Kenali Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan di Perusahaan

Vindiasari Yunizha Okt 6, 2022 • 4 min read


Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Program pelatihan dan pengembangan karyawan sangat penting untuk keberhasilan bisnis di seluruh dunia. Program-program ini tidak hanya menawarkan kesempatan bagi staf untuk meningkatkan keterampilan mereka, tetapi juga bagi pengusaha untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan meningkatkan budaya perusahaan.

--

Mengenal tujuan pelatihan

Dikutip dari laman Ottawa.Edu, sebuah studi menunjukkan bahwa organisasi yang terlibat dalam pelatihan dan pengembangan karyawan mengalami peningkatan penjualan dan laba berlipat ganda dibandingkan dengan organisasi yang tidak berkomitmen pada keterlibatan karyawan.

Pelatihan dan pengembangan karyawan dilakukan khusus mendorong keterlibatan karyawan, dan tenaga kerja yang lebih efisien serta kompetitif. Bukan hanya memberikan laba, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa sebanyak 93% karyawan akan tinggal lebih lama ketika perusahaan berinvestasi dalam pengembangan karier. Pada kenyataannya, pelatihan dan pengembangan karyawan membantu perusahaan mendapatkan dan mempertahankan talenta terbaik, meningkatkan kepuasan dan moral kerja, meningkatkan produktivitas, dan memperoleh lebih banyak keuntungan. 

Selain itu, bisnis yang memiliki karyawan yang tertarik dan berdedikasi secara aktif melihat tingkat ketidakhadiran 41 % lebih rendah, dan produktivitas 17% lebih tinggi.

 

Pentingnya pelatihan dan pengembangan karyawan

Salah satu pentingnya pelatihan yaitu untuk melatih tanggungjawab baru. Karyawan dapat mempersiapkan tanggung jawab tambahan melalui peluang pelatihan dan pengembangan. Program ini dapat membantu karyawan mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan dalam peran mereka saat ini dan memperkenalkan keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan yang akan mereka butuhkan di masa depan. 

Selain itu, pelatihan dapat membantu belajar tentang perkembangan iondustri dan penguasaan teknologi. Dengan adanya pelatihan, karyawan dapat membantu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri tempat mereka berkarir. Perusahaan juga dapat menunjukkan kepada karyawan cara-cara baru untuk berpikir dan bekerja, menggunakan teknologi terkini, serta mengedukasi tentang keamanan data pekerjaan. Praktik ini ke dapat menghasilkan hasil kinerja yang lebih baik bagi karyawan dan perusahaan.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan juga mampu membuat karyawan beradaptasi dengan pekerjaan jarak jauh. Akibat sebagian besar karyawan sebelumnya bekerja dari kantor, perusahaan dan karyawan berinovasi dengan menemukan dan menerapkan peralatan dan sumber daya baru untuk mengakomodasi lingkungan kerja baru ini. Pelatihan dan pengembangan yang berfokus pada proses-proses baru ini dapat membantu dalam melakukan transisi ke bekerja secara hybrid.

Karyawan baru juga penting untuk menerima pelatihan. Karyawan baru sering menerima pelatihan sebagai bagian dari proses orientasi masa kerja. Tetapi pembaruan kurikulum yang mereka pelajari dalam pelatihan mereka sangat berharga. Materi pelatihan seringkali lebih mudah dicerna begitu karyawan lebih akrab dengan organisasi dan peran mereka sendiri. Selain itu, pembaruan ini memberikan peluang untuk memperkuat pendidikan keragaman, kesetaraan, dan inklusi dalam perusahaan. Bahkan, beberapa perusahaan sering membekali karyawan dengan pelatihan tahunan tentang isu-isu penting seperti anti-pelecehan dan kepatuhan hukum.

Perusahaan juga perlu untuk melakukan tinjauan terhadap hasil kerja karyawan. Program pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan membangun kekuatan dan mengatasi kekurangan yang diidentifikasi dalam tinjauan kinerja. Tinjauan ini sering merekomendasikan pengetahuan atau keterampilan yang harus menjadi fokus untuk perbaikan, dan pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan memenuhi kebutuhan itu. Program pelatihan dan pengembangan juga dapat membantu karyawan menemukan potensi yang belum mereka kenal sebelumnya dalam mendukung kinerja perusahaan.

 

Mengembangkan soft skill

Program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat memperkuat soft skill yang penting dalam beradaptasi dengan perubahan di tempat kerja dan di masyarakat. Pelatihan yang menyoroti contoh soft skill seperti ketahanan, kecerdasan emosional, dan kelincahan dalam lingkungan profesional dapat menciptakan suasana yang mendorong produktivitas dan persahabatan.

Jika ingin merencanakan bisnis dengan mumpuni, tak perlu khawatir. Kini RuangKerja telah memiliki pelatihan yang mendukung suksesnya pengembangan karyawan di perusahaan Anda. Karena RuangKerja dilengkapi dengan fitur-fitur berikut:

  1. 1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan.
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi. 
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi. 

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan RuangKerja, kini giliran Anda! Tunggu apalagi?

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Referensi

Ottawa Edu. 2021. Why is Training and Development Important? [online]. Link: https://www.ottawa.edu/online-and-evening/blog/january-2021/5-benefits-of-training-and-development (Accessed: 18 August 2022)

Maryville University. 2020. Importance of Training and Development for Employees [online]. Link: https://online.maryville.edu/blog/importance-of-training-and-development/ (Accessed: 18 August 2022)

Smith, Kelly. Blecke, Brian. 2018. Training Content: 6 Ways to Focus Less on Development and More on the Purpose [online]. Link: https://trainingindustry.com/articles/content-development/training-content-6-ways-to-focus-less-on-development-and-more-on-the-purpose/ (Accessed: 18 August 2022)

Profile

Vindiasari Yunizha

A content writer who loves to learn new things.

Beri Komentar