Pentingnya Perusahaan Pahami Masalah Kesehatan Mental Karyawan

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Oct 5, 2018 5:30:00 PM

Dalam sebuah perusahaan, tentu Anda pernah mendengar keluhan para karyawan yang merasa lelah atau stres dengan pekerjaannya. Dianggap sebagai hal biasa, pihak perusahaan biasanya akan mengabaikan perasaan tersebut dan menganggapnya tidak penting. Padahal tanpa disadari stres berkepanjangan bisa menjadi masalah kesehatan mental yang serius.

Faktanya, masalah kesehatan mental karyawan merupakan masalah bagi perusahaan. Bukan tanpa alasan, kesehatan mental karyawan akan sangat memengaruhi kinerja serta performa seseorang dalam bekerja.

Sebagai gambaran, seorang karyawan yang merasa bahagia dan senang dengan pekerjaannya tentu akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Sebaliknya, dengan kondisi kesehatan mental yang kurang baik, seorang karyawan bisa mengalami burnout  yang berujung pada depresi bahkan bunuh diri.

Kondisi tersebut tentu akan sangat merugikan perusahaan. Berdasarkan informasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang dikutip dalam Forbes (2017), masalah depresi diperkirakan menyebabkan perusahaan di Amerika Serikat kehilangan 200 juta hari kerja setiap tahunnya. Nilai tersebut setara dengan kerugian sebesar US$ 17-44 juta atau Rp 258-668 miliar akibat kehilangan produktivitas pekerjaan.

Karena itulah, sebagai atasan dan pihak manajemen perusahaan, sudah sepatutnya Anda tidak menyepelekan masalah kesehatan mental karyawan. Jangan hanya didiamkan, perlu ada tindakan nyata untuk mencegah semakin banyak karyawan yang memiliki masalah kesehatan mental.

Di sisi lain, menangani masalah kesehatan mental karyawan juga bukan perkara mudah. Stigma negatif tentang kesehatan mental menjadi salah satu faktor banyak karyawan enggan mengungkapkan masalahnya. Selain takut dicap buruk, banyak karyawan takut kehilangan pekerjaan jika mengungkapkan masalah mental yang dimilikinya.

Untuk itu diperlukan kesadaran tinggi dari Anda selaku pimpinan perusahaan agar dapat peka terhadap kondisi kesehatan mental para karyawan. Dengan lebih peka, Anda bisa dapat segera mengambil tindakan nyata untuk mencari solusi terbaik..

Ingat, jangan pernah sepelekan masalah kesehatan mental pada karyawan Anda. Karyawan dengan kesehatan mental yang baik tentu akan memberikan kontribusi besar pada perusahaan Anda. Selain itu, perusahaan yang memperhatikan masalah kesehatan karyawannya tentu akan lebih dihormati dan direkomendasikan.

Untuk informasi menarik lainnya seputar karier, Anda bisa baca artikel lain di blog atau melalui aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!