5 Prediksi Dunia Kerja di Masa Depan

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Oct 31, 2018 3:00:00 PM

Rekan Kerja, saat ini manusia tengah dihadapkan pada era Industri 4.0, di mana tren automasi seperti penggunaan robot dan Artificial Intelligence (AI) mulai digunakan secara massal di banyak perusahaan untuk membuat pekerjaan semakin cepat dan secara perlahan menggantikan tenaga manusia. 

Fenomena tersebut tentu akan membawa perubahan bagi dunia kerja. Lima atau sepuluh tahun dari sekarang, cara bekerja Anda di kantor kemungkinan besar tidak akan sama lagi. Seperti apa kira-kira dunia kerja di masa mendatang? Untuk mengetahui gambarannya, seperti inilah prediksinya.

1. Jutaan pekerjaan hilang

dunia kerja

Pada 2030, diprediksi 800 juta pekerjaan akan hilang (Sumber: michiganfuture.org)

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute pada 46 negara di seluruh dunia, ditemukan bahwa lebih dari 800 juta pekerjaan akan tergantikan oleh adanya automasi. Meskipun demikian, perlu digarisbawahi bahwa dampak automasi tersebut akan lebih banyak terjadi pada negara maju yang memiliki dana cukup untuk melakukan investasi di bidang teknologi. Sementara itu, negara yang tidak mampu berinvestasi untuk automasi tidak akan terlalu terkena dampaknya.

Baca juga: 5 Cara Jitu Hadapi Fenomena Industri 4.0 

2. Kehadiran teknologi semakin tak terpisahkan

dunia kerja

Teknologi mendominasi berbagai aspek aktivitas perusahaan di masa depan (Sumber: wingatebs.com)

Tidak perlu menunggu masa depan, saat ini teknologi menjadi hal yang tidak terpisahkan dari setiap aktivitas perusahaan. Sebagai contoh, untuk mengurus proses pemberian gaji karyawan, banyak perusahaan telah menggunakan software otomatis yang akan menghitung jumlah gaji dengan lebih akurat. Tidak mengherankan di masa depan, kehadiran Artificial Intelligence (AI) akan semakin mendominasi perusahaan dari berbagai sudut seperti komunikasi, operasional, dan manajemen.

3. Pekerjaan dengan banyak interaksi akan sulit digantikan

dunia kerja

Pekerjaan yang melibatkan interaksi seperti guru akan sulit digantikan robot (Sumber: self.com)

Kehadiran robot dan Artificial Intelligence (AI) memang seolah menjadi musuh bagi para pekerja, namun kabar baiknya masih ada jenis pekerjaan yang akan sulit tergantikan oleh automasi. Founder China’s Sinovation Ventures, Dr. Kai Fu Lee mengatakan, ada 4 karakteristik pekerjaan yang sulit tergantikan. Pertama pekerjaan yang membutuhkan kreativitas seperti peneliti, lalu pekerjaan dengan kompleksitas seperti strategi, ketangkasan seperti teknik dirgantara, dan pekerjaan yang membutuhkan empati serta kasih sayang seperti guru.

Baca juga: 5 Kesalahan Fatal Generasi Milenial dalam Karier

4. Perusahaan fokus meningkatkan kemampuan dan melatih ulang para pekerja

dunia kerja

Peltihan kerja diberikan untuk menghilangkan skill gap antar karyawan (Sumber: humanresourcesonline.net)

Meskipun robot dan Artificial Intelligence (AI) telah mendominasi banyak pekerjaan, namun kenyataanya masih banyak lowongan pekerjaan yang belum terisi. Sebagai contoh, di Amerika sendiri terdapat 6,9 juta lowongan pekerjaan yang belum terisi akibat perusahaan mengaku kesulitan menemukan calon pekerja yang kompeten. Oleh karena itu, untuk mengurangi skill gap antar karyawan, banyak perusahaan mulai fokus untuk memberikan pelatihan kerja.

5. Pekerjaan di bidang data akan jadi pekerjaan paling diincar

dunia kerja

Bekerja di bidang data membuat posisi Anda sulit digantikan (Sumber: healthcareitnews.org)

Di masa depan, data akan menjadi salah satu senjata ampuh bagi perusahaan untuk terus berkembang. Dengan data yang lengkap dan valid, perusahaan akan mampu membuat strategi bisnis tepat sasaran sehingga mampu meningkatkan pendapatan.

Sejalan dengan hal tersebut, pekerjaan di bidang data kemudian menjadi pekerjaan yang banyak diincar oleh manusia di masa depan. Selain karena memiliki gaji yang cukup tinggi, pekerjaan di bidang data masih terbilang sulit digantikan oleh tenaga robot dan menurut Glassdoor, pekerjaan data memiliki tingkat work-life balance yang tinggi.

 

Nah, Rekan Kerja, itu tadi gambaran situasi dunia kerja di masa mendatang yang ternyata akan didominasi oleh teknologi. Agar tidak kalah saing, bekali diri Anda dengan meningkatkan kemampuan soft skills dan hard skills. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan soft skills adalah mengikuti pelatihan kerja seperti ruangkerja. Unduh aplikasinya sekarang dan rasakan manfaatnya. GRATIS!

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!