Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif dan Inovatif untuk Profesional yang Sibuk

Apa saja manfaat model pembelajaran berbasis teknologi digital mobile learning bagi para profesional yang sibuk untuk mengembangkan karir mereka?

Dalam dunia yang sibuk seperti saat ini, para profesional seringkali menghadapi tantangan untuk mengembangkan keterampilan mereka. Terutama adalah para profesional atau pekerja dengan mobilitas yang tinggi. Jadwal yang padat, perjalanan bisnis, dan kehidupan pribadi seringkali sulit diseimbangkan. Bahkan tidak jarang juga ada yang merasa waktu 24 jam itu kurang untuk menyeimbangkan ketiga hal tersebut.

Dengan kesibukan-kesibukan tersebut, akhirnya mereka tidak punya cukup waktu untuk mengembangkan skill atau kemampuan. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Namun, di era dimana masyarakat yang semakin melek teknologi, solusi pembelajaran berbasis mobile learning yang menggunakan berbagai media baik lewat aplikasi maupun web telah menjadi solusi yang populer bagi para profesional yang sibuk. Apa itu pembelajaran mobile? Apa saja manfaatnya untuk para profesional yang sibuk? 

Apa Itu Pembelajaran Berbasis Mobile Learning?

Pembelajaran berbasis mobile learning atau m-learning adalah metode pembelajaran menggunakan perangkat mobile, seperti ponsel (smartphone), laptop, ereader, atau juga tablet. Dengan teknologi pendidikan ini, siswa atau peserta didik tidak bertemu secara langsung dengan guru di sebuah ruangan kelas secara offline. Selain itu, materi pelajaran mudah diakses kapan saja dan dari mana saja selama perangkat yang digunakan terkoneksi dengan internet.

Dalam pembelajaran mobile, Anda dapat mengakses media pembelajaran, berinteraksi dengan konten, dan mengikuti kursus atau pelatihan melalui aplikasi atau platform pembelajaran yang diinstal di perangkat mobile. M-learning dikembangkan dengan format multimedia memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Mobile learning sering digunakan untuk memberikan konten microlearning, yaitu menyajikan informasi yang relevan dalam durasi 2-5 menit untuk mempertahankan perhatian peserta dan meningkatkan retensi pengetahuan serta kompetensi peserta. Konten microlearning ini biasanya berupa video pendek, animasi, gamifikasi, kuis, dan format interaktif lainnya yang sangat cocok untuk dikonsumsi lewat smartphones.

Dalam bentuk paling sederhana, konsep mobile learning bahkan bisa hanya berupa google buku di perangkat android yang didistribusikan kepada pembaca.

Dengan menggunakan pembelajaran mobile, Anda tidak hanya dapat mengakses banyak konten atau materi, tapi juga mencakup fitur-fitur seperti forum diskusi, komunikasi dengan instruktur atau sesama peserta, simulasi case study, dan pemantauan kemajuan dan hasil belajar siswa. Melalui fitur-fitur ini, Anda dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan mendapatkan feedback yang memperkaya pengalaman pembelajaran.

Keuntungan utama dari pembelajaran mobile adalah fleksibilitas waktu dan lokasi. Anda dapat belajar saat bepergian, dalam waktu luang, atau di tempat yang nyaman bagi Anda. Dengan memanfaatkan teknologi mobile, pembelajaran dapat dilakukan secara praktis dan efisien, memungkinkan akses yang lebih mudah bagi para profesional yang memiliki jadwal yang padat. Jadi sudah tidak ada lagi alasan terlalu sibuk, deh.

Manfaat Mobile Learning untuk Profesional

Mobile learning sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif bisa dimanfaatkan untuk memberikan bahan belajar yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, pengembangan mobile learning juga memberikan banyak manfaat untuk para profesional yang sibuk. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Salah satu keuntungan utama dari pembelajaran mobile adalah fleksibilitas waktu dan lokasi yang ditawarkannya. Para profesional dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat mobile mereka.

Hal ini memungkinkan Anda untuk belajar sambil bepergian, saat istirahat, atau bahkan di rumah. Fleksibilitas ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri, tanpa terikat pada batasan waktu dan tempat.

Konten yang Dapat Disesuaikan

Pembelajaran mobile seringkali menawarkan konten yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Anda dapat memilih materi pembelajaran yang paling relevan dengan bidang kerja Anda dengan tingkat keahlian yang diinginkan.

Dengan begitu, Anda dapat fokus pada topik yang paling penting dan meningkatkan skill yang spesifik sesuai dengan yang Anda kebutuhan. Nah, selain itu, konten yang dapat disesuaikan ini memberikan pengalaman pembelajaran yang personal dan efektif bagi para profesional.

Interaktif dan Terlibat

Dalam pembelajaran mobile, berbagai metode interaktif seringkali digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Misalnya, terdapat modul interaktif, kuis, dan tantangan yang dapat membantu para profesional untuk tetap terlibat dalam pembelajaran.

Metode ini membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga para profesional cenderung lebih bersemangat dan berkomitmen dalam mengembangkan keterampilan mereka.

Pembelajaran Secara Mandiri

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapat adalah bisa dilakukan secara mandiri. Pembelajaran mobile memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengambil kendali atas proses pembelajaran sendiri alias bisa dilakukan secara mandiri.

Anda bisa belajar sesuai dengan tempo Anda sendiri dan mengulang materi yang sulit. Pembelajaran mandiri ini memungkinkan para profesional untuk mendalami sebuah materi lebih dalam dan mencapai pemahaman yang lebih baik.

Dengan pembelajaran yang mandiri, Anda juga dapat fokus pada area yang paling membutuhkan perhatian, sehingga efektivitas pembelajaran meningkat. Jadi tidak perlu bergantung pada orang lain.

Akses ke Materi Terbaru

Pembelajaran mobile juga memungkinkan Anda untuk mengakses materi pembelajaran terbaru dan up to date. Melalui aplikasi atau platform pembelajaran mobile seperti Ruangkerja, Anda dapat memperoleh akses ke materi-materi terkini, termasuk artikel, video, dan materi pembelajaran lainnya yang diperbarui secara berkala.

Dengan akses ke materi terbaru, para profesional dapat tetap up-to-date dengan perkembangan terkini di bidang mereka dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan kebutuhan industri.

Solusi Pembelajaran Yang Efektif dan Inovatif

Anda dapat memanfaatkan platform pembelajaran mobile Ruangkerja untuk meningkatkan kemampuan Anda. Dengan ratusan konten yang siap digunakan, Anda dapat bebas memilih pembelajaran yang diinginkan.

Ruangkerja sudah digunakan dan diakui oleh banyak perusahaan dan institusi ternama di Indonesia. Selain itu, platform pembelajaran mobile ini memiliki lebih dari 15 juta pengguna. Jadi, kualitas Ruangkerja tidak perlu diragukan lagi.

Walaupun dilakukan secara online, Ruangkerja juga mendukung interaksi dan kolaborasi melalui fitur-fitur sosialnya seperti forum diskusi, sistem pesan pribadi, hingga kalender kegiatan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran mobile.

Dengan keunggulan-keunggulan di atas, Ruangkerja menjadi solusi yang tepat untuk pembelajaran mobile Anda yang sibuk. Mari bergabung di Ruangkerja dan mulai pembelajaran secara mobile untuk meningkatkan skill profesionalitas Anda!

Adya Rosyada Yonas