Leader Harus Tahu! Cara Membuat Karyawan Merasa Puas dengan Hasil Kerjanya

Vindiasari Yunizha Sep 23, 2021 • 5 min read


Membuat Karyawan Merasa Puas dengan Hasil Kerjanya

Artikel ini akan memberikan Anda informasi bagaimana caranya agar karyawan bisa merasa puas dengan hasil kerjanya. Untuk Anda para leader, artikel ini akan membantu Anda.

--

Bekerja bukan semata mengejar gaji. Prinsip itulah yang diterapkan bagi sebagian karyawan dalam menjalankan profesinya. Kepuasan seseorang dalam bekerja bisa dipengaruhi oleh faktor kebahagiaan. Akan tetapi dalam faktanya hanya 13% dari pekerja di dunia yang merasakan kepuasan dalam bekerja. Data tersebut merujuk pada publikasi penelitian Gallup yang diterbitkan pada 2012 lalu. 

Penelitian dilakukan dengan responden sekitar 180 juta karyawan dari 142 negara. Studi tersebut mengungkap hanya satu dari delapan orang karyawan yang secara psikologis berkomitmen pada pekerjaannya. Komitmen karyawan mampu memengaruhi performa dari sebuah perusahaan. 

 

Penyebab karyawan tidak puas hingga resign

pexels-karolina-grabowska-4959781Sumber: Karolina Grabowska/Pexels

Membangun pengalaman kerja yang bermakna dan memuaskan bagi setiap karyawan dapat meningkatkan keterlibatan, dan kepuasan mereka. Studi terbaru dari Adobe berjudul "The Future of Time" mengungkap bahwa tahun 2021 menjadi salah satu gelombang pengunduran diri pegawai terbesar (the great resignation). 

Dalam publikasinya, Adobe menyoroti budaya kerja yang terjadi selama pandemi Covid 19. Adobe menyebutkan bahwa banyak pekerja yang durasi kerjanya menjadi semakin panjang. Tantangan tersebut berkaitan dengan keseimbangan kehidupan kerja. 

Ketidakseimbangan antara kerja dan hidup tak luput membuat karyawan merasa kelelahan (burn out). Kondisi tersebut membuat banyak karyawan memilih resign karena tidak puas dengan kondisi pekerjaannya. 

Sementara pihak perusahaan pun masih berupaya mengatasi alur kerja era kerja jarak jauh. Keseimbangan antara kerja dan hidup inilah yang menjadi catatan penting bagi karyawan dalam kepuasan bekerja. 

Menciptakan karyawan yang puas dengan kinerjanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dilansir dari Training Industry, data menyebut hampir 80% karyawan lebih suka memiliki pekerjaan bermakna dibandingkan dengan menerima kenaikan gaji 20%.

Menurut penulis Malcolm Gladwell dalam buku "Outliers" membagi tiga kategori untuk membuat karyawan menjadi puas dalam pekerjaannya, antara lain: 

 

1. Otonomi (Autonomy

Seorang karyawan akan merasa puas dengan pekerjaannya jika memiliki kendali atas pilihannya. Contohnya perusahaan kuliner asal New York, Shake Shack telah menerapkan empat hari kerja untuk para karyawannya. Keputusan tersebut diambil untuk meningkatkan otonomi atau kebebasan karyawan dalam menjalani hidup dan pekerjaannya. 

 

2. Kompleksitas (Complexity

Kepuasan karyawan dapat terwujud dengan adanya tantangan dan penambahan keterampilan di bidang pekerjaannya. Dalam hal ini, perusahaan mampu memberikan proyek atau beban kerja yang cukup variatif di mana keahlian dari karyawan terus terasah. Mereka mampu mendapat pelajaran hingga menemukan tujuan dari bekerja. 

 

3. Pengakuan (Recognition)

pexels-fauxels-3182812Sumber: fauxels/Pexels

Kepuasan karyawan dapat dilihat melalui apresiasi perusahaan. Pemimpin mampu memberikan pengakuan terhadap kinerja karyawannya. Kinerja tersebut haruslah sesuai dengan hasil yang diperoleh. Usaha tanpa imbalan yang setimpal halnya menurunkan motivasi bekerja. 

Senada dengan pemikiran Gladwell, filsuf Roman Krznaric juga mengungkapkan dalam bukunya berjudul "How to Find Fulfilling Work". Krznaric menjabarkan bahwa menumbuhkan komitmen karyawan pada pekerjaan sebenarnya bisa dibangun ketika pemimpin atau perusahaan telah memenuhi lima pilar kepuasan kerja. 

Adapun lima pilar kepuasan kerja di antaranya kesejahteraan (gaji/uang), status dan rasa hormat, kesempatan untuk berkembang, mengejar passion, hingga memanfaatkan bakat yang dimiliki. 

Uang atau gaji dapat menjadi faktor penting dalam kepuasan kerja. Akan tetapi menurut Roman Krznaric, uang memang dominan, tetapi kemampuan untuk memahami bagaimana uang berperan dalam hidup Anda adalah yang utama. Bukan nominalnya, melainkan makna dari penggunaan uang tersebut. 

Status dan rasa hormat ini sama halnya dengan pengakuan yang diberikan perusahaan. Apabila kinerjanya memenuhi standar perusahaan dan mendapat penilaian bagus, maka perusahaan perlu memberikan apresiasi seperti promosi atau kenaikan jabatan. 

Dengan adanya promosi, kepuasan kerja dari karyawan akan semakin meningkat. Pasalnya, mereka merasa mendapat tantangan baru dalam profesinya. Mereka juga merasa puas dengan pekerjaan yang membuatnya merasa senang menjalaninya. 

Peningkatan peran kerja bisa dibarengi dengan pelatihan maupun pengembangan diri melalui ruangkerja. Bagi karyawan, jenjang karier yang selaras dengan peningkatan kapasitas begitu didambakan hingga menjadi kepuasan kerja tersendiri. Oleh sebab itu, pemimpin bisa menggunakan kesempatan pelatihan dari ruangkerja untuk membantu meningkatkan kepuasan kerja karyawannya. Pemimpin yang baik akan mempertahankan karyawannya yang memiliki komitmen terhadap pekerjaannya. 

--

Ruangkerja menyediakan fitur-fitur yang dapat mendukung suksesnya pengembangan blended learning untuk pelatihan di perusahaan Anda. Karena ruangkerja dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  1. Rewards point, peserta dapat memperoleh poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah sesuai keinginan perusahaan. 
  2. Leaderboards, memicu peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan skor tinggi.
  3. Collaboration, setiap peserta dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya melalui forum diskusi.

Berbagai perusahaan telah bergabung dengan ruangkerja, kini giliran Anda! 

Pelatihan Karyawan ruangkerja

Sumber: 

Hickey, Kasey Fleisher. 2021. The 5 pillars of fulfilling work, and how to identify it for yourself [online]. Link:https://wavelength.asana.com/workstyle-fulfilling-work/ (Accessed: 28 August 2021). 

Adams, R. Dalton. 2021. Burnout and overworked, employees are ready to quit in droves. Here's what they want [online]. Link: https://www.techrepublic.com/article/burnout-and-overworked-employees-are-ready-to-quit-in-droves-heres-what-they-want/

Danzl, Sarah. 2021. 3 Ways to Make Work Fulfilling for Employees [online]. Link:

https://trainingindustry.com/articles/leadership/3-ways-to-make-work-fulfilling-for-employees/ (Accessed: 26 August 2021). 

Crabtree, Steve. 2017. Worldwide, 13% of Employees Are Engaged at Work [online]. Link:

https://news.gallup.com/poll/165269/worldwide-employees-engaged-work.aspx (accessed: 26 August 2021). 

Goudreau, Jenna. 2014. Malcolm Gladwell Says All Great Jobs Have These 3 Qualities [online]. Link:https://www.businessinsider.com/malcolm-gladwell-on-great-jobs-satisfying-work-2014-11?r=US&IR=T (Accessed: 27 August 2021).

Profile

Vindiasari Yunizha

Beri Komentar