatkan keuntungan dalam bisnis modern. Dalam bukunya, Newport menyoroti dampak negatif yang signifikan dari distraksi ketika bekerja. Ia membungkus beberapa cerita yang mengesankan dan menawarkan saran yang mengejutkan.

9. Multipliers karya Liz Wiseman dan Greg McKeown

Penulis Liz Wiseman dan Greg McKeown dalam bukunya berjudul Multipliers menjelaskan perbedaan dari pemimpin yang baik dari pemimpin yang buruk? Dalam buku tersebut tersemat pula kerangka kerja untuk menjadi tipe pemimpin yang dapat memelihara dan memperkuat kemampuan tim untuk menghasilkan bisnis yang lebih baik.

10. Stress Less, Accomplish More karya Emily Fletcher

Buku Stress Less, Accomplish More berisi tentang bagaimana cara seorang pemimpin bisnis menghilangkan stres. Emily Fletcher, pendiri Ziva Meditation, membantu pebisnis untuk tak melupakan kesehatan jiwa dan raga. Dalam bukunya, Emily menjelaskan tentang manfaat menjaga kesehatan mental dan menawarkan rencana meditasi 15 menit sederhana yang dirancang untuk membantu para profesional yang sibuk.

 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Orang yang Ingin Berbisnis

Bisnis bukan semata milik seorang pebisnis. Dunia bisnis bisa diperuntukan untuk siapa pun yang tertarik. Jika Anda termasuk salah satu orang yang tertarik dan ingin mulai berbisnis. Beberapa rekomendasi buku tentang bisnis ini sangat cocok.

11. Zero to One karya Peter Thiel

Zero to One merupakan buku tentang lika-liku hidup salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel. Buku ini mengisahkan tentang Thiel dan proses bisnis membangun masa depan. Ada 7 pertanyaan dalam buku tersebut yang dapat memandu Anda dalam menguji dan menyempurnakan ide bisnis Anda.

12. Atomic Habits karya James Clear

Membangun bisnis bukan terjadi dalam waktu singkat. Diperlukan pola dan rutinitas yang terus dilakukan hingga membentuk kebiasaan. James Clear dalam buku Atomic Habits menjelaskan ada cara mudah dan telah terbukti untuk menghentikan kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baik. 

James Clear memberikan tips bagaimana membentuk sistem kebiasaan yang baik. Sistem tersebut dapat digunakan setiap hari untuk meningkatkan pengambilan keputusan, mengembangkan kebiasaan yang lebih baik, dan mengatasi kurangnya kemauan. Jangan biarkan kebiasaan buruk merusak bisnis Anda.

13. Start with Why karya Simon Sinek

Simon Sinek dalam bukunya Start With Why mengajak pembaca untuk mencari tahu apa yang membuat beberapa organisasi inovatif dan berpengaruh dan menemukan cara untuk membantu Anda merasa lebih terinspirasi di tempat kerja.

Sinek menunjukkan kepada Anda bagaimana para pemimpin seperti Martin Luther King Jr. dan Steve Jobs menemukan kesuksesan karena berakar dari pertanyaan "mengapa". Sinek mengajak Anda untuk berpikir dalam kerangka kerja yang memungkinkan Anda menggunakan proses sama untuk membangun bisnis yang menginspirasi orang lain.

14. The 4 Disciplines of Execution: Achieving Your Wildly Important Goals (2012) karya Chris McChesney, Sean Covey, dan Jim Huling

"Untuk mencapai tujuan yang belum pernah Anda capai sebelumnya, Anda harus mulai melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya," kutipan dalam buku The 4 Disciplines of Execution: Achieving Your Wildly Important Goals (2012) karya Chris McChesney, Sean Covey dan Jim Huling. Buku ini mengajak pembaca untuk mengetahui mengapa sebagian besar eksekutif dan pengusaha menetapkan langkah-langkah untuk tujuan yang tidak dapat mereka kendalikan.

15. Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim and Renée Mauborgne

Buku karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne dijelaskan blue ocean sebagai gambaran dari pengembangan bisnis yang menghindari untuk mengalahkan kompetitor bisnis. Strategi bisnis yang diusung penulis justru menjadi peluang bisnis yang banyak dinantikan oleh kebanyakan orang. 

 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Pemilik Usaha  

Setelah memiliki usaha, tentu belajar itu sepanjang hayat. Memiliki bisnis memerlukan pengetahuan dan keahlian yang terus diasah agar bisnis tetap konsisten. Adapun rekomendasi buku tentang bisnis untuk pemilik usaha antara lain:

16. Good to Great karya Jim Collins

Buku Good to Great karya Jim Collins muncul dari keresahan penulis. Jim Collins mulai menulis Good to Great dengan satu pertanyaan: "Mengapa beberapa bisnis bertahan dan yang lain tidak?" Dari keresahan tersebut, Jim membentuk tim untuk mempelajari perusahaan elit yang bertahan lebih dari 15 tahun dan membangun kesuksesan.

Dalam bukunya, Collins menguraikan aspek-aspek kebesaran, termasuk "Pemimpin Level 5" dan "Budaya Disiplin." Ini diteliti dengan baik dan ditulis dengan baik dan menawarkan saran praktis untuk menciptakan bisnis yang berkembang.

17. Think and Grow Rich karya Napoleon Hill

Buku terbitan tahun 1930-an berjudul Think and Grow Rich ini menawarkan pengetahuan tentang kekuatan pola pikir dan menguraikan metode untuk menghadapi hambatan pribadi seperti keraguan diri dan kemalasan. Buku ini membantu pebisnis untuk memperkuat diri untuk mengembangkan bisnisnya.

18. Let My People Go Surfing karya Yvon Chouinard

Yvon Chouinard pendiri Patagonia Inc atau perusahaan pakaian yang mengajak pembaca untuk tak melupakan tanggung jawab sosial. Bisnis bukan hanya sekadar mencari untung, tapi juga memberikan manfaat. Buku Let My People Go Surfing berisi kisah Chouinard dalam membangun bisnis yang berhasil secara finansial dan bermanfaat bagi dunia.

19. The E Myth Revisited: Why Most Small Businesses Don't Work and What to Do About It (1995) karya Michael Gerber

Buku The E Myth Revisited: Why Most Small Businesses Don't Work and What to Do About It merupakan terbitan tahun 1995 dan menjadi buku bisnis legendaris. Buku karya Michael Gerber ini berisi tentang bagaimana suatu bisnis dalam bidang apapun itu bisa berjalan tanpa adanya gangguan. 

20. The 22 Immutable Laws of Marketing by Al Ries and Jack Trout

Dalam buku The 22 Immutable Laws of Marketing, Ries and Trout menawarkan ringkasan dari 22 aturan inovatif untuk memahami dan berhasil di pasar internasional. Dari Hukum Kepemimpinan, Hukum Kategori, hingga Hukum Pikiran, wawasan berharga ini bertahan dalam waktu, dan menghadirkan jalan menuju kesuksesan. 

 

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis yang Inspiratif

Buku tentang bisnis bukan sekadar memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengatur bisnis, melainkan ada berbagai kisah inspiratif yang dapat memengaruhi kehidupan. Berikut rekomendasi buku tentang bisnis yang inspiratif:

21. Steve Jobs karya Walter Isaacson 

Buku berjudul Steve Jobs karya Walter Isaacson berisi tentang biografi pendiri Apple, Steve Jobs. Buku tersebut menceritakan tentang sisi lain yang inspiratif dari Steve Jobs. 

22. Working Hard, Hardly Working karya Grace Beverley

Grace Beverley dalam bukunya berjudul Working Hard, Hardly Working mengajak pembaca untuk mengkaji apa artinya memulai bisnis untuk kehidupan sehari-harinya. Buku ini juga berisi tentang bagaimana pengusaha Beverley mengelola bisnis agar berhasil di zaman sekarang. Buku ini bukan hanya sekadar buku bisnis, melainkan buku pengembangan diri yang mengajak pembaca untuk tetap mengoptimalkan hidup

23. The Obstacle is the Way karya Ryan Holiday

Buku karya Ryan Holiday ini berisi tentang kisah-kisah tokoh ternama dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Buku dapat membantu pembaca membuat masalah terasa relatif lebih kecil. Selain itu, buku The Obstacle is The Way juga menawarkan solusi praktis tentang cara memikirkan hambatan, dan contoh menyelesaikannya.

24. Dare to Lead karya Brené Brown

Buku Dare to Lead berisi tentang bagaimana pemimpin mendapatkan peran yang sangat krusial dalam tim. Brene Brown menyebut empat keterampilan utama yang dimiliki pemimpin terbaik dan bagaimana mempraktikkannya. Buku tersebut menekankan tentang pentingnya keamanan psikologis bagi tim.

25. Profit First: A Simple System to Transform Any Business from a Cash-Eating Monster to a Money-Making Machine (2014) karya Mike Michalowicz

Buku Profit First: A Simple System to Transform Any Business from a Cash-Eating Monster to a Money-Making Machine berisi tentang penjelasan mengapa hampir semua bisnis yang menguntungkan, justru lebih cepat kehilangan uangnya. Buku karya Mike Michalowicz ini menjabarkan tentang sistem untuk pemilik usaha kecil yang ingin mengambil alih uang dan mengembangkan bisnisnya.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pencegahan work burnout di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

 

Referensi:

Teemill. 2021. The 7 Best Business Books Everyone Should Read [online}. Link:https://teemill.com/blog/best-business-books/ (Accessed: 11 August 2022)

Salvalaggio, Erica. 2020. 10 Must-read Business Books Recommended by Entrepreneurs [online]. Link:

https://www.kobo.com/blog/10-must-read-business-books-recommended-by-entrepreneurs (Accessed: 11 August 2022)

Collins, Bryan. 2020. 7 Great Business Books You Must Read [online]. Link: https://www.forbes.com/sites/bryancollinseurope/2020/02/27/7-great-business-books-you-must-read/ (Accessed: 11 August 2022)

Davies, Sam. 2019. I Read The 8 Best Business Books of All Time (So You Don’t Have To)—Here Are The Only Lessons You Need To Know [online]. Link: https://www.cnbc.com/2019/03/06/i-read-the-8-best-business-books-of-all-time-here-are-the-most-brilliant-lessons-from-each.html (Accessed: 11 August 2022)

Osman, Maddy. 2022. Your Guide to the 10 Best Business Books of All Time [online]. Link: https://kinsta.com/blog/best-business-books/ (Accessed: 11 August 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar