3 Rekomendasi Permainan Simulasi (Tycoon) untuk Tingkatkan Kemampuan Berbisnis

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Oct 12, 2018 6:00:00 PM

Saat lelah, banyak hal bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh, salah satunya dengan bermain game. Melalui game yang ada di ponsel, selain terhibur, tanpa disadari Anda juga bisa belajar menjadi seorang pebisnis.

Dengan berbasis tycoon game atau permainan simulai, beberapa permainan ponsel berikut ini dapat mengajarkan Anda bagaimana cara menyusun strategi bisnis dan mengembangkan usaha yang Anda miliki. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya: 

1. Landlord Real Estate Tycoon

permainan simulasi

Permainan Lanlord akan mengajarkan Anda untuk berinvestasi melalui pembelian properti (Sumber: wearerealitygames.com)

Permainan simulasi pertama yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan berbisnis adalah Landlord Real Estate Tycoon. Game dengan ukuran 70MB di Android ini akan memberikan Anda pengalaman membeli gedung dan berinvestasi di berbagai tempat yang Anda kunjungi. Yang menarik, Anda bisa membeli berbagai objek terkenal di dunia nyata seperti Times Square atau Menara Eiffel Paris. Bahkan Anda juga dapat membeli rumah di sekitar tempat tinggal Anda dan menyewakannya pada orang lain untuk mendapatkan uang.

Sementara itu, untuk dapat membeli berbagai bangunan yang Anda inginkan, pemain diharuskan mengumpulkan koin sebagai mata uang. Sayangnya, koin dalam permainan ini tidak didapatkan dengan mudah sehingga Anda harus menyusun strategi atau membeli dengan uang asli.

Di sisi lain, permainan ini menjadi rekomendasi karena Anda diberi kebebasan untuk memikirkan keuntungan dari setiap bangunan yang dibeli, sehingga Anda harus bersikap lebih hati-hati dan tidak ceroboh.

2. Business Inc

permainan simulasi

Belajar menjadi CEO startup di bidang mobile entertainment market dengan game Business Inc (Sumber: vulcanpost.com)

Ingin membangun startup namun belum yakin? Cobalah game Business Inc untuk memiliki pengalaman menjadi CEO sebuah startup di bidang mobile entertainment market. Game ponsel dengan rating 4,4 di Android ini akan membiarkan pemainnya menyusun segala keperluan perusahaan mulai dari merekrut karyawan sampai memilih investasi bisnis yang tepat untuk menambah penghasilan.

Dalam permainan ini, Rekan Kerja dapat memilih level permainan dan sebagai seorang CEO Anda ditantang untuk dapat memilih karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai bantuan, setiap karyawan yang datang akan dilengkapi tingkat kualifikasi berbeda sehingga memudahkan Anda dalam memilih.

Permainan ini juga dilengkapi dengan laporan keuangan perusahaan sehingga Anda dapat melihat apakah strategi bisnis yang dijalankan berhasil atau tidak. Melalui Business Inc, asah kemampuan berbisnis Anda dan perluas jangkauan bisnis untuk menjadi pemimpin startup yang sukses!

Baca juga: Strategi Bisnis Memperbanyak Variasi Produk untuk Meningkatkan Pendapatan

3. Billionaire Capitalist Tycoon

permainan simulasi

Game asal Indonesia ini akan melatih Anda untuk bersabar sebagai seorang pebisnis (Sumber: alegrium.com)

Berbeda dengan dua permainan sebelumnya, game ponsel besutan Alegrium ini memiliki visual yang lebih berwarna-warni sehingga cocok untuk Anda yang ingin bermain lebih santai. Permainan simulasi yang telah diunduh lebih dari satu juta orang ini akan mengajarkan Anda bagaimana caranya merintis usaha mulai dari nol.

Dilansir dari Vulcanpost, pada awal permainan, Anda akan diberikan modal untuk membuka usaha seperti menjual makanan atau minuman. Setelah uang yang dikumpulkan semakin banyak, Anda bisa memperluas investasi dengan membeli usaha lain di bidang produk atau jasa.

Kembangkan usaha Anda dengan melakukan upgrade atau menjual aset yang tidak menguntungkan. Semakin tinggi level usaha Anda, maka semakin banyak koin atau diamond yang didapatkan, dan ranking Anda juga semakin naik.

Namun seperti di dunia nyata, permainan ini juga memiliki risiko yang wajib Anda pikirkan. Dalam permainan, setiap usaha yang dibeli memiliki tingkat threat berbeda. Selanjutnya, tugas Anda adalah menjaga jangan sampai tingkat threat berada di atas 50%, atau ada hukuman yang menanti.

Meskipun demikian, permainan yang dibuat oleh perusahaan Indonesia ini sangat kami rekomendasikan karena mengajarkan Anda untuk bersabar dalam membangun bisnis. Tidak hanya itu, permainan ini juga mengajarkan bahwa setiap keputusan yang diambil dalam sebuah usaha akan memiliki risiko tersendiri.


Nah, Rekan Kerja itu tadi 3 permainan simulasi yang dapat dicoba untuk meningkatkan kemampuan berbisnis Anda. Tidak hanya menghibur, game ponsel di atas juga dapat membantu Anda mengembangkan sifat-sifat berwirausaha yang selama ini mungkin tidak disadari.

Jangan menyerah, dan terus kembangkan kemampuan berbisnis Anda sambil membaca berbagai artikel menarik lain di blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

New call-to-action

Leave Comment

Paling Banyak Dibaca

Like Us On Facebook!